5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

by
5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut | Mulut yang berbau tak sedap biasanya disebabkan oleh peningkatan jumlah bakteri dalam mulut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan mulut setelah mengkonsumsi makanan.

Imbasnya, orang lain akan merasa terganggu dengan bau mulut yang keluar dari mulut kita. Sedangkan untuk diri Anda sendiri, Anda akan merasa kurang nyaman berbicara dengan orang lain.

Selain karena faktor kebersihan mulut, bau tak sedap juga dapat dikarenakan adanya reaksi dari lambung yang mengolah makanan dan hawanya naik ke atas sehingga mulut akan mengeluarkan sejumlah bau tak sedap akibat proses tersebut. Reaksi tersebut merupakan bau yang alamiah seperti layaknya bau gas.

Namun jika mulut tidak terjaga dengan bersih, akan semakin menambah rasa kurang nyaman saat Anda berkomunikasi dengan lawan bicara. Untuk itu diperlukan cara menghilangkan bau mulut yang benar agar minimal kesehatan mulut dapat terjaga dan Anda bisa nyaman berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang Anda cintai.

Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut

Bagi mereka yang sudah menerapkan pola pembersihan mulut namun tetap berefek sama, berikut adalah cara menghilangkan bau mulut yang benar.

1. Menyikat gigi secara perlahan dan menyeluruh
Banyak yang berpendapat bahwa menyikat gigi dapat mengurangi atau menghilangkan bau mulut. Hal ini memang benar adanya. Cara menghilangkan bau mulut dengan metode menyikat memang menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat. Selain untuk menghilangkan bau akibat sisa makanan yang masih menempel, menyikat juga mampu memutihkan gigi.

Baca juga: Warna Lidah dan Artinya Terhadap Kondisi Kesehatan

Namun dalam prakteknya banyak orang yang salah dan tergesa-gesa sehingga bukan mulut segar yang didapat, namun justru sebaliknya. Cara yang seharusnya adalah dengan menggosok gigi secara perlahan dan menyeluruh mulai dari bagian luar di sisi kanan ke kiri. Begitu pun untuk bagian dalamnya dan usahakan untuk melakukan penyikatan secara melingkar di daerah gigi.

2. Minum air putih hilangkan bau mulut
Banyak orang yang malas untuk meminum air putih karena takut akan sirkulasi kantung kemih berlebih yang mengharuskannya untuk sering pergi ke toilet. Padahal kegunaan air putih untuk kesehatan sangatlah banyak. Ginjal memerlukan bantuan dari air putih untuk bisa melakukan filter darah yang mengandung sejumlah zat yang sangat berat jika harus ditangani oleh ginjal sendiri. Oleh karena itu, ada banyak kasus ginjal bermasalah karena kurangnya konsumsi air putih.

Nah, untuk mencegah bau mulut karena hal tersebut, rajin-rajinlah mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya. Bau mulut yang berasal dari lambung mampu ditepis hanya dengan minum cukup air putih. Begitu pula dengan sisa makanan yang masih menempel, mampu dilepaskan oleh air putih tersebut sehingga mulut dan organ pencernaan menjadi sehat.

3. Alkohol dan rokok jadi penyebab bau mulut
Coba perhatikan mulut dan bau yang ditimbulkan oleh mereka yang senang merokok ataupun meminum alkohol, tentu akan jauh berbeda dengan mereka yang melakukan pola hidup sehat. Orang yang memiliki kebiasaan merokok ataupun meminum alkohol, akan memiliki bibir yang hitam dan gigi yang kuning serta mengeluarkan aroma kurang sedap dari mulutnya.

Maka dari itu, cara terbaik menghilangkan bau mulut karena mengkonsumsi alkohol dan merokok adalah dengan menghindari jauh-jauh kedua kebiasaan tersebut. Alhasil, mulut pun bersih dan bebas bau tak sedap.

4. Konsumsi buah sebagai penghilang bau mulut
Rasanya yang segar dan memiliki kandungan zat manis yang alami, buah-buahan ternyata bisa menjadi cara menghilangkan bau mulut yang efektif. Selain bermanfaat karena nutrisinya yang tinggi, buah-buahan memang bisa dijadikan sebagai ‘pembersih’ mulut yang efektif.

Beberapa buah yang disarankan adalah apel, pir dan strawberry. Buah tersebut juga bisa membantu memutihkan gigi sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat berlipat sekaligus hanya dengan mengkonsumsi buah-buahan.

5. Hindari obat kumur kimia penghilang bau mulut
Banyak yang menyangka bahwa berkumur dengan obat kumur akan menghilangkan bau mulut dalam sekejap. Hal ini justru kurang disarankan. Selain dapat mengikis gigi, berkumur dengan menggunakan obat kumur kimia dapat melukai gusi yang pada akhirnya darah dari gusi tersebut akan menjadi penyebab bau mulut.

Menghilangkan bau mulut yang benar adalah dengan berkumur menggunakan daun sirih yang terbukti mampu menghilangkan bakteri jahat dalam mulut. Daun sirih juga dipercaya untuk obat anti bakteri lain seperti kebersihan daerah organ intim ataupun menjernihkan mata.

Sekian 5 cara efektif menghilangkan bau mulut secara alami. Menjaga kebersihan gigi dan mulut mutlak diperlukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang mulut. Selain itu, dengan menjaga kebersihan mulut, Anda tidak akan khawatir lagi masalah bau tak sedap yang bisa menurunkan kepercayaan diri Anda. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *