7 Tips Mudah Merawat Daerah Kewanitaan Secara Alami

by
7 Tips Mudah Merawat Daerah Kewanitaan Secara Alami

Daerah kewanitaan merupakan organ yang sangat penting untuk wanita. Oleh sebab itu daerah kewanitaan menjadi hal yang sangat penting di jaga kebersihanya. Banyak sekali virus atau jamur yang dapat menyerang daerah kewanitaan. Apalagi jika daerah kewanitaan lembap dan juga kotor.

Sekarang ini banyak sekali produk-produk pembersih daerah kewanitaan. Namun kebanyakan produk-poduk pembersih wanita tersebut mengandung banyak kimia. Maka dari itu, alangkah baiknya jika merawat daerah kewanitaan secara alami. Sehingga tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya untuk vagina (daerah kewanitaan). 
Selain itu, menggunakan cara alami juga tidak mengeluarkan biaya besar. Berikut beberapa tips mudah merawat daerah kewanitaan secara alami yang bisa anda lakukan:

1. Mencuci daerah kewanitaan setiap hari
Cara merawat daerah kewanitaan secara alamiyang paling utama adalah menjaga kebersihan vagina. Cuci daerah kewanitaan setiap hari, apalagi jika anda baru BAB. Ini bertujuan agar kuman saat BAB tidak menempel ke bagian kewanitaan.

Saat mandi juga anda harus membersihkan vagina dan juga dubur dengan menggunakan sabun khusus daerah kewanitaan. Sabun khusus ini akan memiliki kandungan sesuai dengan kondisi daerah kewanitaan.

2. Hindari celana dalam berbahan sintesis
Cara merawat daerah kewanitaan secara alami yang selanjutnya adalah usahakan menghindari penggunaan celana dalam yang terbuat dari bahan polyester atau sintesis. Ini dikarenakan celana dalam dengan bahan tersebut akan mudah basah, dan untuk mengeringkannya juga membutuhkan waktu lama. Ini akan membuat daerah kewanitaan anda lembab.

3. Mencuci daerah kewanitaan sebelum dan setelah berhubungan badan
Bagi anda yang telah menikah, sangat penting merawat daerah kewanitaan agar tetap sehat. Oleh karena itu sebelum dan setelah melakukan hubungan seksual, cuci daerah kewanitaan anda. 

Mencuci vagina sebelum berhubungan badanakan membuat daerah kewanitaan anda bersih dan tidak berbau. Sedangkan mencuci vagina setelah berhubungan badan di lakukan setelah 20 menit agar daerah kewanitaan anda terhindar dari infeksi.

4. Keringkan daerah kewanitaan
Setelah mandi, buang air kecil, dan buang air besar usahakan untuk mengeringkan daerah kewanitaan anda. Karena jika daerah kewanitaan basah akan membuat lembap. Sedangkan virus atau bakteri akan berkembang pesat jika lembap. Untuk menghindari kelembapan usahakan untuk mengganti celana dalam 2 kali dalam sehari.

5. Mencukur rambut daerah kewanitaan
Kelembapan di vagina sangat berpengaruh besar untuk jamur berkembangbiak. Oleh karenanya, caraterbaik merawat daerah kewanitaan secara alamiyang anda perlu anda lakukan yaitu mencukur rambut kemaluan. Rambut yang lembap akan membuat vagina lembap.

6. Ganti pembalut secara berkala
Saat anda sedang menstruasi, gantilah pembalut anda setelah anda menggunakannya selama 3 hingga 4 jam (jika sudah basah).

7. Hindari celana ketat
Agar daerah kewanitaan menjadi lebih sehat, sebaiknya kurangi menggunakan celana ketat. Ini dikarenakan dengan celana ketat akan membuat vagina tidak bernafas bebas. Sehingga akan membuat daerah kewanitaan menjadi lembab.

Simak juga: Cara Mengencangkan Otot Kewanitaan dengan Senam

Demikian tips sederhana merawat daerah kewanitaan secara alami. Mudah kan? (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *