5 Makanan Penting Agar Anda Cepat Hamil

by
5 Makanan Penting Agar Anda Cepat Hamil

Bagi pasangan yang barus saja menikah, kehamilan pastilah ditunggu-tunggu. Selain berhubungan intim, kondisi tubuh Anda dan pasangan juga harus senantiasa dijaga agar proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

Kesehatan fisik yang prima dan jiwa yang tenang akan sangat berpengaruh pada stabilitas hormon dalam tubuh. Kesehatan fisik tersebut banyak macamnya, salah satu yang berpengaruh adalah pola makan dan makanan itu sendiri. Berikut adalah 5 makanan yang dapat membuat kesuburan Anda membaik dan cepat hamil.

Ini Daftar Makanan Agar Agar Cepat Hamil

1. Sayuran Hijau
Sayuran hijau penting sekali dikonsumsi, khususnya brokoli. Sayuran hijau mengandung asam folat dan vitamin B yang baik untuk pria maupun wanita. Pada wanita, asam folat dan vitamin B membantu pembentukan sel telur dan mengingkatkan ovulasi. 
Pada pria, selain menyehatkan tubuh, kandungan tersebut membuat sperma lebih sehat dan tidak mudah rusak. Risiko keguguran dan masalah genetik pada bayi pun dapat dicegah dengan sayuran hijau ini.
2. Kacang-kacangan
Anda harus segera mengganti lemak jenuh yang terdapat pada makanan instan menjadi lemak tak jenuh yang bahkan baik bagi kesehatan. Lemak baik tersebut salah satunya ada pada kacang-kacangan. Protein nabati yang terkandung di dalamnya juga sangat membantu kehamilan terjadi. 
Sebuah penelitian di Harvard mengatakan bahwa perempuan dengan kadar protein hewani tinggi sering mengalami kesulitan dalam kehamilan. Nah, segeralah beralih ke kacang-kacangan untuk menurunkan resiko tersebut.

3. Ikan Salmon

Ikan-ikan besar pemakan ikan lain biasanya memang harus dihindari oleh ibu hamil karena mengandung logam berat yang tinggi seperti merkuri. Namun ikan salmon justru disarankan untuk ibu hamil. Daya serap limbahnya yang rendah dan otot yang banyak karena sering bergerak melawan air membuat ikan ini sangat dicari. 
Selain itu, kandungan omega 3 yang tinggi pada ikan salmon bisa membantu hormon reproduksi ibu agar tetap stabil. Jadi, kehamilan bisa cepat terjadi bila sering mengkonsumsi ikan ini.
4. Roti Gandum
Roti gandum adalah karbohidrat komplek yang perlu waktu lama untuk dicerna. Oleh karenanya, roti jenis ini sangat cocok untuk mencegah diabetes karena bisa menstabilkan hormon insulin. Sebuah penelitian menunjukka wanita dengan gula darah yang tinggi hanya memiliki harapan kehamilan sebanyak 50%. 
Oleh karenanya bagi Anda yang ingin hamil namun memiliki riwayat yang buruk dengan gula darah disarankan untuk mengganti karbohidrat harian Anda dengan roti gandum.

5. Minyak Zaitun

Insulin merupakan salah satu hormon yang mempengaruhi menstruasi. Karenanya, bila kadar insulin ini seimbang, maka menstruasi, ovulasi, pembuahan dan pembentukan embrio dapat berjalan dengan lancar. Minyak zaitun sangat berperan untuk meningkatkan sensitivitas insulin. 
Oleh karena itu, konsumsi minyak zaitun pada makanan sangat disarankan bagi calon ibu hamil. Anda bisa mencampurnya dengan salad atau langsung diolah dengan makanan lain.
Nah, itu tadi 5 makanan sehat agar Anda cepat hamil. Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, Anda juga harus meningkatkan kebugaran tubuh Anda dengan berolahraga secara rutin. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *