7 Suplemen Penting untuk Ibu Hamil Agar Melahirkan Anak Cerdas

by
7 Suplemen Penting untuk Ibu Hamil agar Melahirkan Anak Cerdas

Anak yang baik dan cerdas memang menjadi dambaan setiap orang tua. Namun tahukah Anda bila membentuk kualitas diri anak bisa dilakukan bahkan ketika masih dalam kandungan.

Anda bisa memulainya dengan memberikan nutrisi dan gizi yang cukup untuk perkembangan janin. Dengan demikian, pertumbuhan janin tidak akan terhambat bahkan berpeluang melahirkan bayi yang cerdas.

Ingin Punya Anak Cerdas? Penuhi Asupan Gizi Berikut Ini
Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi pada masa hamil untuk menumbuhkan anak yang cerdas. Makanan tersebut tentu saja harus mengandung nutrisi-nutrisi yang saling melengkapi kebutuhan janin seperti berikut:

1. Antioksidan
Kecerdasan pada anak dapat Anda asumsikan sebagai pertumbuhan otak yang baik. Pertumbuhan otak pada anak adalah dilihat dengan kecepatan penggabungan neuron-neuron pada otak. Biasanya anak yang cerdas akan lebih mudah mengerti suatu hal atau penjelasan dan dapat menyimpannya dengan baik.

Antioksidan ini berpengaruh pada jaringan-jaringan pembentuk otak pada janin. Antioksidan juga melindungi jaringan-jaringan pada otak sehingga dapat berkembang dengan baik.

2. Vitamin D
Vitamin D juga berpengaruh penting pada perkembangan otak bayi. Ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa ibu yang kurang vitamin D melahirkan bayi dengan kekuatan otak yang rendah. Maka para ahli menyarankan para ibu untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin D bagi dirinya saat hamil termasuk paparan sinar matahari di pagi hari.

3. Asam Lemak Omega 3
Anda hanya perlu makan 2 porsi ikan dalam seminggu untuk memenuhi asupan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan. Asam lemak omega 3 tersebut dapat Anda temukan pada ikan seperti salmon, tuna, mackerel dan lainnya. Anak yang dilahirkan dari ibu yang mengkonsumsi asam lemak omaga 3 secara teratur akan memiliki kemampuan otak yang cemerlang.

Baca juga: Ini Manfaat Luar Biasa Asam Lemak Omega 3

4. Asam Amino Kolin
Asam amino kolin ini bisa dengan mudah Anda dapatkan dari sebutir telur. Asam ini berperngaruh pada perkembangan otak bayi terutama pada peningkatan memori. Maka penting bagi Anda untuk mengonsumsi 2 butir telur setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan asam amino kolin ini.

Selain itu, manfaat telur lainnya adalah untuk meningkatkan berat badan bayi. Biasanya bayi dengan bobot yang baik, kemampuan otaknya juga baik.

5. Zat Besi
Zat besi berperan untuk menghantarkan oksigen pada sel-sel otak bayi pada saat berada dalam kandungan. Itulah mengapa ibu dengan zat besi yang baik dapat melahirkan bayi dengan kemampuan otak yang baik pula.

Oleh karena itu sangat penting menjaga kestabilan zat besi dalam tubuh bagi ibu hamil. Jika Anda berpotensi sering kehilangan zat besi karena aktivitas, baik bagi Anda untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan suplemen zat besi tambahan.

6. Yodium
Selama 12 minggu kehamilan pertama, Anda diwajibkan untuk mencukupi kebutuhan yodium dalam tubuh. Ini sangat berpengaruh pada pembentukan jaringan otak pada janin. Oleh karena itu, ibu hamil wajib mengonsumsinya. Anda bisa mendapatkan yodium yang cukup dari ikan laut, yoghurt dan telur.

7. Asam Folat
Selain yodium, asam folat adalah suplemen yang berpengaruh juga untuk pembentukan otak pada janin. Anda diwajibkan mensuplai tubuh dengan asam folat pada 4 minggu dan 8 minggu setelah kehamilan. Sumber asam folat ini bermacam-macam, mulai dari sayuran berdaun hijau seperti bayam hingga kacang-kacangan seperti kacang lentil.

Semoga list makanan ibu hamil diatas dapat membantu tumbuh kembang janin anda di dalam kandungan agar cerdas dan sehat. (mw)

Informasi Kesehatan:

  • vitamin untuk janin agar cerdas
  • supleman bumil agar anak cerdas
  • vitamin buat bumil agar bayi cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *