Inilah 7 Fakta Menakjubkan Tentang Darah

by

Fungsi darah dalam tubuh ternyata sangatlah penting dan bermacam-macam. Selain memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan, fungsi utama darah lainnya yaitu membuangkan racun, mengangkut hormon, mengatur pH tubuh dan suhu dalam tubuh.

7 Fakta Menakjubkan Tentang Darah


Dalam ulasan berikut, kami akan membagikan beberapa fakta menarik seputar darah. Saking luar biasanya, darah biasanya digunakan untuk menyelamatkan nyawa orang lain melalui transfusi darah. Berikut 7 fakta menakjubkan tentang darah yang wajib Anda ketahui.

  • Satu liter darah yang didonorkan dapat menyelamatkan sampai tiga nyawa

Satu kantong darah (450 ml) dapat menyelamatkan nyawa beberapa orang jika darah tersebut dipisahkan menjadi komponen dasar, yaitu sel darah sel, trombosit dan plasma. Masing-masing komponen dapat digunakan secara terpisah untuk mengobati orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Baca juga: Manfaat Penting Donor Darah

  • Empat jenis darah utama yaitu A, B, AB dan O

Masing-masing golongan darah ini bisa positif atau negatif, tergantung faktor Rhesus (Rh) nya. AB adalah penerima donor universal sel darah merah sementara O negatif adalah pendonor universal.

  • Dibutuhkan 1,2 juta ekor nyamuk untuk menghabiskan darah dalam tubuh manusia

Diperkirakan volume darah pada manusia adalah sekitar 7 persen dari berat badan. Rata-rata tubuh dewasa dengan berat 65-80 kilogram akan berisi sekitar 4,7 sampai 5,5 liter darah. Baca juga: Cara Alami Mengatasi Anemia

  • Jika disambung, pembuluh darah manusia bisa mencapai panjang 100.000 mil

Ada tiga jenis pembuluh darah, yakni arteri, vena, dan kapiler. Proses aliran darah melibatkan arteri yang membawa darah dari jantung. Kapiler tersebut menghubungkan arteri vena. Untuk selanjutnya, pembuluh darah akan membawa kembali darah ke jantung.

  • Selama seumur hidup rata-rata, jantung mampu memompa hampir 1,5 juta barel darah (angka yang setara untuk mengisi 200 mobil tangki)

Jantung memompa sekitar 55-80 ml darah setiap denyutnya. Hati orang dewasa mampu memompa sekitar 6,000-7,500 liter darah setiap hari. Sedangkan rata-rata tubuh orang dewasa mengandung sekitar lima liter darah yang terus beredar ke seluruh tubuh.

  • Hanya dibutuhkan sekitar 30 detik bagi sel darah merah untuk melintasi tubuh Anda secara komplit

Selama umur empat bulan, sel-sel darah merah membuat 250.000 perjalanan mengitari tubuh manusia. Simak juga: Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

  • Plasma tersususn atas 90 persen air dan merupakan 55 persen dari volume darah

Plasma adalah cairan berwarna kuning pucat yang terdiri dari air, protein dan garam. Plasma tipe AB-positif dapat didonorkan kepada pasien dari jenis golongan darah apapun. Plasma yang biasanya disimpan dalam keadaan beku dapat ditransfusikan sampai satu tahun setelah dibekukan.

Nah, itu tadi 7 fakta menakjubkan seputar darah. Selalu konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang serta olahraga secara teratur sehingga keseimbangan darah dalam tubuh tetap normal dan sehat. (mfb/hmu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *