Inilah 15 Mitos Menyesatkan Seputar Rambut

by

Beberapa mitos tentang rambut sudah turun temurun dipercayai masyarakat luas tanpa tahu tentang kebenaran sejatinya. Cerita yang turun temurun dari orang tua ke anak membuat banyak orang mempercayai mitos tersebut secara membabi buta tanpa mencari tahu kebenaran sesungguhnya.

Tali mitos ini tidak akan putus jika kebenaran akan mitos tersebut tidak dibuktikan secara ilmiah. Faktanya, kepercayaan turun temurun itu tidak semuanya benar. Beberapa bahkan bisa dianggap salah kaprah. Berikut adalah 15 mitos tentang rambut yang tidak boleh kamu percayai.

1. Potong Rambut Teratur Mempercepat Pertumbuhan

Rambut tumbuh dari akarnya dan bukan ujungnya. Inilah alasan sederhana kenapa potong rambut tidak pernah mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan rambut.

2. Pengaruh Shampo Akan Berkurang dari Hari ke Hari
Sebenarnya rambut yang sehat sama sekali tidak berhubungan dengan frekuensi penggunaan shampo. Tetaplah menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambutmu dengan frekuensi penggunaan yang normal.


Baca juga: Cara Alami Menumbuhkan Rambut Lebat dengan Cepat

3. Terlalu Sering Keramas Akan Bagus untuk Rambut
Memang benar penggunaan shampoo sangat baik untuk rambut. Akan tetapi, pemakaian shampoo terlalu sering tidak akan baik untuk kesehatan rambut.

4. Warna Rambut Bisa Berubah Secara Alami Dikarenakan Sinar Matahari
Sinar matahari yang sangat menyengat justru akan membahayakan kesehatan rambut dan kulit kepala. Jadi, tidaklah benar jika mengubah warna rambut dengan berjemur di bawah terik matahari.

5. Sering Menyisir Rambut Mempercepat Pertumbuhan Rambut
Menyisir rambut memang baik untuk merangsang folikel rambut. Bahkan, sangat baik jika dilakukan di malam hari sebelum tidur. Namun, mitos yang mengatakan bahwa menyisir rambut sebanyak 100 kali akan mempengaruhi pertumbuhan rambut tidaklah benar. Itu hanya mitos!

6. Protein Hewani Baik untuk Kesehatan Rambut
Pada dasarnya, tidak ada hubungan yang signifikan antara kesehatan rambut dengan protein hewani seperti amino. Faktanya, protein nabati dari sayuran, biji chia, biji rami, spirulina dan protein nabati lainnya juga memiliki efek yang sama pada rambut.

7. Uban Muncul Karena Stres
Penyebab utama munculnya uban rambut adalah karena faktor keturunan. Mitos yang mengatakan bahwa uban muncul karena stres tidaklah benar.

8. Kondisioner Terbaik Terbuat dari Makanan
Akan sangat berbahaya jika kamu mempercayai mitos yang satu ini. Bukannya akan membuat rambutmu lebih sehat, menggunakan makanan sebagai kondisioner rambut malah akan membuat rambutmu lebih berminyak.

9. Mencabut Uban Akan Memicu Tumbuhnya Uban Lain
Mencabut uban dengan cara yang tidak tepat memang menyebabkan rambut tidak sehat. Namun, bukan berarti mencabut uban akan memicu tumbuhnya uban-uban yang lain. Sekali lagi, ini hanyalah mitos.


Simak juga: Inilah Penyebab Tumbuh Uban di Usia Muda

10. Menyisir Rambut dari Ujung ke Pangkal
Menyisir memang merupakan cara paling sederhana untuk merapikan rambut. Akan tetapi, menyisirnya dari ujung ke pangkal akan membuat keadaan rambut semakin buruk.

11. Produk Rambut Tertentu Dapat Menebalkan Rambut
Mencoba menebalkan rambut dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mahal tidak selalu berhasil. Akan lebih baik jika kamu mencukupi kebutuhan nutrisi rambutmu dengan vitamin D, zat besi, zinc, protein, karbohidrat dan lemak yang sehat.

12. Kulit Kepala yang Kering Menyebabkan Munculnya Ketombe
Penyebab utama timbulnya ketombe adalah adanya salah satu jenis jamur yang tumbuh ketika kulit kepala berminyak, bukan kulit kepala yang kering.


Baca juga: Rambut Kamu Kering & Tipis? Mungkin Ini Penyebabnya

13. Minyak Rambut Tidak Cocok untuk Rambut Berminyak
Tidak ada hubungan yang signifikan antara penggunaan minyak rambut dan rambut yang berminyak. Bahkan, minyak sebenarnya bagus untuk kesehatan rambut.

14. Memakai Topi Menyebabkan Rambut Rontok
Satu mitos yang menghubungkan topi dengan rambut yang rontok sama sekali tidak beralasan. Penyebab utama rambut rontok adalah dari faktor DNA dan keturunan.

15. Wajib Mengeringkan Rambut dengan Handuk Setelah Keramas
Sebenarnya, penggunaan handuk setelah keramas justru membuat rambut kasar dan menimbulkan kerusakan. Akan lebih baik jika kamu membiarkan rambutmu kering secara alami.

Nah, itulah tadi beberapa mitos tentang rambut yang tidak boleh kamu percayai. Sudah saatnya kamu memulai perawatan rambut yang tepat, berdasarkan penelitian dan saran ahli, bukan berdasarkan mitos yang tidak terbukti kebenarannya. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *