Top! 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

by
Top! 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Jambu biji memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mungkin banyak orang sudah tahu apa saja kegunaan buah ini. Namun, tahukah Anda bahwa daun jambu biji ternyata jauh lebih menyehatkan untuk dikonsumsi dibandingkan dengan buahnya sendiri.

Daun jambu biji mempunyai berbagai kegunaan dan berkhasiat mengobati berbagia jenis penyakit, seperti diare akut ketika obat biasa tidak manjur. Ketika dicampur dengan teh, daun jambu biji bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah diabetes.

Daun jambu biji juga mengandung banyak zat sehat yang dibutuhkan tubuh, meliputi antioksidan seperti vitamin C. Selain itu, daun jambu biji kaya akan flavonoid seperti quercetin, yaitu flavonol yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, minum secangkir teh daun jambu biji akan membantu dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda, terutama untuk orang berusia lanjut.

Cara Membuat Teh Daun Jambu Biji

Rendam segenggam daun jambu biji dalam air panas selama 15 menit. Saring airnya dan buang sisa daunnya. Kemudian, rebus ekstrak daun jambu biji tersebut bersama dengan teh. Anda dapat menambahkan gula atau madu agar terasa lebih nikmat. Tapi, jangan tambahkan susu. Minumlah ramuan tersebut secara teratur dan rasakan manfaat sehat berikut ini:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan
Salah satu manfaat utama daun jambu biji untuk kesehatan yaitu membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Ketika Anda mengonsumsi jus yang terbuat dari daun jambu biji, efeknya dapat mencegah pati kompleks diubah menjadi gula.

2. Menurunkan Kolesterol
Jus jambu biji baik untuk kesehatan hati. Jus ini bila dikonsumsi membantu dalam menurunkan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol baik dalam tubuh.

Baca juga: 8 Manfaat Super Buah Pare untuk Kesehatan

3. Mencegah Diabetes
Jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga Anda, maka cara termudah untuk mencegahnya adalah dengan minum teh jambu secara teratur. Teh ini secara efektif dapat menurunkan kadar glukosa dalam tubuh Anda dengan mengurangi aktivitas enzim alpha-glucosidease. Imbasnya, kadar gula dalam darah akan turun tanpa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

4. Mengurangi Masalah Diare
Manfaat daun biji lainnya yaitu membantu dalam mengurangi masalah diare atau jenis sakit perut lainnya. Tambahkan daun dan akar jambu biji dalam secangkir air, lalu rebus sampai mendidih. Saring airnya, kemudian minum saat perut kosong.

Simak juga: Berbagai Kegunaan Kulit Jeruk yang Perlu Anda Ketahui 

5. Memperbaiki Pencernaan
Teh yang terbuat dari daun jambu biji juga berguna untuk menyehatkan pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Bila Anda mengkonsumsi daun jambu biji, baik dalam bentuk jus maupun teh, cara ini juga berkhasiat dalam mencegah keracunan makanan.

6. Mengatasi Masalah Mulut
Cobalah untuk mengobati masalah mulut seperti sakit gigi, sakit tenggorokan dan gusi bengkak dengan teh daun jambu biji. Cara lainnya yakni dengan menggiling daun menjadi pasta. Lalu tempelkan pada gusi dan gigi yang bermasalah.

Baca juga: 10 Manfaat Top Kulit Pisang untuk Kecantikan

7. Mengobati Demam Berdarah
Manfaat kesehatan yang paling penting dari daun jambu biji yaitu mengobati penyakit demam berdarah. Jus daun jambu biji membantu dalam mengurangi demam dan membunuh segala jenis kuman dalam tubuh.

8. Mencegah Kanker Prostat
Mengkonsumsi jus daun jambu biji secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Inilah resep herbal terbaik untuk mengobati jenis kanker pada pria.

9. Meningkatkan Produksi Sperma
Mengkonsumsi daun jambu biji teh setiap hari dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria. Pada gilirannya, cara ini dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

10. Mengobati Alergi
Manfaat kesehatan lain dari daun jambu biji adalah membantu dalam mengobati segala jenis alergi. Senyawa yang hadir dalam daun jambu biji mencegah pelepasan histamin yang merupakan penyebab utama alergi.

Itu tadi 10 manfaat daun jambu biji untuk kesehatan. Jangan pernah ragukan khasiat tanaman yang tumbuh di sekitar Anda, karena hanya dengan mengkonsumsinya, Anda akan terhindar dari serangan penyakit berbahaya. (bs/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *