Manfaat dan Cara Menggunakan Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

by
Manfaat dan Cara Menggunakan Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan

Sebagian besar wanita akan merasa terganggu dengan adanya keputihan. Keputihan yang berupa cairan bening atau putih bening ini akan membuat para wanita risih. Ini dikarenakan saat keputihan keluar, akan membuat celana dalam basah. Dan biasanya wanita akan khawatir jika keputihan berlebih, karena akan membuat tidak nyaman akibat terasa basah.

Selain itu keputihan akan membuat vagina lembap dan akan banyak jamur atau bakteri yang masuk ke dalam vagina. Keputihan merupakan hal wajar yang terjadi pada wanita, namun juga terdapat beberapa keputihan yang menjadi gejala dari adanya suatu penyakit di dalam tubuh atau vagina.
Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa tidak nyaman akan keputihan, anda harus mengobatinya. Saat ini banyak sekali obat untuk keputihan, namun untuk mengurangi risiko bahaya, alangkah lebih baik menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan.

Pengobatan keputihan dengan menggunakan daun sirih merupakan pengobatan tradisional dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga mampu mengurangi risiko terhadap bahaya. Daun sirih sebagai obat keputihan sudah terkenal sejak zaman nenek moyang. Sejak dahulu, daun sirih sudah terkenal sebagai obat antiseptic, sehingga sangat baik digunakan untuk obat keputihan. 

Daun sirih ini dianggap mampu mengatasi keputihan dan juga menghilangkan penyebab keputihan. Ini dikarenakan di dalam daun sirih mengandung minyak atsiri, yakni karvako, sineol, adinen, kavikol dan leugenol.
Untuk membuat obat keputihan dari daun sirih sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengambil dun sirih sebanyak 10 lembar, kemudian di cuci dengan menggunakan air mengalir. Gunakan 2 liter air panas mendidih untuk merendamdaun sirih selama 3 menit. Setelah air hangat gunakan untuk membasuh bagian organ intim anda. Selain itu, anda juga bisa meminumnya.

Daun sirih itu sendiri terdapat beberapa jenis. Yakni daun sirih hijau dan daun sirih merah. Kedua jenis daun sirih tersebut dapat digunakan sebagai obat keputihan. Daun sirih merah memiliki manfaat yang lebih baik dari pada daun sirih hijau. Ini dikarenakan daun sirih merah lebih banyak memiliki kandungan yang bisa membantu mencegah bakteri dan jamur penyebab keputihan. 

Cara menggunakan daun sirih merah juga sama dengan daun sirih hijau. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan sebanyak 2 kali seminggu. Jangan terlalu sering menggunakan daun sirih tersebut, karena daun sirih mampu menjadi antiseptic. Sehingga akan membuat bakteri baik di vagina mati. Oleh sebab itu lakukan secara rutin seperti yang disebutkan di atas.Ini dikarenakan bakteri baik sangat diperlukan dalam vagina.
Klik juga: Keputihan Berwarna Hijau? Ketahui Penyebabnya

Manfaat dan kegunaan daun sirih sebagai obat keputihan sudah tidak perlu diragukan lagi hasilnya. Ini dikarenakan pengobatan menggunakan daun sirih sangat ampuh dan juga aman. Hal ini dapat digambarkan dengan begitu banyaknya produk-produk pembersih kewanitaan yang menggunakan bahan daun sirih. Alangkah lebih baik jika anda menggunakan daun sirih sejak dini (awal muncul keputihan), agar nantinya keputihan tidak akan semakin parah. Semoga bermanfaat. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *