Ampuh! 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

by
5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Pernahkah Anda mengalami insiden atau kecelakaan di masa lalu, seperti jatuh dari kendaraan? Atau tersengat knalpot panas? Selain trauma psikis, hal yang sulit untuk dihilangkan adalah bekas luka.

Bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan diri, bekas luka tentu akan menyebabkan kurang percaya diri. Apalagi, jika bekas luka tersebut berada di daerah yang mudah terlihat.

Tahukah Anda bahwa kini sejumlah produk atau cara berteknologi tinggi mampu menghilangkan bekas luka dalam waktu yang cepat. Namun, hal ini tentu sebanding dengan harga yang dibanderol untuk jasa atau produk tersebut. Bahkan bisa dikatakan cara menghilangkan bekas luka dengan metode teknologi seringkali harus dibayar dengan harga ratusan juta.

Berbagai cara seperti penyinaran laser hingga operasi plastik akan menghasilkan kulit yang mulus dalam sekejap. Kendati demikian, Anda juga harus berani menanggung risiko dan konsekuensinya. Oleh karena itu, lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum melakukan prosedurnya.

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Permanen

Nah, selain cara di atas yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Anda juga bisa mencoba cara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal yang mudah ditemukan di sekita Anda. Jangan pernah meremehkan cara-cara tradisional ini, pasalnya, ada banyak orang yang telah membuktikannya dan resep berikut ini berhasil menghilangkan bekas luka secara efektif.

Bahkan beberapa ilmuwan atau peneliti telah menyampaikan bahwa obat tradisional berefek baik untuk menghilangkan bekas luka. Berikut ini cara untuk menghilangkan bekas luka dengan menggunakan cara tradisional namun terbukti khasiatnya.

5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

1. Khasiat Madu Hilangkan Bekas Luka
James F Balch dan Phyllis A. Balch dalam karyanya Prescription for Nutritional Healing mengungkapkan bahwa manfaat madu mampu untuk menghilangkan bekas luka. Cairan yang memiliki kekentalan dan memiliki rasa manis tersebut bisa merangsang regenerasi kulit sehingga kulit yang tadinya mati dapat tumbuh kembali.

Untuk menghilangkan bekas luka, caranya sangat mudah. Cukup oelskan madu murni di kulit Anda secara secara rutin dan bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari. Biarkan selama lebih kurang 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air yang hangat.

Simak juga: Perawatan Kulit dan Wajah dengan Bahan Dasar Madu

2. Manfaat Mentimun untuk Menghilangkan Bekas Luka
Joel Schlessinger yang merupakan ahli kulit dari Omaha Nebraska, memberi pernyataan bahwa kandungan silica yang dimiliki mentimun mampu meningkatkan produsi kolagen dan mencegah terjadinya keriput. Buah dengan nama latin Cucumis Sativus ini memiliki kandungan vitamin C dan potassium yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas sekaligus membantu kulit menjadi segar.

Cara yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat buah mentimun tersebut adalah dengan mencucinya hingga bersih dan menghancurkannya dengan tumbukan atau blender. Selanjutnya mengoleskan atau membalurkan ramuan mentimun tersebut pada bagian kulit yang luka dan biarkan hingga semalaman. Lakukan secara rutin, niscaya bekas luka akan tersamarkan dan bahkan hilang.

3. Kegunaan Teh Hijau untuk Antioksidan
Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau? Hampir sebagian masyarakat Indonesia sangat menyukai jenis teh tersebut. Tak hanya menyehatkan tubuh, namun kandungan antioksidan yang dimilikinya memiliki kekuatan 200 kali lebih besar dibandingkan vitamin E yang salah satu kegunaannya untuk menghilangkan bekas luka.

Cara penggunaan teh hijau bisa dikonsumsi secara langsung menjadi minuman dan bisa juga dengan menjadikannya sebagai toner. Caranya dengan mengoleskan tisu atau kapas ke dalam cairan teh hijau yang baru diseduh. Diamkan pada bekas luka tersebut. Praktekkan resep ini secara rutin.

4. Lidah Buaya Mampu Hilangkan Bekas Luka
Meski khasiat lidah buaya lebih terkenal untuk kesehatan rambut, namun kandungan yang dimiliki lidah buaya yaitu Lignin dan asam amino mampu melembabkan kulit sekaligus meregenerasi kulit yang telah mengalami luka. Selain itu, peradangan pada kulit bisa juga diobati dengan tanaman ini.

Cara menghilangkan bekas luka dengan tanaman ini yaitu dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada bagian kulit yang terdapat bekas luka. Sebaikya hati-hati akan getahnya karena bisa mengakibatkan kulit menjadi gatal.

Baca juga: 16 Makanan yang Dapat Digunakan Sebagai Masker

5. Memudarkan Bekas Luka dengan Lemon
Lemon merupakan agen pemutih alami yang paling efektif dan kerap digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Selain itu, buah ini juga berguna untuk mengurangi tanda bekas luka. Menggunakan lemon merupakan cara alami dan efisien untuk memudarkan tanda bekas luka.

Lemon juga membantu untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Untuk menggunakan lemon untuk mengurangi bekas luka, pakailah bola kapas dan celupkan dalam air lemon. Gosok kapas sekitar area bekas luka.

Ulangi cara ini setiap hari selama beberapa minggu. Anda akan melihat perbedaannya pada bekas luka. Selain lemon, kentang dan tomat juga memiliki sifat sebagai agen pemutih alami yang baik untuk mengurangi bekas luka.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan serta pengalaman dari masyarakat, kini Anda tak perlu meragukan cara menghilangkan bekas luka di atas. Selain ampuh dan terbukti tanpa efek samping, resep tersebut sangat terjangkau. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *