Cara Mengetahui Penyebab dan Mengobati Radang Tenggorokan

by

Cara mengobati dan mengetahui faktor penyebab radang tenggorokan | Penyakit radang tenggorokan termasuk ke dalam kategori penyakit dengan beberapa tahapan. Ada yang tahapan ringan hingga tahapan berat, namun yang pasti keduanya baik itu tahapan ringan maupun tahapan berat sama-sama menyebabkan gangguan pada aktivitas keseharian Anda. Apalagi jika penyakit ini menyerang ke anak Anda,

Anda pun akan ikut pusing karena anak menjadi rewel. Memang anak yang sudah kena infeksi radang tenggorokan akan sering menangis dan menjadi rewel, sebab mereka merasakan rasa sakit di tenggorokan mereka khususnya ketika menelan, dan tentu juga mereka merasa tak nyaman. Karena ketika sakit tenggorokan biasanya badan akan menjadi panas.

Cara Mengetahui Penyebab dan Mengobati Radang Tenggorokan

Selain itu, efek negatif lainnya yang akan Anda rasakan pada anak-anak yang terkena radang tenggorokan adalah mereka akan sulit makan. Oleh karena itu, radang tenggorokan yang menginfeksi tenggorokan anak Anda tak boleh dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa nanti masuk ke tahapan yang lebih parah, dan anak Anda juga akan kurang gizi karena tak enak makan semasa radang tenggorokan menyerang. Anda tak boleh berlama-lama ketika sudah mengetahui bahwa anak Anda terserang penyakit radang tenggorokan ini. Mari baca selengkapnya.

Penyebab radang tenggorokan

Yang pertama, Anda harus mengenali apa sajakah faktor yang menjadi penyebab seseorang dapat terserang radang tenggorokan. Penyebab ini juga perlu diketahui apabila mau menyembuhkan, dan mencegah agar tak terkena radang tenggorokan lagi di lain waktu. Faktor penyebab seseorang dapat terjangkit radang tenggorokan itu bermacam-macam, di mana langkah pengobatan yang berbeda itu diperlukan, serta memang juga harus disesuaikan ke apa yang memang menjadi penyebabnya. Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyebab seseorang dapat terinfeksi radang tenggorokan, begitu pula radang tenggorokan pada anak-anak:

Bakteri dan virus

Seperti biasa, radang tenggorokan dan penyakit lainnya itu bakteri dan virus pasti menjadi biang keroknya. Begitu pula dengan penyakit yang satu ini, radang tenggorokan bisa disebabkan karena virus maupun bakteri. Untuk virus, bisa karena virus common cold, virus cacar air, virus influenza, virus mono, dan virus campak. Ada satu virus yang biasanya menjadi faktor penyebab radang tenggorokan di anak-anak, nama virus tersebut tak lain adalah virus Croup, ciri dari radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus Croup ini adalah adanya batuk keras yang diderita oleh anak-anak.

Radang tenggorokan juga dapat diakibatkan karena infeksi bakteri dari kategori A streptococcus dan juga bakteri Streptococcus Pyogenes. Sementara itu, di beberapa negara berkembang, orang-orang juga seringkali terkena penyakit difteri. Penyakit difteri adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan cukup serius, serta jarang terjadi pada negara yang sudah maju atau dikenal juga dengan negara industri.

Cara mengobati radang tenggorokan

Setelah Anda menemukan penyebabnya, maka Anda dapat berlanjut ke cara mengobatinya. Apabila Anda kesulitan menemukan penyebabnya atau malas mengobati sendiri, Anda dapat mencoba berkonsultasi langsung ke dokter spesialis tenggorokan.

Anda dapat meminum teh, tetapi bukan sembarang teh melainkan teh Chamomile. Teh Chamomile ini memiliki khasiat untuk membantu mengurangi radang tenggorokan, dan bisa membantu Anda untuk mengatasi peradangan. Caranya cukup seduh sebanyak 2 kantong teh ini memakai campuran air hangat, Anda juga bisa menambahkan gula apabila senang yang manis, namun jangan terlalu banyak, karena tenggorokan Anda sedang meradang.

Anda juga harus menjaga agar kondisi tubuh fit, biasanya radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Itu karena setiap manusia memiliki sistem antibodi di dalam tubuhnya. Sekian artikel tentang cara mengobati dan mengetahui penyebab radang tenggorokan, semoga bermanfaat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *