Kenali Penyebab Keputihan Berlebih Pada Wanita Sejak Dini

by
Kenali Penyebab Keputihan Berlebih Pada Wanita Sejak Dini

Semua organ di dalam tubuh harus selalu dijaga kebersihannya. Ini agar tubuh jauh dari bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan suatu penyakit. Apalagi bagi perempuan, sangat penting untuk menjaga organ-organ di dalam tubuh.

Salah satu organ yang wajib untuk dijaga kebersihannya adalah organ intim. Dengan menjaga kebersihan organ intim, maka akan membuat organ intim jauh dari berbagai penyakit yang dapat mengincarnya. Organ intim merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh, oleh karena itu wajib untuk di jaga kesehatannya.
Salah satu hal yang dapat terjadi pada organ intim kewanitaan adalah keputihan. Keputihan itu sendiri adalah hal yang umum dialami oleh wanita, apabila terjadi dengan normal. Namun dapat menjadi bahaya jika berlebih. Untuk mengatasi hal tersebut, para wanita harus mengetahui penyebab keputihan berlebih, agar nantinya hal tersebut dapat dihindari.

Keputihan yang berlebih akan sangat mengganggu sang pemilik organ intim tersebut. Ini dikarenakan akan membuat celana dalam basah dan juga lembab. Berikut adalah penyebab keputihan berlebih:

  • Siklus menstruasi 

Salah satu penyebab keputihan berlebih adalah siklus menstruasi. Ketika akan mendekati waktu menstruasi, semua wanita pasti anda akan mengalami keputihan. Dan keputihan tersebut akan berlebih dari jumlah biasa jika semakin dekat dengan waktu menstruasi. Anda pasti tahu kapan waktu anda menstruasi. 

Jika anda mengalami keputihan berlebih berdekatan dengan waktu menstruasi, anda tidak perlu khawatir. Karena ini merupakan hal wajah bagi wanita. Keputihan dapat berlebih karena saat akan menstruasi, di dalam tubuh wanita terdapat perubahan hormon sehingga membuat perubahan pH di vagina, dan keluarlah cairan yang biasa di sebut keputihan.

  • Bakteri 

Adanya bakteri pada vagina juga dapat menjadi penyebab keputihan berlebih. Bakteri yang ada di vagina dapat di sebabkan karena adanya penyakit kelamin, yang biasanya ditularkan melalui hubungan seksual. Keputihan yang terjadi karena bakteri akan memiliki volume berlebih dan berbau menyengat, jika keputihan dengan ciri tersebut terjadi, maka lebih baik langsung anda bawa ke dokter. Karena keputihan tersebut mengindikasi sebuah penyakit.

  • Kanker rahim 

Keputihan yang berlebih juga terjadi karena anda mengidap kanker rahim. Keputihan berlebih karena kanker rahim akan terjadi setelah seorang wanita mengalami menopause. Selain keputihan, sang penderita juga akan mengalami pendarahan yang tidak normal dan terjadi pada vagina. Hal ini sangat berbahaya dan membutuhkan penanganan dokter. Jika anda mengalami keputihan ini, langsung saja di bawa ke rumah sakit, agar segera di tangani.

Simak juga: Ini Ciri-Ciri Keputihan Normal

Itulah beberapa penyebab keputihan berlebih pada wanita yang diketahui. Agar nantinya jika terdapat penyakit yang terjadi bisa langsung diketahui sejak dini, dan dapat langsung ditangani oleh dokter. Semoga informasi di atas bisa membantu menghindarkan anda dari serangan keputihan yang berbahaya. Sebagai langkah pencegahan, anda harus secara rutin menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim. Konsumsi juga makanan yang sehat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *