Aneka Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

by
Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan

Aneka Manfaat dan Khasiat Buah Nanas | Buah nanas merupakan salah satu buah yang memiliki segudang khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah nanas kaya akan vitamin A dan C, serat, kalium, fosfor dan kalsium.

Di samping itu, buah dengan rasa manis, asam dan asin ini mudah diolah menjadi makanan dan minuman yang beraneka ragam, seperti jus, salad, rujak, campuran es krim dan sebagainya.

Tahukah kamu bahwa buah nanas ternyata mempunyai beragam manfaat dan khasiat yang luar biasa. Selain dapat mencegah radikal bebas, buah nanas dapat digunakan untuk mengobati batuk dan demam, memperlancar sistem pencernaan, mencegah osteoporosis, mencegah tekanan darah tinggi, serta menurunkan berat badan. Lalu apa saja manfaat buah nanas lainnya? Yuk kita simak bersama.

Aneka Manfaat dan Khasiat Buah Nanas

Menangkal Radikal Bebas
Kerusakan akibat radikal bebas dalam sel dapat memicu berbagai penyakit termasuk kanker, asma, arthritis, penyakit jantung dan berbagai gangguan inflamasi lainnya. Buah nanas kaya akan antioksidan yang bekerja untuk membentengi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kendati tubuh dapat mengatasi radikal bebas dengan sendirinya, tapi jika tubuh kekurangan antioksidan, perkembangan radikal bebas akan menjadi tidak terkendali dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Memperbaiki Sistem Pencernaan
Nanas juga bisa bertindak sebagai tonik dan meredakan banyak gangguan pencernaan karena buah ini kaya bromelain, vitamin C dan serat makanan. Enzim bromelain berfungsi untuk membantu sistem pencernaan yaitu memecah makanan dan menyerap protein.

Jika kamu kesulitan buang air besar, cobalah terapi buah nanas. Caranya, minumlah setengah gelas jus buah nanas setiap hari setelah makan dan rasakan khasiatnya.

Menyembuhkan Demam dan Batuk

Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi infeksi mikroba. Buatlah jus nanas segar guna membantu dalam meredakan sakit tenggorokan, dan mengeluarkan lender penyebab batuk.

Bahkan, minum jus nanas lima kali lebih efektif daripada sirup obat batuk. Selain berkhasiat mengobati batuk, buah nanas juga bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan demam.

Mencegah Osteoporosis
Nanas juga berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kehadiran mangan dalam buah ini terbukti mampu meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko masalah kerusakan tulang seperti osteoporosis. Mangan sangat penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

Menjaga Kesehatan Mulut
Mengkonsumsi jus nanas rutin setiap hari berguna dalam meningkatkan kesehatan mulut yang baik. Vitamin C yang hadir di dalamnya berkhasiat memperkuat gusi dan menjaga kesehatan gigi agar tetap kuat. Juga, buah tropis ini membantu dalam membatasi pembentukan plak dan penyakit gusi lainnya.

Meningkatkan Penglihatan
Beta-karoten dan vitamin A dalam jus nanas segar membantu dalam meningkatkan penglihatan. Selain itu, nutrisi itu juga bermanfaat dalam mengurangi risiko degenerasi makula, gangguan mata di mana orang dewasa kehilangan penglihatan mereka, tidak dapat membaca dan mengidentifikasi benda-benda dengan jelas.

Mengurangi Penggumpalan Darah
Bromelain membantu mengurangi pembekuan darah dalam tubuh. Oleh karenanya, buah ini sangat pas dikonsumsi mereka yang beresiko mengalami pembekuan darah.

Mencegah Hipertensi
Buah nanas segar sangat ampuh mengatasi penyakit darah tinggi. Jumlah kalium yang tinggi dan jumlah natrium yang rendah dalam buah ini menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh tetap normal.

Menjaga Kesehatan Kulit
Kehadiran vitamin C dalam nanas tidak hanya membantu dalam menyingkirkan jerawat, tetapi juga membuat kulit sehat serta telihat muda. Apalagi, enzim bromelain yang ada dalam buah nanas semakin menguatkan vitamin C dalam menyembuhkan penyakit.

Menurunkan Berat Badan
Nanas memiliki kadar air yang sangat tinggi dan rendah lemak. Buah ini cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan karena meningkatkan rasa kenyang dan memberikan energi tanpa memberikan terlalu banyak kalori.

Meringankan Rasa Sakit Saat Menstruasi
Bromelain membantu dalam relaksasi otot-otot dan meredakan sakit kram saat menstruasi dan gejala menstruasi lainnya.

Meredakan Mual
Mengkonsumsi semangkuk buah nanas segar atau jus nanas mampu mencegah mual di pagi hari atau morning sickness. Resep ini sangat mujarab untuk ibu hamil yang kerap mengalami mual.

Mengurangi Peradangan
Nanas umumnya dikenal sebagai buah anti-inflamasi. Ekstrak bromelain membantu pencernaan dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi, salah satunya mengurangi rasa sakit arthritis.

Meningkatkan Kekebalan
Kaya vitamin C, nanas membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan efek antioksidan yang kuat, buah ini melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit dan virus.

Menjaga Kesehatan Jantung
Jantung sehat merupakan kunci utama untuk hidup panjang dan sehat. Antioksidan kuat yang terkandung dalam buah nanas memerangi radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol, yang membantu mencegah penyakit jantung.

Mengatasi Ketombe
Selain manfaat di atas, buah nanas juga efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk mengatasi ketombe, campur perasan air nanas dan jeruk nipis, lalu pijatkan pada kulit kepala secara perlahan. Terapkan secara rutin, niscaya ketombe akan hilang.

Memperbaiki Kualitas Sperma
Salah satu manfaat ajaib buah nanas lainnya yaitu meningkatkan kualitas sperma. Konsumsilah nanas secara teratur guna mendapatkan kesuburan sperma.

Nah, itu tadi beragam manfaat buah nanas untuk kesehatan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah serba guna ini sebagai campuran masakan atau minuman. Selamat mencoba! (hmu/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *