8 Antibiotik Alami untuk Mengatasi Infeksi Bakteri

by

8 Antibiotik Alami untuk Mengatasi Infeksi Bakteri | Antibiotik adalah jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi bakteri secara efektif. Biasanya, antibiotik dikonsumsi untuk mengobati infeksi lambung, infeksi telinga dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Namun masalahnya adalah penggunaan antibiotik secara berlebihan tidak baik bagi tubuh. Jika tidak dikonsumsi dengan dosis yang tepat dan tujuan yang benar, konsumsi antibiotik justru akan membuat bakteri dalam tubuh Anda makin kuat dan resisten. Alhasil, tubuh Anda akan rentan terserang penyakit yang sebetulnya sepele.

8 Antibiotik Alami untuk Mengatasi Infeksi Bakteri

Oleh karena itu, konsumsilah antibiotik berdasarkan resep dokter. Jika Anda ragu, tidak ada salahnya jika Anda mulai beralih ke antibiotik alami yang berasal dari tanaman, seperti bawang, jahe, dan kunyit. Namun, antibiotik alami tersebut tidak mampu melawan infeksi jamur dan infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti pilek, flu, batuk, dll.

Antibiotik alami berikut ini bermanfaat untuk meredakan sakit perut karena infeksi dan infeksi bakteri lainnya. Berikut 8 antibiotik alami untuk mengatasi berbagai jenis infeksi.

Bawang Putih
Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah pada perut kosong secara rutin tiap hari. Jika tidak bisa, cukup tambahkan pada masakan Anda. Antibiotik alami ini baik untuk mengobati infeksi perut.

Madu
Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, konsumsilah madu karena sifatnya sebagai antibiotik alami. Campur madu dan kayu manis dalam takaran yang sama sebagai minuman. Resep ini sangat ampuh untuk meredakan sakit perut.

Oregano
Zat carvacrol yang hadir dalam minyak oregano berguna untuk mengurangi infeksi pada telinga. Oleh karenanya, jika Anda mengalami sakit telinga, cobalah untuk memanfaatkan oregano sebagai obatnya.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu antibiotik alami yang dapat mengobati berbagai jenis infeksi bakteri. Untuk mengekstrak minyak dari daunnya, siapkan segenggam daun zaitun lalu cincang halus. Tempatkan pada wadah lalu tutup rapat-rapat selama 4 sampai 5 minggu. Setelah cairan keluar, saring dari ampasnya. Minyak zaitun siap digunakan. Bisa juga Anda membeli minyak zaitun yang sudah tersedia di toko.

Kunyit
Untuk membunuh bakteri jahat dalam perut penyebab penyakit, gunakan antibiotik alami untuk mengatasinya. Campurkan 1 sdm bubuk kunyit dan 6 sdm madu. Aduk bahan-bahan tersebut secara merata lalu simpan di wadah kedap udara. Gunakan ½ sdt campuran ini dua kali sehari untuk mengobati infeksi.

Jahe
Jahe adalah antibiotik alami yang baik untuk melawan patogen yang ditularkan melalui makanan seperti salmonella. Oleh karena itu, selalu tambahkan jahe sebagai campuran makanan atau minuman karena tanaman ini memiliki segudang khasiat yang menyehatkan tubuh Anda.

Biji Jeruk
Tidak banyak orang yang tahu bahwa ekstrak biji jeruk adalah antibiotik alami untuk mengobati infeksi kulit. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur 10 sampai 15 tetes ekstrak biji jeruk dalam setengah gelas air dan minum 2 atau 3 kali sehari.

Mimba
Tidak seperti antibiotik kimia, mimba sangat mujarab untuk melawan infeksi bakteri tanpa menyebabkan resistensi bakteri meski dikonsumsi secara terus menerus. Konsumsilah mimba untuk membantu menghilangkan akumulasi racun dan organisme parasit yang merugikan tubuh.

Nah, itu tadi 8 bahan-bahan herbal yang berfungsi sebagai antibiotik melawan penyakit karena infeksi bakteri. Jangan pernah remehkan tanaman atau obat-obatan alami. Pasalnya, selain tidak menimbulkan efek samping jangka panjang, obat herbal juga sangat efektif menyembuhkan penyakit sejak dahulu kala. (bs/mw)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengatasi resisten obat
  • cara mengobati infeksi dalam tubuh
  • minyak zaitun antibiotik alami
  • obat alami infeksi bakteri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *