Manfaat Ajaib Kulit Jeruk untuk Berbagai Kegunaan

by
Manfaat Kulit Jeruk untuk Berbagai Kegunaan

Tidak hanya buahnya, kulit jeruk ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan yang mungkin belum Anda ketahui. Kulit jeruk bisa digunakan sebagai pupuk penyubur tanaman, pengharum ruangan, pengusir serangga, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, jika Anda makan buah jeruk, sebaiknya jangan buang kulitnya di tempat sampah begitu saja. Gunakan untuk keperluan sehari-hari. Lalu apa saja kegunaan kulit jeruk? Berikut daftar manfaat kulit jeruk yang perlu Anda ketahui.

Orange Zest
Orange Zest merupakan bahan masakan yang terbuat dari kulit jeruk yang diparut. Zest biasanya digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Sebelum Anda menyerut kulit jeruk, cuci bersih jeruk yang masih utuh. Parutan kulit jeruk tersebut bisa dipakai untuk hiasan makanan maupun penyedap masakan.

Mengkilaukan Rambut
Rendam kulit jeruk ke dalam air semalam. Pagi harinya, gunakan air rendaman tersebut untuk membilas rambut. Dijamin rambut Anda akan mengkilap dan harum.

Scrub untuk Tubuh
Kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk scrubbing. Caranya, parut kulit jeruk lalu campurkan dengan ¾ cangkir gula dan 5 sdm minyak zaitun. Gunakan adonan tersebut untuk menggosok kulit Anda seminggu sekali.

Bumbu Salad
Rendam kulit jeruk ke dalam minyak zaitun dan diamkan selama beberapa hari. Gunakan air rendaman kulit jeruk tersebut untuk campuran pada salad untuk menambah rasa.

Campuran Teh
Jika Anda gemar minum teh, sesekali cobalah menambahkan kulit jeruk ke dalamnya. Caranya: tambahkan 2 sdm kulit jeruk yang sudah dicincang lembut ke dalam air rebusan teh. Selain menambah cita rasa teh, kulit jeruk juga kaya akan nutrisi.

Gula Merah
Gula merah biasanya cenderung menggumpal kalau disimpan terlalu lama. Untuk mengatasinya, cukup taruh kulit jeruk ke dalam wadah gula merah. Setelah beberapa minggu, ganti kulit jeruk dengan yang baru.

Pewangi Ruangan
Rebus beberapa kulit jeruk dalam air yang dicampur dengan rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis dan mint. Biarkan campuran tersebut mendidih. Setelah itu, gunakan cairan tersebut untuk parfum ruangan.

Menyingkirkan Bau Sampah
Sampah umumnya berbau busuk dan menyengat. Namun hal itu bisa diatasi dengan menaruh beberapa kulit jeruk di tempat sampah. Niscaya tempat sampah Anda tak bau lagi.

Membersihkan Noda
Keran air dan perlengkapan rumah lainnya biasanya lama kelamaan akan kotor dan bernoda. Namun kini Anda membersihkannya dengan sekejap hanya memakai kulit jeruk. Minyak alami yang terkandung pada kulit jeruk akan mengangkat noda dengan mudah.

Menghilangkan Bau Sepatu
Jika sepatu Anda berbau tidak sedap, cukup atasi dengan kulit jeruk. Letakkan kulit jeruk pada kain lap yang lembut lalu taruh ke dalam sepatu. Diamkan selama satu malam. Kulit jeruk berguna untuk menyerap bau busuk dan membuat sepatu Anda harum kembali.

Pembersih Alami
Taruh beberapa kulit jeruk dalam botol lalu tambahkan dengan cuka. Tutup tabung dan masukkan ke dalam lemari es selama beberapa minggu. Setelah itu, kocok dahulu kemudian saring cuka.

Tuangkan air tersebut ke dalam botol semprot dan gunakan untuk membersihkan perlengkapan rumah, seperti meja, kursi, dapur, dll. Tips ini akan membuat sekitar rumah Anda bersih dan harum alami khas jeruk.

Menyuburkan Tanaman
Jika Anda memiliki tanaman hias atau kebun, manfaatkan kulit jeruk sebagai pupuk kompos. Nutrisi yang terkandung kulit jeruk berguna untuk menyuburkan tanaman.

Mengusir Serangga

Hama seperti semut, nyamuk dan lalat tidak suka bau limonen, senyawa yang ditemukan pada buah jeruk dan lemon. Untuk mengusir serangga, letakkan beberapa kulit jeruk di tempat atau sarang serangga.

Nah, sekian manfaat kulit jeruk untuk berbagai kegunaan sehari-hari. Selain kulit jeruk, kulit buah apel juga memiliki segudang manfaat yang belum Anda sadari sebelumnya. Baca selengkapnya: Manfaat Ajaib Kulit Apel untuk Kesehatan. (mw/bs)

Informasi Kesehatan:

  • Manfaat kulit jeruk untuk tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *