Cara Mengobati Batuk Berdahak yang Menyerang Anak

by

Mengobati gangguan batu berdahak yang menyerang anak pastinya harus diketahui oleh Anda sebagai orang tua. Melihat anak Anda mengalami batuk saja mungkin Anda sudah pusing, apalagi jika anak Anda mengalami batuk berdahak, tentu saja Anda akan semakin pusing tujuh keliling. Keinginan untuk menyembuhkan penyakit batuk berdahak tersebut tentu sudah terbesit dalam pikiran Anda, Anda tak mungkin tahan melihat anak Anda menderita karena penyakit ini.

Mengobati Batuk Berdahak yang Menyerang Anak

Di mana penanganan yang salah itu menjadikan batuk berdahak tak kunjung sembuh juga. Belum lagi karena batuk ini disertai dahak, Anda juga akan menjadi semakin kewalahan, karena dahak harus dikeluarkan agar batuk yang diderita anak bisa sembuh dengan cepat. Mari baca selengkapnya.

Penyakit menular

Batuk, demam, dan juga pilek yang diderita oleh balita memiliki sebutan ISPA. ISPA ini umumnya terjadi pada balita, namun juga tak menutup kemungkinan terjadi juga ke anak sekolahan. Sekitar 82% radang tenggorokan yang menginfeksi anak-anak disebabkan oleh serangan virus. Karena hal tersebutlah, penyembuhannya tidak menggunakan antibiotika, karena antibiotika untuk bakteri.

Baca juga: Cara Sembuhkan Pilek Tanpa Obat

ISPA yang terjadi karena infeksi virus bisa menular. Penularan ini bisa terjadi karena percikan halus yang keluar dari tubuh sang anak yang terinfeksi, baik itu karena bersin, batuk, dan juga karena ingus. Itulah sebabnya jika seseorang terjangkit flu karena virus, sebaiknya penderita harus sering mencuci tangan dan menggunakan penutup mulut, itu bertujuan agar penyakitnya tidak menular ke orang lain.

Sementara itu, untuk anak yang memang memiliki antibodi lemah, akan dengan mudah terinfeksi oleh penyakit batuk berdahak ini. ISPA ini umumnya bisa berlangsung sampai dengan 73 jam, yang terlama bisa sampai jangka waktu sekitar 2 minggu. Tentunya cepat tidaknya anak-anak sembuh dari ISPA itu tergantung dari lingkungan sekitar juga. Apabila di lingkungan sekitar cukup banyak orang yang terinfeksi, maka bisa jadi walaupun sudah sembuh, anak Anda akan tertular kembali, ini bisa sangat mudah menular.

Tips mengobati penyakit batuk berdahak yang menginfeksi anak

Anda sudah pasti akan merasa kerepotan jika anak Anda sudah terserang penyakit batuk. Bilamana terserang batuk, tentu saja anak Anda akan mengalami kesulitan tidur, padahal mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Itu karena tenggorokan mereka yang terasa gatal, dan kemudian batuk. Biasanya batuk ini akan mengakibatkan mereka jadi tak bisa mengantuk. Hingga akhirnya sudah pagi dan mereka harus sekolah.

Apalagi jika anak Anda masih bayi, mereka malah akan menangis, Anda pun akan ikut terbangun dan harus menemani mereka hingga mereka benar-benar tidur lelap. Ini bukan sekali saja, melainkan setiap hari setiap malamnya, hingga batuk yang anak Anda derita sudah sembuh.

Batuk berdahak ini memang cukup mengganggu. Anak Anda akan merasa benar-benar tak nyaman, apalagi dengan adanya lendir pada tenggorokan. Batuk kering saja sudah terasa tak enak, apalagi batuk berlendir karena virus ini. Anda pun akan mengalami resiko tertular yang sangat tinggi, karena Anda sebagai orang tua yang akan sering berada di sekitar anak Anda. Dan seperti sudah disebutkan sebelumnya, karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka sangat mudah sekali menular ke orang lain.

Jika memang anak Anda masih balita, dan Anda tidak sempat ke dokter karena sudah malam atau karena hari Sabtu. Di mana dokter libur pada hari Sabtu, maka Anda dapat mencoba menggunakan campuran madu murni dengan jeruk nipis, berikan campuran tersebut kepada anak Anda. Paling tidak itu akan meringankan batuk berdahak mereka. Sekian artikel tentang mengobati batuk berdahak yang menyerang anak, semoga bermanfaat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *