6 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

by
6 Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bau badan yang harum dan terbebas dari bau tak sedap? Bagi Anda yang punya masalah bau badan, hal ini terntu menjadi persoalan tersendiri dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Namun, sebenarnya, dari manakah bau badan tersebut berasal? Nah untuk menjawabnya, mari kita simak perjelasan perikut ini tentang asal mula bau badan dan bagaimana cara menghilangkannya.

Asal Mula Bau Badan

Bau badan merupakan efek yang timbul dari perpaduan keringat dengan bakteri yang terdapat pada kulit. Keringat itu sendiri terdiri dari dua jenis yang bernama accrine dan apocrine. Accrine merupakan sejenis keringat yang muncul di daerah telapak tangan, dahi dan punggung. Keringat tersebut sudah ada sejak manusia dilahirkan. Bahkan sering kita lihat banyak bayi yang basah tangannya akibat proses pengeluaran keringat tersebut. Kendati demikian, keringat accrine bukanlah keringat yang berbau sehingga bukan menjadi sumber utama dari bau badan.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Mengusir Bau Mulut

Sedangkan keringat apocrine adalah keringat yang muncul di daerah sekitar tempat tumbuhnya bulu. Perkembangan jumlah keringat akan bertambah seiring dengan munculnya masa puberitas. Keringat apocrine inilah yang menjadi cikal bakal dari penyebab bau badan karena sifatnya yang berpadu dengan bakteri sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, deiperlukan cara yang tepat untuk menghilangkan bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Menghilangkan bau badan dengan merubah gaya hidup
Banyak dari remaja ataupun masyarakat yang kurang paham dengan gaya hidup yang benar agar terhindar dari bau badan. Hal berikut ini wajib dilakukan jika ingin bau badan yang kurang sedap hilang seketika.

  • Mengganti pakaian secara berkala

Cara menghilangkan bau badan yang pertama adalah dengan mengganti baju atau pakaian yang menjadi keseharian. Meski pakaian tersebut adalah sebuah pakaian yang favorit, namun akan lebih baik jika menggantinya secara rutin agar terhindar dari bahaya bau badan.

Sifat remaja yang energik akan berpengaruh dengan jumlah baju yang harus diganti. Oleh sebab itu, siapkan baju yang bersifat mampu menyerap keringat agar keringat tidak langsung mengucur dan menambah rasa kurang percaya diri.

  • Mandi minimal 2 kali sehari

Mandi merupakan fitrah manusia yang harus selalu dilakukan. Cara menghilangkan bau badan ini terbukti efektif karena langsung mengikis keringat dan bakteri penyebab bau badan. Bahkan dengan melakukan mandi secara rutin, akan menyehatkan kulit dan menyegarkan badan.

  • Olahraga secara rutin

Olahraga memang menjadi hal yang bisa memicu tubuh menjadi berkeringat. Namun hal tersebut sangatlah baik dan sesuai dengan tempatnya. Dengan melakukan olahraga secara rutin, tubuh akan semakin terbiasa dengan aktivitas yang padat dan mengharuskan gerak tubuh yang berkelanjutan sehingga tidak mudah mengeluarkan keringat. Hal inilah yang menjadi tujuan dari olahraga sebagai cara untuk menghilangkan bau badan.

Simak juga: 9 Cara Cepat Membakar Kalori dengan Olahraga

  • Bangun kepercayaan diri

Puberitas kadang sebanding dengan rasa percaya diri. Orang yang kurang percaya diri atau gugup biasanya akan mengeluarkan keringat lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mampu menunjukkan rasa percaya dirinya. Dengan terus mengasah rasa percaya diri, otomatis keringat yang seharusnya tidak perlu muncul, minimal dapat dikurangi.

2. Menghilangkan bau badan dengan menggunakan herbal
Nah jika hal tersebut masih perlu dilakukan tambahan pengobatan dari luar, maka berikut ini bahan herbal yang mesti diperoleh beserta caranya.

  • Daun sirih penghilang bau badan

Daun sirih memang sudah terbukti memiliki manfaat untuk menghilangkan bakteri yang muncul di dalam atau luar tubuh. Caranya bisa diminum ataupun dibuat menjadi ramuan untuk mandi.

Untuk penggunaan daun sirih yang diminum, maka Anda perlu menyiapkan sejumlah daun sirih yang bersih dan direbus dengan air secukupnya. Minum rebusan tersebut secara rutin.

Sedangkan untuk penggunaan daun sirih sebagai ramuan air mandi, maka Anda cukup menyediakan sekitar 30 lembar daun sirih yang direbus dengan 1 liter air. Setelah sari daun sirih terurai, maka air rebusan tadi dicampurkan dengan air dingin sehingga suhunya menjadi hangat. Mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut dan lakukan terus untuk hasil optimal.

  • Daun kemangi harumkan tubuh

Baunya yang khas ternyata memiliki khasiat yang sangat manjur untuk megatasi bau badan. Daun kemangi memang sudah banyak digunakan untuk lalapan bagi masyarakat Jawa Barat. Kandungan enzimnya yang sangat baik bagi tubuh, bisa menjadi cara menghilangkan bau badan yang efektif sekaligus menyehatkan.

Dengan mempraktekkan cara diatas, niscaya bau badan tak sedap akan hilang dan Anda bisa kembali menjalani aktivitas sehari-hari tanpa perlu mencemaskan penampilan diri. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *