Inilah Daftar Makanan Sehat untuk Mencegah Penuaan

by
Makanan Sehat untuk Mencegah Penuaan

Memiliki kulit cantik bebas kerutan tentu menjadi idaman setiap orang, terutama wanita. Karenanya, masalah kulit seperti penuaan dini sebisa mungkin dapat dicegah. Salah satu cara terbaik untuk melawan penuaan dini yaitu menjaga pola makan.

Pola makan yang sehat dan seimbang akan berimbas positif terhadap kesehatan kulit anda. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk meregenerasi kulit serta menunda proses penuaan.

Makanan sehat juga berperan besar untuk meremajakan sel-sel kulit karena kaya akan anti oksidan, vitamin, dan mineral. Nah, apa saja makanan yang berguna untuk melawan penuaan dini? Berikut 10 daftar makanan anti penuaan yang perlu anda konsumsi secara rutin.


Daftar Makanan Sehat untuk Mencegah Penuaan

1. Berry
Jenis buah berry seperti blueberry, strawberry dan gooseberry mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Selain dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, beery juga bermanfaat untuk membuang radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan penuaan.

2. Walnut
Kacang walnut merupakan salah satu makanan yang paling ampuh untuk mencegah penuaan dini. Tidak hanya berguna untuk meningkatkan kekuatan otak, membuat kulit terlihat muda, memberikan stamina dan memelihara kesehatan jantung, kacang walnut juga dapat membantu untuk memperbaiki kualitas tidur.

Kandungan asam lemak esensial, antioksidan, serat dan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk melawan penuaan pada kulit.

Baca juga: Daftar Buah untuk Mencegah Kanker

3. Apel dan Pir
Kedua jenis buah ini kaya oksidan anti, vitamin dan mineral. Dianjurkan untuk mengkonsumsi apel dan pir tanpa harus dikupas untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Dengan rutin makan buah apel atau pir setiap hari, niscaya masalah kulit seperti penuaan dini bisa dicegah.

4. Madu
Madu kaya antioksidan, bioflavinoids, mineral, protein, vitamin, mineral dan enzim yang berguna untuk melawan penuaan. Kombinasi nutrisi pada madu juga berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit.

Madu juga efektif dalam meningkatkan jumlah sperma. Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, madu merupakan salah satu makanan terbaik untuk mencegah kanker.

Simak juga: Rahasia Menurunkan Berat Badan dengan Diet Madu

5. Buah dan Sayuran
Mengkonsumsi sayuran mentah sangat direkomendasikan karena jumlah antioksidan tidak berkurang seperti halnya ketika dimasak. Oleh karenanya, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran dan buah dalam bentuk salad.

6. Teh Hijau
Teh hijau berkhasiat melawan penuaan karena kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Biasakan untuk meminum teh hijau sebelum tidur dan setelah makan.

7. Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu resep ampuh untuk mencegah penuaan. Karena kaya antioksidan, asam lemak omega 3 dan asam lemak esensial lainnya, minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan membuat awet muda.


Baca juga: 10 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

8. Yogurt
Yogurt juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan. Selain mudah dicerna dan kaya akan kandungan kalsium, yogurt juga mengandung bakteri baik (probiotik) yang berguna untuk melawan infeksi.

9. Dark Chocolate
Dark Chocolate mengandung flavonoid yang baik untuk jantung. Tidak hanya menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi, kandungan dalam dark chocolate dapat mengurangi gejala penyakit ginjal dan baik untuk demensia (hilang ingatan).

10. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung asam lemak esensial, vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Oleh karena itu, ganti camilan anda dengan kacang-kacangan yang sudah terbukti mampu mencegah penuaan dini.

Nah, demikian ulasan tentang 10 daftar makanan untuk melawan penuaan dini. Mencegah penuaan tidak selalu dengan menggunakan produk kecantikan dan kosmetik, tetapi juga harus dibarengi dengan pola makan yang sehat dan bernutrisi. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *