Ini Dia Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

by

Mandi adalah ritual sehari-hari yang dapat membuat tubuh kita bersih dan segar. Namun, kebiasaan ini ternyata justru bisa membahayakan jika tidak dilakukan dengan benar. Berikut 6 kesalahan yang sering dilakukan orang ketika mandi.

Ini Dia Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

Keramas setiap hari

Semakin sering Anda mencuci rambut, semakin berminyak pula rambut Anda. Hal ini karena sampo bersifat menghilangkan minyak alami rambut, sehingga kulit kepala Anda memproduksi lebih banyak minyak. Lakukan keramas setiap dua atau tiga hari, sehingga minyak alami di kepala Anda mendapat kesempatan untuk mencapai ujung rambut yang bagus untuk kesehatan rambut Anda.

Mandi dengan air panas

Banyak orang suka mandi dengan air panas, terutama ketika cuaca sedang dingin. Padahal, air panas malah dapat membuat kulit dan rambut kering, membuang minyak alami rambut dan membuka pori-pori kulit kepala Anda sehingga rentan terhadap kotoran dan bakteri. Sebaliknya, air dingin malah lebih baik dan aman bagi rambut Anda.

Mengeringkan rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut dengan menggosoknya memakai handuk mungkin terasa lebih cepat dan efisien, tetapi cara ini ternyata berbahaya bagi rambut Anda. Rambut basah lebih rentan terhadap kerusakan dan tekstur kasar pada handuk merusak folikel dan menyebabkan rambut Anda bercabang. Alih-alih dipakai untuk menggosok rambut, gunakan handuk mengikat rambut Anda dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.

Menggunakan scrub setiap hari

Banyak orang percaya bahwa mereka harus menggunakan scrub setiap hari untuk menyingkirkan kulit mati. Kebiasaan ini tidak benar dan malah berbahaya. Menggosok kulit Anda terlalu sering menyebabkan kulit Anda kering dan kasar. Alhasil, kelenjar sebaceous akan meningkatkan produksi minyak kulit lebih banyak dari biasanya. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan scrubbing beberapa kali seminggu.

Mencukur sebelum mandi

Hindari mencukur bulu kaki Anda (wanita), atau jenggot Anda (pria) sebelum mandi. Justru waktu terbaik untuk mencukur rambut adalah setelah mandi, karena ketika Anda mandi air hangat, folikel rambut akan terbuka sehingga hasil cukurannya pun lebih halus.

Mandi dengan spon atau sikat

Banyak orang menggunakan spon atau sikat mandi. Sebenarnya, Anda tak perlu repot-repot untuk membersihkan tubuh Anda dengan benda-benda itu karena kebersihannya kurang terjamin dan menjadi tempat yang nyaman untuk berkembangbiakan bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *