14 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Otak

by
14 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Otak

Di zaman modern saat ini, mayoritas orang seringkali disibukkan oleh kegiatan yang menyita banyak waktu. Alhasil, berbagai masalah kesehatan akhirnya muncul tanpa disadari dan tidak diketahui apa penyebabnya.

Maka dari itu, sangat dianjurkan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang sejak muda. Karena jika sudah membiasakannya, maka kebiasaan baik tersebut akan Anda bawa hingga tua, termasuk kesehatan otak Anda. Berikut 10 kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan otak Anda.

1. Melewatkan Sarapan

Melewatkan makan pagi membuat tubuh Anda mengalami stres, yang akan mengganggu metabolisme dan kekurangan pasokan nutrisi ke otak. Hal itu akan menyebabkan degenerasi otak.

2. Terlalu Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Misalnya saja terlalu memforsir otak atau berpikir terlalu keras. Kebiasaan yang bersifat berlebihan terbukti dapat merusak otak, menyebabkan pengerasan arteri otak dan menyebabkan penyakit jantung.

3. Kurang Memakai Otak

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih otak, sehingga otak Anda akan lebih terasah dan tereksplorasi. Singkat kata, otak Anda akan tetap terangsang dan terlatih. Sebaliknya, kurang dalam menstimulasi otak dapat menyebabkan penyusutan otak.


Baca juga: Makanan dan Kebiasaan untuk Menguatkan Ingatan

4. Merokok

Salah satu kebiasaan buruk dalam menyumbang kerusakan otak yaitu merokok. Kebisaan ini menyebabkan penyusutan otak dan pemicu penyakit Alzheimer di kemudian hari.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat membahayakan kesehatan otak. Pasalnya, ketika otak kurang istirahat, kinerjanya akan menurun. Selain itu, kurang tidur juga mempengaruhi memori dan menyebabkan gangguan kognitif.

6. Gula Konsumsi yang Tinggi

Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan mengganggu penyerapan protein dan nutrisi, menyebabkan gizi buruk dan mengganggu perkembangan otak. Dengan kata lain, asupan gula berlebih sangat tidak dianjurkan jika Anda ingin kesehatan otak Anda tetap terjaga.

7. Polusi Udara

Otak adalah organ dengan kebutuhan oksigen terbesar di dalam tubuh kita. Ketika Anda menghirup udara tercemar, hal itu tentu akan mengurangi suplai oksigen ke otak yang dapat berbahaya dalam jangka panjang.

8. Menutup Kepala Ketika Tidur

Menutup kepala saat tidur dapat berdampak buruk terhadap kesehatan otak. Pasalnya, suplai oksigen ke otak akan terganggu.

9. Jarang Ngomong

Melakukan diskusi berbobot diyakini dapat meningkatkan kinerja otak. Jadi, usahakan untuk aktif dalam menyampaikan pendapat jika Anda terlibat diskusi sebuah forum.

10. Berpikir Keras Saat Sedang Sakit

Berpikir keras atau belajar intensif saat sedang sakit dapat menyebabkan Anda stress dan penurunan efektivitas otak.

Simak juga: Misteri Menguap yang Kerap Dipertanyakan Banyak Orang


11. Terlalu Banyak Tidur
Terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan kerusakan otak. Dengan bermalas-malasan di kasur, otak Anda akan jarang digunakan sehingga munculah berbagai gangguan otak, seperti kepikunan.

12. Kurang Minum Air Putih

Sekitar 70% dari tubuh kita terdiri dari air. Jadi ketika Anda kurang memenuhi asupan cairan tubuh, fungsi dan kinerja otak Anda juga akan menurun.

13. Konsumsi Alkohol

Alkohol terbukti dapat mempengaruhi kinerja otak, menyebabkan kesulitan dalam berjalan, penglihatan kabur, bicara ngelantur, memperlambat respon otak dan gangguan ingatan.

14. Konsumsi Junkfood dan Fastfood

Makanan serba instan ini memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan, termasuk otak. Jadi, sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari makanan tersebut.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Oleh karenanya, harus ada keseimbangan dalam hidup Anda. Tidak perlu memforsir kegiatan yang justru akan merugikan Anda di kemudian hari. Mungkin hari ini Anda tidak merasakannya, namun dampak kebiasaan buruk yang Anda lakukan saat ini akan terasa kelak ketika usia Anda sudah tak lagi muda. (mfb/bs)

Informasi Kesehatan:

  • jelaskan apa saja yang merusak otak
  • hal yang dapat menumpulkan otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *