Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Buah-Buahan

by
Cara Ampuh Mengatasi Jerawat dengan Buah-Buahan

Mengatasi jerawat memang terbilang sulit karena masalah kulit ini dipengaruhi beragam faktor, baik dari dalam maupun luar tubuh. Namun, Anda tak perlu berputus asa karena alam semesta telah menciptakan solusi yang alami agar Anda bisa terhindar dari masalah di wajah tersebut.

Meski kini banyak bertebaran produk kecantikan yang mampu menghilangkan jerawat dengan sekejap dan menjanjikan kulit Anda kembali mulus seperti semula, namun kehadiran produk tersebut tidak bisa langsung optimal dan sealami dari bahan yang telah diberikan oleh alam untuk cara mengatasi jerawat.

Sebelum mengetahui cara mengatasi jerawat, ada baiknya jika kita mengetahui dahulu faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab Jerawat pada Kulit Wajah dan Bagian Tubuh Lainnya

Seseorang yang memiliki masalah jerawat seringkali lupa bahwa tak hanya pengobatan yang perlu dilakukan, namun hal yang tak kalah penting yaitu mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab jerawat. Beberapa faktor penyebab jerawat berikut ini sebaiknya Anda ketahui agar upaya untuk mengatasi jerawat dapat maksimal.

Baca juga: Tips Ampuh untuk Mengatasi Jerawat di Badan

1. Penyebab secara hormonal kulit
Hormon seseorang yang berkaitan langsung dengan kulit, sebenarnya sudah menjadi fitrah yang tidak bisa dirubah. Namun ada bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi atau meningkatkan kadarnya.

Hormon yang memicu peningkatan jumlah kadar minyak dalam wajah atau kulit seseorang menjadi penyebab berkembangnya jerawat yang muncul secara tiba-tiba. Sangat berbeda halnya dengan mereka yang memiliki kadar minyak yang sedikit pada wajahnya sehingga jerawat hanya muncul sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

2. Penyebab secara psikologis
Salah satu faktor yang menyebabkan jerawat menjadi timbul adalah pikiran yang kalut atau stress. Stress memang menjadi hal yang bisa datang begitu saja. Akan tetapi dengan pola pikir yang bersikap jernih dan tenang, hal tersebut bisa diminimalisir.

3. Penyebab lingkungan
Meski kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mencari cara untuk mengatasi jerawat, namun jika lingkungan tidak mendukung seperti adanya polusi udara ataupun tempat kerja yang mudah memicu jerawat maka hasilnya akan kurang maksimal. Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari lingkungan buruk atau bisa juga dengan menggunakan masker.

4. Penyebab pola hidup yang salah
Salah satu hal yang sering disepelekan dan malas untuk dikerjakan adalah kebiasaan untuk hidup bersih. Benda-benda yang sering kontak langsung dengan kulit seperti bantal yang kotor dan jarang dicuci, akan memicu terjadinya jerawat.

Selain itu, pola hidup seperti sering bedagang juga mampu memicu munculnya minyak berlebih serta kelelahan kulit dalam mempertahankan kelembaban sehingga tidak sedikit jerawat muncul akibat pola hidup seperti ini. Dan yang terakhir adalah pola makan yang seenaknya. Jika Anda ingin mengatasi jerawat dengan cepat, cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung minyak seperti gorengan ataupun makanan yang berpotensi memicu jerawat lainnya.

Simak juga: Mitos-Mitos Menyesatkan Seputar Jerawat

Cara Mengatasi Jerawat dengan Buah-buahan

Buah-buahan ternyata selain sehat untuk tubuh dan memberi asupan vitamin yang alami guna memelihara organ tubuh, buah-buahan juga mampu mengurangi hormon minyak yang melanda sebagian besar kaum remaja yang mengalami puberitas. Adapun cara penggunaan buah-buahan tersebut bisa dilakukan dari dalam maupun dari luar.

1. Cara mengatasi jerawat dari dalam

  • Mengkonsumsinya secara langsung

Secara umum, buah-buahan bisa langsung dikonsumsi sebagai santapan setelah makan ataupun konsumsi di waktu senggang. Contohnya seperti mengkonsumsi buah jeruk dan apel yang merupakan buah dengan vitamin C.

Jenis buah-buahan ini sangat baik untuk menjaga kulit dan membantu pembuangan lemak atau minyak yang berada di saluran pencernaan. Dengan demikian minyak tersebut tidak menuju kulit yang memperparah adanya jerawat.

  • Mengolahnya sebagai jus

Beberapa buah yang bisa dijus selain buah jeruk adalah buah lemon. Kandungan asamnya yang sangat pekat bisa diatasi dengan pemberian sedikit gula. Kandungan asam dalam buah ini mampu memecah minyak dalam tubuh sehingga bisa cepat keluar melalui sistem pembuangan. Tak hanya itu saja, buah lemon juga berperan sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang sangat banyak dan mampu merawat kondisi kulit yang rusak.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Permanen

2. Cara mengatasi jerawat dari luar
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yaitu dengan melakukan maskeran ataupun hanya digosokkan dengan menggunakan beberapa jenis buah-buahan, diantaranya:

  • Jeruk nipis atasi jerawat sejak dini

Kandungan jeruk nipis mampu menghilangkan sekaligus membunuh kuman yang memicu terjadinya jerawat. Langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian. Selanjutnya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih dan gosokkan jeruk tersebut secara perlahan pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan sesaat dan bersihkan dengan menggunakan air yang bersih pula. Teruskan kebiasaan tersebut secara rutin.

  • Menggunakan kentang sebagai olesan wajah

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa melakukan pengolesan dengan menggunakan kentang yang telah dibelah. Tempelkan pada bagian kulit yang berjerawat dan biarkan beberapa menit.

  • Buah belimbing wuluh hilangkan jerawat

Hal yang terakhir adalah dengan menghancurkan atau memblender belimbing wuluh dan dijadikan sebagai bahan untuk masker. Tempelkan masker tersebut sebelum tidur dan keesokan paginya bersihkan dengan air yang bersih.

Cara mengatasi jerawat diatas harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat. Selain efektif, resep tersebut terbukti aman dan tentunya dapat menambah rasa percaya diri Anda. (mw)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengatasi jerawat secara alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *