Cara Ampuh Mengatasi Keputihan yang Gatal

by
Cara Ampuh Mengatasi Keputihan yang Gatal

Semua wanita pasti akan mengalami menstruasi dan keputihan. Menstruasi dan keputihan ini merupakan hal biasa dan pasti di alami oleh wanita. Namun bisa terjadi keputihan tersebut menandakan suatu penyakit.

Oleh karena itu anda harus dapat membedakan antara keputihan yang normal dan tidak normal. Banyak wanita juga yang mengalami keputihan secara berlebih, sehingga akan membuat wanita tersebut tidak nyaman karena akan terasa basah. Apalagi jika keputihan disertai rasa gatal. Jadi wanita harus tahu bagaimana cara mengatasi keputihan yang gatal. Karena keputihan yang dapat menjadi tanda adanya suatu penyakit.

Kegatalan saat mengalami keputihan akan membuat tidak nyaman. Dengan mengetahui cara mengatasi keputihan yang gatal, maka akan membuat keputihan menjadi tidak gatal lagi. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Menjaga kebersihan organ intim
Setiap orang harus menjaga kebersihan tubuh, terlebih lagi organ intim. Untuk para wanita, diwajibkan selalu menjaga kebersihan vagina, agar keputihan gatal dapat hilang. Keputihan yang gatal dapat terjadi karena adanya bakteri di bagian vagina. Oleh karena itu, jika anda menjaga kebersihan maka akan membuat bakteri tidak berani mendekat dan anda tidak akan terserang keputihan yang gatal.

Saat ini sudah banyak sekali obat pembersih vagina yang bisa anda gunakan untuk membersihkan organ intim anda. Akan tetapi, obat atau pembersih kewanitaan tidak disarankan dilakukan dengan jangka yang lama atau panjang. Ini karena dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalam vagina. Oleh karena itu, alangkah baik jika menggunakan air bersih kemudian keringkan menggunakan handuk atau tisu.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Keputihan

2. Menggunakan produk balt salt
Cara mengatasi keputihan yang gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan produk mengandung balt salt. Selain itu anda juga dapat menggunakan anti septic. Keputihan gatal dapat disebabkan karena jamur, bakteri dan lain-lain, jadi dengan menggunakan produk tersebut akan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

3. Jangan menggaruknya
Ketika vagina anda terasa gatal, jangan sekali-kali menggaruknya. Ini karena akan membuat gatal menjadi lebih parah. Jika sudah demikian, jangan gunakan air hangat untuk mencuci atau mengompres, karena akan membuat vagina anda memerah. Alangkah baik jika anda menggunakan air es untuk mengompres, karena suhu yang dingin dapat membuat bakteri atau jamur mati.

4. Melepas celana dalam
Akan lebih baik jika sebelum tidur anda melepas celana dalam, ini bertujuan agar vagina dapat bernafas atau juga dapat menghilangkan kelembapan vagina. Vagina yang lembap akan sangat disukai oleh bakteri atau jamur, sehingga bisa menyebabkan keputihan gatal.

5. Hindari pemakaian celana yang ketat
Cara terakhir mengatasi keputihan yang gatal adalah dengan menghindari menggunakan celana yang ketat. Celana yang ketat dapat membuat pertumbuhan bakteri atau jamur semakin pesat. Ini dikarenakan vagina tidak mendapat udara dan lembap.

Simak juga: Kenali Sejak Dini, Ini Penyebab Keputihan Pada Wanita

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan yang gatal. Keputihan jenis ini akan sangat mengganggu penderitanya, karena akan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa dan tidak dapat ditahan. Semoga bermanfaat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *