Infeksi Telinga yang Menyerang Orang Dewasa

by

Tidak hanya pada anak-anak, infeksi telinga dapat menyerang orang dewasa juga. Walaupun kekebalan tubuh orang dewasa lebih tinggi dibandingkan anak kecil, tetap saja orang dewasa rentan dengan yang namanya infeksi pada telinga mereka. Memang apabila Anda bandingkan dengan anak-anak, jumlah penderita infeksi telinga orang dewasa lebih sedikit, tetapi itu bukan berarti Anda boleh tidak waspada, Anda tetap harus menjaga diri.

Infeksi telinga ini bisa terjadi kapan saja dan sewaktu-waktu, khususnya apabila Anda tak siap. Biasanya yang menjadi penyebab infeksi telinga di orang dewasa adalah infeksi di bagian Eustachian Tube, di daerah dalam telinga seseorang. Menghubungkan saluran hidung dengan bagian luar telinga merupakan fungsi dari Eustachian Tube seseorang.

Kemudian, melalui Eustachian Tube akan dialirkan cairan yang berasal dari dalam telinga serta menjaga menyeimbangkan tekanan bagian luar serta dalam tubuh seseorang. Namun saat cairan maupun lendir di bagian Eustachian tube terbentuk, Anda akan dengan mudah terkena infeksi telinga.

Faktor sebab terjadinya infeksi telinga pada orang dewasa

Terdapat beragam situasi di mana organ pendengaran seseorang yang sudah dewasa bisa terjangkit infeksi telinga, berbagai faktor juga banyak yang ikut mempengaruhi. Infeksi di Eustachian Tube itu bisa disebabkan karena cairan yang terbentuk akibat seseorang terkena penyakit flu, kemudian timbul infeksi.

Simak juga: Fakta Menarik Tentang Indera Pendengaran

Kondisi lainnya disebut sebagai post nasal drip, yakni kondisi di mana terjadi akumulasi lendir di bagian belakang dari hidung seseorang, di mana ini juga merupakan salah satu penyebab orang dewasa dapat terserang oleh infeksi telinga. Oleh karenanya, seseorang yang sudah berusia dewasa itu tidak harus terjangkit sebuah penyakit dahulu baru beresiko terkena infeksi telinga, tetapi bisa terjadi kapanpun.

Umumnya infeksi telinga juga bisa diakibatkan karena cairan atau mukus atau Mucous terbawa menuju Eustachian Tube. Ini dapat terjadinya karena kebiasaan tertentu yang dilakukan oleh seseorang, misalnya kebiasaan membuang ingus pagi hari terlalu keras. Dengan begitu, bukannya bersih, justru orang tersebut akan gagal membersihkan mukus pada bagian dalam hidung mereka. Alhasil, mukus justru akan masuk lebih dalam lagi ke hidung mereka.

Penyebab lainnya yaitu ketika seseorang membersihkan telinga dengan memanfaatkan cotton bud sesudah mandi, ini juga dapat menjadi faktor penyebab orang dewasa terkena infeksi telinga.

Infeksi virus

Sementara itu, pada kasus anak-anak, seringkali infeksi telinga disebabkan oleh virus, dan bukan oleh bakteri. Virus memang sudah seringkali menyebabkan terjadinya infeksi telinga, dan untuk Anda ketahui bukan hanya anak-anak kecil saja melainkan juga orang yang sudah dewasa riskan terinfeksi virus dan terkena infeksi pada telinga mereka sehingga telinga mengeluarkan nanah. Infeksi yang disebabkan oleh virus ini lebih sulit untuk disembuhkan dibandingkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Pengobatan infeksi telinga orang dewasa

Untuk pengobatannya, kita juga akan membahas. Entah apapun yang menjadi penyebab terjadinya infeksi pada telinga Anda, itu tetap harus Anda sembuhkan hingga tuntas. Apabila terjadi penumpukan benda asing pada bagian dalam telinga Anda, dan jika itu yang menyebabkan infeksi, maka Anda harus segera menyingkirkan kesemuanya, sehingga telinga Anda menjadi sehat kembali.

Jika infeksi telinga disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan antibiotik, untuk memperoleh antibiotik yang tepat sangatlah penting. Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter mengenai itu. Nah, sudah cukup jelas, kan? Sekian artikel tentang infeksi telinga yang menyerang orang dewasa, semoga bermanfaat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *