Cara Ampuh Meningkatkan Massa Otot

by
Cara Ampuh Meningkatkan Massa Otot

Bagi sebagian orang, menambah berat badan bukanlah perkara mudah. Meskipun setiap hari mereka makan dengan porsi super jumbo, pada kenyataannya berat badan mereka tidak mengalami peningkatan. Jika sudah demikian, sebaiknya kamu mencoba cara lain, salah satunya yaitu meningkatkan massa otot.

Tidak hanya massa otot yang bertambah, kamu juga akan memiliki tubuh yang indah dan kekar. Kendati demikian, meningkatkan massa otot tidaklah gampang. Dibutuhkan dedikasi dan kerja keras untuk meraihnya. Selain itu, kamu juga perlu berlatih secara rutin, karena otot tidak terbentuk dalam semalam.

Jika kamu rajin melakukan angkat beban, pertumbuhan otot di tubuhnya akan berlangsung lebih cepat. Selain latihan, kamu juga mengimbanginya dengan makanan sehat dan istirahat yang cukup sehingga proses regenerasi jaringan otot akan lebih cepat. Nah, berikut beberapa tips ampuh untuk meningkatkan massa otot yang layak kamu coba.

Angkat Beban
Lakukan latihan angkat beban minimal selama 4 hari dalam seminggu. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan massa otot dengan cepat.


Simak juga: 10 Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Grup Otot
Hindari untuk melakukan latihan pada kelompok otot yang sama selama dua hari berturut-turut. Jika hari ini kamu melatih otot bahu, maka keesokan harinya sebaiknya ganti melatih otot bisep/trisep atau otot kaki.

Latihan Gabungan
Lakukan juga latihan seperti pull up dan push up dalam satu waktu. Dua gerakan tersebut dinamakan latihan gabungan. Latihan gabungan sangat ampuh untuk menambah massa otot karena gerakannya melibatkan lebih banyak jumlah otot.

Batas Kemampuan
Untuk merangsang pertumbuhan otot, lakukan latihan hingga mencapai batas kemampuanmu. Jika kamu biasanya mampu push up sebanyak 20 kali, tambah jumlah repetisinya hingga kamu tak mampu lagi melakukannya. Begitu seterusnya hingga kemampuanmu semakin bertambah.


Baca juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Push Up Setiap Hari

Trainer
Jika kamu tak tahu menahu soal peningkatan massa otot, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan instruktur gym. Dengan bantuan trainer, program latihanmu untuk meningkatkan massa otot akan lebih tertata sehingga progress latihanmu mudah dipantau.

Berat Badan
Jangan lupa untuk menimbang berat badanmu setiap minggu untuk melihat apakah massa ototmu sudah bertambah.

Makan Sehat
Setiap latihan tentu membutuhkan bahan bakar. Makanlah makanan yang kaya akan protein seperti ikan dan ayam. Protein berfungsi untuk membangun kembali jaringan otot yang rusak setelah latihan. Nutrisi lainnya yang berasal dari biji-bijian, sayuran segar dan buah-buahan juga perlu kamu penuhi agar tubuh bugar dan sehat.

Itu tadi beberapa cara ampuh meningkatkan massa otot. Berlatihan di gym tidak hanya membuat tubuhmu sehat dan fit, tetapi massa ototmu yang juga akan bertambah. Alhasil, tingkat kepercayaan dirimu akan meningkat drastis. (mfb/bs)

Informasi Kesehatan:

  • Trisep super jumbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *