10 Cara Mengatasi Perut Buncit dengan Makanan

by
10 Cara Mengatasi Perut Buncit dengan Makanan

Memiliki perut buncit seringkali memang mengganggu penampilan. Apalagi jika pakaian yang Anda gunakan ketat. Hal ini tentu akan sangat mencolok dan tidak enak dipandang.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab mengapa perut membuncit, salah satunya adalah adanya gas di perut. Kembung dan akumulasi gas membuat perut Anda tampak buncit dari biasanya.

Gas terakumulasi dalam perut tidak hanya menyebabkan perut menonjol keluar tetapi juga menyebabkan perasaan tidak nyaman atau begah. Terkadang, perut buncit bukan disebabkan oleh lemak yang berlebihan tetapi karena timbunan gas.
Jika masalahnya demikian, Anda dapat dengan mudah membuat perut rata hanya dalam hitungan beberapa hari. Caranya yaitu dengan menerapkan pola makan sehat berikut ini. Ada beberapa makanan yang bisa membuat perut Anda rata kembali karena makanan ini berguna untuk membuang gas dan mengobati kembung. Berikut 10 makanan alami untuk mengempeskan perut buncit.

10 Cara Mengatasi Perut Buncit dengan Makanan

Pepaya
Pepaya mengandung enzim yang disebut papain. Enzim ini dapat membantu dalam pencernaan protein. Jika pencernaan berlangsung dengan baik maka tidak akan ada gas yang tersimpan dalam perut. Pilihlah pepaya muda karena kandungan papain-nya sangat banyak. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk mengatasi perut buncit secara efektif.

Nanas
Nanas kaya enzim yang dikenal sebagai bromelain yang membantu proses pencernaan sehingga mencegah akumulasi gas dalam perut. Dengan kata lain, nanas sangat bagus untuk membantu dalam mengatasi perut buncit yang dikarenakan gas.

Alpukat
Alpukat mengandung enzim pencernaan yang disebut lipase. Enzim ini memecah lemak dan membantu untuk memindahkan makanan dari lambung ke usus sehingga mencegah akumulasi gas dalam perut Anda. Nanas juga kaya kalium yang berguna untuk menghilangkan cairan yang tertahan di perut Anda.

Jahe
Jahe bertindak sebagai karminatif yang berguna untuk menghilangkan gas dari perut. Jahe juga bermanfaat meredakan sakit perut dan rasa tidak nyaman karena kembung. Minum wedang jahe setiap hari akan membantu untuk membuat perut Anda rata.
Yogurt
Yogurt kaya bakteri baik (probiotik) yang membantu dalam proses pencernaan dan juga membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral. Menurut penelitian, yogurt juga berkhasiat untuk mengurangi gas dan mengatasi kembung hingga 80 persen.

Pisang
Pisang kaya akan potasium yang membantu dalam mengurangi kembung. Buah ini juga mampu melancarkan aliran cairan dalam pencernaan yang biasanya menjadi penyebab perut buncit. Jadi selalu konsumsi pisang masak untuk menghilangkan perut buncit.

Jus Lemon
Jus lemon baik unuk pencernaan, menyembuhkan sembelit dan juga menghilangkan kelebihan air yang tertahan di perut Anda. Minumlah jus lemon satu jam sebelum sarapan untuk mengurangi perut buncit dan kembung.

Semangka
Semangka bekerja untuk meningkatkan frekuensi dan volume urin. Ketika Anda sering buang air kecil, semua air dan garam yang menyebabkan perut buncit dikeluarkan dari tubuh. Jadi, konsumsilah semangka untuk mengatasi perut buncit Anda.

Asparagus
Makanan alami lain yang dapat dimanfaatkan untuk meratakan perut Anda adalah asparagus. Tanaman ini juga baik untuk pencernaan dan menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh Anda. Asparagus juga mengandung probiotik yang mencegah kembung dan dengan demikian membuat perut Anda rata kembali . Sertakan asparagus dalam diet Anda untuk mengatasi perut buncit.

Teh Herbal
Anda dapat mengkonsumsi teh herbal, seperti teh hijau atau teh peppermint yang mampu meredakan perut kembung dan menyehatkan pencernaan. Oleh karena itu, minumlah teh herbal setelah makan. Minum teh herbal merupakan salah satu teh terbaik untuk meratakan perut Anda dengan cepat.
Demikian 10 cara efektif untuk mengatasi perut buncit karena gas dan kembung. Selain mengusir gas dalam perut, makanan-makanan tersebut juga ampuh untuk mengobati masalah kesehatan lainnya. Jadi, Anda akan mendapatkan manfaat berlipat. (bs/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *