8 Manfaat Ajaib Buah Pare untuk Kesehatan

by

Manfaat Ajaib Buah Pare untuk Kesehatan | Kebanyakan orang tidak menyukai buah pare karena rasanya yang pahit. Padahal, menurut ahli gizi dan dokter, buah pare mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Jadi, sebaiknya Anda mulai mengesampingkan rasa pahit pada buah ini jika Anda benar-benar ingin menikmati segudang khasiat pada buah pare.

8 Manfaat Ajaib Buah Pare untuk Kesehatan

Cara mengolah buah pare juga beragam, mulai dimasak sebagai sayuran, di-blender sebagai jus, atau bisa juga sebagai tambahan sayuran pada sup atau salad. Adapun beberapa kegunaan pare diantaranya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi jerawat, dan menurunkan berat badan, dan ada masih banyak lagi khasiat penting lainnya. Penasaran? Yuk kita simak 8 manfaat menakjubkan buah pare untuk kesehatan berikut ini.

8 Manfaat Penting Buah Pare untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas tubuh
Buah pare terbukti bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Caranya sangat mudah, rebus pare sampai mendidih lalu minum air rebusan tersebut setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Di samping itu, pare sangat kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu dalam menyingkirkan radikal bebas dari tubuh.

2. Menyembuhkan gangguan pernafasan
Untuk mengatasi gangguan pernafasan seperti pilek, batuk dan asma, cobalah untuk mengobatinya dengan jus pare mentah. Lakukan kebiasaan ini setiap hari sampai penyakit yang Anda derita benar-benar sembuh. Untuk hasil terbaik, minumlah jus pare sebelum sarapan.

3. Mengurangi jerawat
Buah pare sangat baik untuk menyaring kotoran dalam darah. Dengan kata lain, efek buah pare berfungsi untuk mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh secara internal. Tidak hanya itu, dampak positif mengkonsumsi pare secara rutin juga membantu untuk melawan infeksi kulit dan masalah yang berhubungan dengan darah kotor lainnya, seperti bisul, kudis, penyakit jamur, dll.

4. Mengobati diabetes tipe 2
Pare atau labu pahit mengandung phytonutrient, polipeptida-P, yang merupakan insulin alami yang berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah. Pare juga mengandung agen hipoglikemik disebut charantin yang meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh. Kedua zat tersebut bersama-sama saling membantu dalam mengobati diabetes tipe 2 dengan cara mengurangi kadar gula dalam darah.

5. Menurunkan berat badan
Karena labu pahit atau pare kaya akan antioksidan, buah ini sangat berguna dalam membuang racun dari tubuh yang menyebabkan kenaikan berat badan. Mengkonsumsi buah pare secara teratur telah terbukti membantu secara efektif dalam menurunkan berat badan hingga mencapai berat ideal dan sehat.

6. Meningkatkan penglihatan
Kandungan penting lainnya dalam buah pare adalah beta-karoten, yang sangat berguna dalam mengurangi infeksi mata, serta meningkatkan penglihatan.

7. Mengurangi sembelit
Bagi mereka yang kerap menderita masalah perut atau pencernaan, buah pare adalah solusi terbaik. Kandungan serat pada buah ini membantu dalam proses pencernaan makanan sehingga terhindar dari berbagi masalah pencernaan, seperti sembelit dan susah buang air besar.

8. Mencegah penyakit jantung
Buah pare juga berguna dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat seringkali menyumbat dinding arteri sehingga menyebabkan masalah jantung. Untuk mencegah masalah tersebut terjadi, konsumsilah buah pare secara teratur dengan jenis olahan yang Anda sukai.

Itu tadi beberapa manfaat buah pare bagi kesehatan. Selain khasiat yang telah disebutkan di atas, pare juga mempunyai segudang manfaat lainnya, seperti menyehatkan rambut bebas dari rontok dan beruban, kulit kepala kering dan gatal, mencerahkan kulit, dan mencegah tumbuhnya jerawat membandel. (mfw/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *