Inilah 10 Manfaat Kesehatan dari Berhenti Merokok

by

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang memang susah dihilangkan. Siapa saja yang sudah sekali terjun untuk mencicipi rokok, mereka enggan untuk hanya sekedar berhenti. Bagi para pecandunya, rokok adalah benda wajib yang harus ada di saku mereka setiap saat di manapun.

Bahkan terkadang, walaupun mereka mengetahui bahaya dari rokok, keputusan untuk berhenti merokok adalah keputusan yang sulit. Yang pasti dialami oleh setiap perokok adalah paru-paru yang semakin hari semakin tidak sehat. Efek tersebu ternyata tidak hanya menjangkit perokok aktif, namun juga para perokok pasif, yaitu orang-orang yang berada di sekitar perokok.

 

Manfaat Kesehatan dari Berhenti Merokok


Sudah seharusnya para perokok menyadari bahaya kesehatan yang ditimbulkan akibat kepulan asap yang mereka hembuskan, bahkan anak-anak mereka sendiri pun mungkin akan merasakan dampaknya. Keputusan yang sangat bijak adalah dengan sedikit demi sedikit mengurangi dan akhirnya berhenti merokok. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan 10 manfaat kesehatan dari berhenti merokok di bawah ini:

  • Kulit Terlihat Lebih Muda

Dengan berhenti merokok, kondisi kesehatan seseorang berangsur membaik. Salah satu perubahan yang dapat dirasakan adalah kulit yang terlihat lebih muda dan lebih halus.

  • Meningkatkan Kesuburan

Bagi pria dan wanita, berhenti merokok dapat memberikan efek yang sangat bagus pada kesuburan sperma dan sel telur mereka. Jika Anda adalah perokok yang belum juga memiliki momongan, cobalah untuk berhenti merokok.

  • Se*ksualitas yang Lebih Baik

Dengan berhenti merokok, secara otomatis jumlah hormon se*ksual pada tubuh akan meningkat.

  • Gigi Terlihat Lebih CantikĀ 

Rokok juga sedikit demi sedikit menyumbangkan noda nikotin pada gigi yang membuatnya terlihat kuning dan tidak sehat. Dengan memutuskan untuk berhenti, sedikit demi sedikit, gigi Anda akan berangsur terlihat lebih baik dan lebih cantik.

  • Lebih Mudah Bernafas

Hampir semua orang tahu bahwa merokok menyebabkan bronchitis dan sinusitis. Kedua masalah ini berhubungan degan sistem pernafasan utama dalam tubuh. Dengan menghentikan kebiasaan merokok, sistem pernafasan akan berangsur lebih baik.

  • Mengurangi Stres

Survey telah membutikan bahwa kebiasaan merokok berbanding lurus dengan besarnya kemungkinan stres. Dengan kata lain, menghentikan kebiasaan merokok sama dengan menguragi kemungkinan Anda terkena stres.

  • Detak Jantung yang Lebih Normal

Beberapa saat setelah Anda memutuskan untuk berhenti merokok, detak jantung Anda akan bergerak lebih normal. Resiko penyakit jantung pun dapat ditangkis.

  • Tekanan Darah Normal

Selain detak jantung yang normal, tekanan darah Anda pun akan sedikit demi sedikit menurun dan kembali normal.

  • Peningkatan Kemampuan Rasa dan Penciuman

Faktanya, merokok secara langsung menghambat kemampuan perasa dan penciuman Anda. Untuk mengembalikannya, berhenti merokok adalah keputusan terbaik.

  • Energi yang Lebih Kuat

Berhentinya asupan nikotin yang masuk dalam tubuh Anda meningkatkan energi dalam tubuh.

Keseluruhan dari 10 manfaat kesehatan dari berhenti merokok akan Anda rasakan jika Anda membuat keputusan terbaik untuk mulai menghentikan kebiasaan merokok. Manfaat-manfaat tersebut niscaya akan memberikan harapan hidup dan kehidupan yang lebih baik untuk Anda. (mfb/bs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *