Inilah 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasca Olahraga

by
5 Kesalahan Pasca Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat. Namun, jika kamu melakukan kesalahan pasca olahraga, maka usaha dan perjuanganmu untuk mendapatkan manfaat olahraga juga akan sia-sia. Apalagi, tubuh telah melakukan aktivitas berat, sehingga memulihkan kondisi tubuh setelah olahraga sangat penting agar kegiatanmu selanjutnya tidak terganggu.

Dengan kata lain, rutinitas pemulihan pasca olahraga sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri. Proses pemulihan juga berguna agar otot-otot pada tubuh lebih fleksibel dan badan tidak kaku semua. Berikut beberapa kesalahan pasca olahraga yang harus kamu hindari.

1. Melewatkan Proses Pendinginan

Begitu setelah olahraga berat selesai, lakukan proses pendingina secepatnya. Proses ini berfungsi untuk menormalkan kembali tekanan darah dan detak jantung sehingga risiko cedera dapat diminimalkan. Kamu dapat melakukan gerakan-gerakan ringan setelah olahraga agar kondisi tubuhmu kembali normal.

2. Terlalu Lama Mengenakan Pakaian Berkeringat

Pasca olahraga, segera lepas pakaianmu yang sudah basah karena keringat. Pakaian berkeringat dapat menjadi sarana untuk berkembang biak bakteri dan jamur. Alhasil, terlalu lama mengenakan pakaian berkeringat bisa menyebabkan infeksi kulit. Inilah salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang.

3. Tidak Mandi
Mandi sama pentingnya dengan melepaskan pakaian yang basah karena berkeringat. Jika kamu tidak segera mandi, sisa keringat akan menempel pada tubuhmu yang dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Jadi, agar kulitmu juga sehat, segera mandi setelah proses pendinginan selesai.

Ini juga kesalahan yang kerap dilakukan banyak orang. mencukupi asupan cairan tubuh saat olahraga harus dilakukan. Apalagi, ketika kamu berolahraga, tubuhmu akan kehilangan banyak cairan. Selama proses pendinginan dan istirahat, usahakan untuk minum cukup air agar tubuhmu segar kembali.

Simak juga: Manfaat Sehat Minum Banyak Air Putih

5. Kurang Tidur

Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh. Selama tidur, tubuh akan melakukan proses penyembuhan dirinya sendiri dan perbaikan jaringan otot yang robek. Jika kamu tidak cukup tidur setelah berolahraga, maka proses pemulihannya juga akan terhambat.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang dilakukan pasca olahraga. Gimana? Apa kamu sering melakukannya? (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *