Cara Sehat Menaikkan Berat Badan Bayi dan Balita

by
Makanan untuk Menaikkan Berat Badan Bayi dan Balita

Salah satu hal yang menjadi perhatian seorang ibu terhadap bayinya adalah berat badan. Setiap ibu tentu menginginkan buah hatinya memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu kurus juga tidak terlalu gemuk. Namun, masalah berat badan ini terkadang muncul, yaitu berat badan bayi dan balita di bawah ideal.

Jika buah hati Anda memiliki badan yang kurus, cara yang paling tepat adalah meningkatkan asupan ASI maupun makanan tertentu dapat meningkatkan berat badan. Kuncinya adalah memberikan makanan berkalori tinggi dan bergizi. Berikut 8 makanan sehat untuk menaikkan berat badan bayi atau balita Anda.

Makanan untuk Menaikkan Berat Badan Bayi dan Balita

1. ASI dan Susu Formula
ASI dan susu formula menyediakan banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda. Dalam ASI dan susu formula terkandung lemak sehat yang berguna untuk meningkatkan berat badan buah hati Anda. Jika suplai ASI Anda sedikit, cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan berfungsi untuk meningkatkan kuantitas ASI Anda.

Baca juga: 10 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

2. Yogurt
Yogurt bisa menjadi alternatif lain untuk meningkatkan berat badan. Hindari memberikan yogurt yang beraneka rasa buah karena di dalamnya mengandung gula. Sebagai gantinya, Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan segar, seperti pisang.

3. Pisang
Buah pisang boleh diberikan kepada bayi setelah usia mereka 6 bulan. Buah ini mengandung nutrisi sehat seperti serat, kalium, dan vitamin C dan B6. Selain itu, pisang juga tinggi kalori yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Sebelum disuapkan ke bayi atau balita Anda, rebus pisang lalu haluskan terlebih dahulu. Setelah buah hati Anda berusia delapan bulan, Anda bisa mengkombinasikan pisang dengan bubur atau milkshake.

4. Kacang Hijau
Kacang hijau terbukti memiliki beragam gizi di dalamnya, seperti vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, protein dan lemak. Kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bayi dan balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan berat badan bayi Anda, berikan bubur kacang hijau sebagai makanan tambahan untuknya.

5. Selai Kacang
Selai kacang merupakan makanan sehat yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Jika bayi Anda berusia lebih dari satu tahun, Anda dapat menambahkan satu sendok teh selai kacang pada sepotong roti sebagai makanan penunjang untuk si kecil.

Simak juga: Tips Lengkap Merawat Bayi dan Balita

6. Telur
Anda dapat memberikan telur untuk anak Anda setelah dia berusia delapan bulan. Untuk tahap awal, Anda boleh memberi si kecil kuning telurnya saja. Putih telur dapat diberikan pada tahap berikutnya jika buah hati Anda tidak alergi terhadap telur. Putih telur merupakan sumber protein yang bagus sedangkan kuning telur kaya akan seng dan vitamin A, D, E, dan B12.

7. Ubi Jalar
Ubi jalar dapat diberikan kepada bayi setelah mereka berusia enam bulan. Ubi jalar mengandung rendah lemak jenuh, tinggi serat, dan merupakan sumber makanan yang kaya magnesium, kalium, vitamin A, B6 dan C.

8. Alpukat
Anda dapat memberi alpukat kepada bayi Anda setelah dia berusia enam bulan. Alpukat kaya akan serat dan lemak sehat. Setelah satu tahun, Anda dapat menambahkannya ke milkshake atau bubur.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

Itu tadi 8 cara sehat menaikkan berat badan bayi dan balita. Sebagai langkah awal, silahkan tingkatkan asupan ASI untuk balita Anda. Di samping itu, Anda juga perlu meningkatkan asupan makanan bergizi untuk diri Anda sendiri. karena jika sang ibu sehat, asupan ASI untuk bayi juga akan lancar dan bayi pun akan sehat. (hmu/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *