Cara Menghilangkan Rasa Sakit Infeksi Telinga pada Bayi

by

Cara menghilangkan rasa sakit yang mengganggu yang disebabkan karena infeksi telinga pada bayi bisa diakibatkan karena bakteri dan cairan yang sudah menumpuk pada daerah gendang telinga seseorang. Biasanya cairan tersebut bisa hilang tak terlalu lama dari Eustachian Tube yang menghubungkan bagian telinga tengah ke bagian belakang tenggorokan dan hidung manusia ketika seseorang menguap atau menelan makanan.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Infeksi Telinga pada Bayi

Namun apabila Eustachian Tube terhalang, yang bisa diakibatkan sakit flu, infeksi sinus, dan alergi, cairan terjebak di telinga tengah. Ketika kondisi tersebut terjadi, bakteri bisa berkembang biak dan telinga buah hati Anda pun jadi terinfeksi. Itu dikarenakan bakteri suka berkembang biak di tempat yang hangat, gelap, dan basah. Mari baca selengkapnya.

Infeksi yang bertambah parah

Apabila infeksi bayi bertambah parah, pembengkakan di gendang telinga bisa bertambah parah juga, dan pembengkakan tersebut akan menyebabkan rasa sakit yang benar-benar mengganggu. Setelahnya, Anda pun harus berusaha bagaimana caranya untuk melawan infeksi karena demam yang terjadi pada bayi. Serangan infeksi ini sebenarnya juga dapat terjadi apabila bayi memiliki saluran Eustachian Tube yang terlalu pendek, hal ini sudah bukan rahasia umum lagi, dan memang beginilah fakta yang terjadi di lapangan.

Ketika bayi Anda terkena infeksi pada telinga mereka, tentu saja mereka tak dapat memberitahukannya secara langsung kepada Anda, karena mereka masih belum bisa berbicara. Oleh karena itu, sangatlah vital bagi Anda untuk mengerti tentang gejala-gejala apa saja yang akan dialami oleh sang bayi apabila mereka terkena infeksi pada telinganya.

Gejala bayi yang terkena infeksi telinga

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali saat bayi Anda terserang infeksi telinga adalah mereka akan sering menangis. Mereka menangis itu menunjukkan jika mereka merasakan rasa tak nyaman maupun rasa sakit, sebagai orang tua Anda harus tanggap, terkadang tangisan biasa dengan tangisan karena rasa sakit akan berbeda.

Mereka akan menangis lebih keras dan tak berhenti-berhenti bahkan menangisnya juga lebih sering dibandingkan biasanya. Gejala yang lainnya yang mungkin juga akan Anda rasakan dari sang bayi yaitu bayi menjadi cemberut, malas makan, serta beberapa tanda lainnya. Biasanya Anda akan merasakan perubahan dari bayi.

Bayi juga akan menjadi sering kena penyakit demam. Anda harus ingat bahwa infeksi telinga pada bayi sering terjadi biasanya sesudah bayi terjangkit penyakit flu, atau ketika bayi sedang mengalami penyakit flu, kedua kondisi ini meningkatkan resiko bayi terkena infeksi telinga.

Simak juga: Cara Menyembuhkan Infeksi Telinga Berjamur

Gejala berikutnya bayi akan lebih sering menarik telinganya, namun tanpa alasan yang jelas, padahal biasanya bayi Anda tak pernah melakukan hal tersebut, Anda juga harus waspada jika seperti itu yang terjadi. Ketika Anda menyadarinya, ada baiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter spesialis telinga, biasanya dokter THT.

Dengan membawa bayi Anda ke dokter THT, dokter pun akan segera memberikan diagnosis yang lebih baik, mereka juga akan memberikan pengobatan yang memang cocok untuk menyembuhkan penyakit tersebut dan yang memungkinkan untuk sang bayi. Sebab bayi sudah pasti tidak bisa meminum obat kapsul.

Biasanya obat yang digunakan adalah obat bubuk yang sudah dicampur air atau makanan, yang mudah untuk dimakan oleh bayi Anda. Dokter tentu akan menyesuaikannya, karena sudah pasti ada bayi lain yang sering sakit di bagian telinga mereka juga. Sekian artikel tentang cara menghilangkan rasa sakit karena infeksi telinga bayi, semoga bermanfaat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *