Hati-Hati! Ini 10 Bahaya Gula Bagi Kesehatan

by
Ini 10 Bahaya Gula Bagi Kesehatan

Bahaya Gula Bagi Kesehatan | Membatasi asupan gula merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat hidup Anda lebih sehat. Asupa gula yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan serta menjadi pemicu munculnya penyakit modern, seperti diabetes.

Selain itu, gula juga diyakini menjadi penyebab sejumlah masalah kesehatan berbahaya, seperti kanker gangguan jantung, dan obesitas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa segelas jus lemon mengandung 1-2 sendok teh gula. Sementara satu mangkuk jus wortel memiliki kandungan gula setara 3-4 sendok teh.

Dengan kata lain, buah-buahan yang Anda konsumsi sebenarnya sudah mengandung gula sehingga sebisa mungkin hindari konsumsi gula tambahan dalam makanan atau minuman Anda. Berikut 10 fakta berbahaya seputar gula yang perlu Anda ketahui.

1. Gula memicu kanker
Gula dapat menghasilkan sel kanker di dalam tubuh. Di lain sisi, gula juga bisa mengurangi harapan hidup pasien kanker yang sedang berusaha melawan penyakit mematikan tersebut. Riset menemukan bahwa β-catenin dapat memengaruhi kerentanan sel dalam pembentukan kanker.

2. Obesitas
Konsumsi gula fruktosa dalam jumlah tinggi dapat memicu obesitas baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Gula ini akan menjadi lemak di perut serta menghasilkan sel-sel lemak.

3. Diabetes
Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah gula. Jadi, hindari minuman atau makanan yang mengandung gula tinggi, seperti minuman bersoda.

Simak juga: Dampak Negatif Mnegkosumsi Minuma Bersoda

4. Membuat ketagihan
Konsumsi gula secara terus-menerus ternyata bisa membuat seseorang kecanduan. Jadi, sebelum Anda benar-benar kecanduan, kurangi sedikit demi sedikit asupan gula harian Anda.

5. Hilang ingatan
Studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa asupan gula berlebih terkait erat dengan penurunan ingatan atau kepikunan.

6. Menyembunyikan HIV
Tahukah Anda bahwa kandungan gula di tubuh kita ternyata sangat efektif dalam menyembunyikan virus HIV. Hal ini mengakibatkan deteksi terhadap penyakit mematikan ini menjadi sulit.

7. Merusak jantung
Studi tahun 2013 menyimpulkan kadar gula terlalu tinggi dalam tubuh memengaruhi mekanisme pemompaan jantung dan dapat meningkatkan risiko gagal jantung.

8. Gangguan hati
Ketika gula dan alkohol dikonsumsi bersamaan secara terus menerus, kebiasaan ini dapat berpengaruh besar terhadap liver. Keduanya bisa menjadi racun bagi hati serta dapat memicu gagal liver.

Baca juga: 12 Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes

9. Kadar gula tinggi
Anda pasti pernah mendengar istilah ‘kadar gula tinggi’, bukan? Ini menjadi maslah yang kerap dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kadar gula tinggi tidak baik untuk kesehatan otak dan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh.

10. Memperpendek harapan hidup
Karena gula menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dengan demikian harapan hidup Anda juga semakin berkurang. Artinya, sebaiknya hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula jika Anda ingin umur panjang.

Demikian 10 fakta berbahaya seputar gula yang patut Anda ketahui. Sebelum terlambat, kurangi asupan gula mulai sekarang. Jika Anda sudah terkena diabetes, jenis makanan yang bisa Anda konsumsi akan terbatas. (bs/mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *