12 Cara Mudah Mencegah Diabetes

by
12 Cara Mudah Mencegah Diabetes

12 Cara Mudah Mencegah Diabetes | Dengan gaya hidup yang serba sibuk, banyak orang yang tak sadar bahwa ada beberapa penyakit yang secara diam-diam mengintai kesehatan mereka. Diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung adalah sejumlah penyakit yang muncul karena pola hidup yang tidak seimbang.

Diabetes adalah salah satu penyakit kritis yang dapat menimbulkan masalah kesehatan tingkat lanjut seperti penyakit kardiovaskular. Bahkan, para ahli kesehatan mengatakan bahwa prosentase orang yang berisiko terkena diabetes semakin meningkat di zaman modern seperti saat ini. Oleh karena itu, ada beberapa kebiasaan dan gaya hidup penyebab diabetes yang harus dihindari.

Pada dasarnya, ketika tubuh Anda tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk mengontrol kadar gula darah, itu artinya Anda terkena diabetes. Gejala umum diabetes yaitu kadar gula darah tinggi dan sering buang air kecil.

Diabetes terbagi menjadi dua jenis: tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1, tubuh berhenti memproduksi insulin secara total. Sedangkan diabetes tipe 2 tubuh masih bisa memproduksi insulin namun dalam jumlah yang tidak memadai.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Diabetes Tipe 2

Mengapa orang yang terkena penyakit diabetes? Selain karena kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari, diabetes juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jika keluarga Anda ada yang mengidap diabetes, Anda juga memiliki risiko untuk terkena diabetes pula.

Selain faktor keturunan, diabetes juga dapat dipicu oleh gaya hidup buruk, seperti merokok, mengkonsumsi minuman berakohol, kurang berolahraga, dan lain sebagainya. Maka dari itu, satu-satunya cara paling ampuh untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut beberapa tips sederhana untuk menghindari penyakit diabetes.

12 Tips Mencegah Diabetes dengan Gaya Hidup Sehat

1. Membatasi asupan karbohidrat
Salah satu cara yang tepat untuk menghindari penyakit diabetes adalah dengan membatasi jumlah asupan karbohidrat. Karbohidrat memang menjadi sumber energi yang tinggi, namun Anda juga dapat memilih sumber alternative lainnya seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dll dengan jumlah yang tepat. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengkonsumsi kentang saat makan malam, maka cobalah untuk menghindari nasi.

2. Menjaga berat badan
Tips lainnya agar tidak terkena diabetes adalah dengan menjaga berat badan. Tahukah Anda bahwa obesitas adalah penyebab utama mengapa seseorang terjangkit penyakit diabetes. Jika Anda berhasil menjaga berat badan tetap ideal, risiko Anda terkena diabetes juga akan menurun.

3. Olahraga rutin
Lalu bagaimana cara untuk menurunkan berat badan? Sangat simpel, yaitu dengan berolahraga secara teratur. Jika Anda berolahraga secara teratur maka berat badan Anda akan terjaga dan produksi insulin dalam tubuh Anda akan mencukupi. Selain itu, olahraga juga akan menjaga tekanan darah Anda tetap normal.

Simak juga: 9 Cara Cepat Membakar Kalori dengan Olahraga

4. Tidur cukup
Selain mencegah penuaan dini, tidur cukup juga mampu mencegah diabetes. Para ahli kesehatan menyarankan tidur selama tujuh sampai delapan jam setiap hari sudah cukup untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

5. Kurangi stres
Jika Anda terbiasa mengalami stres, mungkin akan terasa sulit bagi Anda untuk menghindarinya. Ketika Anda mengalami stres tinggi, jantung Anda berdetak lebih cepat dan hormon stres mulai mengalir yang dapat menghambat produksi dan aktivitas insulin. Jadi, cobalah untuk mengendalikan kadar stres Anda dengan melakukan yoga, meditasi atau sekadar jalan-jalan.

6. Hindari merokok
Sudah menjadi rahasia umum jika merokok merupakan biang keladi dari berbagai penyakit, termasuk diabetes. Jika Anda seorang perokok, cobalah untuk berhenti demi menghindari komplikasi penyakit yang kelak ditimbulkan seperti diabetes.

Baca juga: 10 Manfaat Sehat Berhenti Merokok

7. Kurangi asupan garam
Hambar. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan makanan tanpa bumbu garam. Namun Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi garam. Garam mampu meningkatkan tekanan darah Anda sehingga dapat menghasilkan peningkatan gula darah Anda.

8. Hindari konsumsi alkohol
Sangat disarankan bagi Anda untuk menghindari alkohol. Pasalnya, alkohol memiliki kalori yang dapat memicu penambahan berat badan. Selain itu, alkohol juga tidak baik untuk kesehatan otak Anda.

9. Periksa luka
Pasien diabetes memiliki risiko terkena infeksi dan sangat sulit disembuhkan jika terluka. Oleh karenanya, luka kecil saja bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Jangan pernah mengabaikan luka yang tidak kunjung sembuh.

10. Hati-hati dalam memilih makanan
Menghindari karbohidrat bukan satu-satunya solusi untuk mempertahankan tingkat gula darah Anda. Anda juga harus cerdas dalam memilih makanan. Pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan hindari makanan olahan (junkfood) yang penuh lemak jenuh.

11. Kontrol gula darah
Anda juga perlu untuk memonitor kadar gula darah Anda secara teratur untuk mencegah komplikasi yang ditimbulkan akibat diabetes. Selain itu, periksakan kondisi kesehatan Anda secara teratur.

12. Berkonsultasi dengan dokter
Meski Anda tidak sedang sakit, melakukan medical check-up secara rutin juga dibutuhkan. Hal ini berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tak kasat mata, seperti diabetes. Lakukan cek kesehatan setidaknya dua kali dalam setahun.

Itu tadi beberapa tips sederhana untuk menghindari penyakit diabetes. Selagi belum terlambat dan masih muda, terapkan kebiasaan dan gaya hidup sehat agar terhindar berbagai serangan penyakit, seperti diabetes ketika Anda sudah lanjut usia. (bs/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *