Jangan Abaikan, Ini Manfaat Kacang-kacangan & Sayur bagi Ibu Hamil

by
Ini Manfaat Kacang-kacangan & Sayur bagi Ibu Hamil

Makanan yang sehat dan bernutrisi memang harus menjadi prioritas perhatian yang utama bagi ibu hamil. Makanan ini bukan hanya untuk menjaga kesehatannya namun juga untuk si buah hati yang akan dilahirkan nanti.

Apalagi jika sang ibu mengalami ngidam, ibu harus senantiasa mengontrol emosi dan nafsunya untuk memilih makanan yang diinginkan. Karena bukan tidak mungkin makanan yang diidamkan tersebut adalah makanan tidak sehat dan bahkan akan mengganggu kehamilan.

Para ahli sangat menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat per hari. Dengan mengonsumsi sayuran dan kacang-kacangan, asam folat bisa Anda dapatkan secara langsung. Anda bisa menyusupkan makanan ini pada menu-menu harian seperti pada saat sarapan, makan siang atau makan malam. 

Berikut adalah ulasan yang menjelaskan mengapa sayuran dan kacang-kacangan sangat baik bagi kesehatan ibu hamil.

1. Sayuran

Sayur-sayuran memang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Pasalnya sayur-sayuran ini mengandung asam folat dan zat besi yang sempurna untuk mencukupi kebutuhan tubuh ibu hamil. Selain ibu, janin yang ada di kandungan juga terjaga kesehatannya dengan nutrisi dan gizi yang ada pada sayur-sayur yang dimakan.

Anda dapat memadukan semua menu makan dengan sayuran. Misalnya pagi hari, Anda membuat sayur bayam dengan wortel. Siang, Anda bisa makan sayur mentah seperti daun pepaya atau lalapan yang dipadukan dengan daging atau ayam. Malam harinya, Anda bisa memasak lobak yang dipadukan dengan protein lainnya.

Selain sayuran berdaun hijau, salah satu sayur yang kaya dengan nutrisi adalah brokoli. Kalsium dan asam folat yang terkandung dalam brokoli sangat bagus untuk perkembangan janin dalam rahim. Serat dan antioksidan dalam brokoli juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Brokoli juga mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh. Dengan vitamin C yang cukup, ibu hamil tidak akan kesulitan menjalankan aktivitas seperti biasanya. Vitamin C juga bisa membantu penyerapan zat besi yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh ibu hamil.

Baca juga: Daftar Makanan Sumber Vitamin C Terbaik

2. Kacang-kacangan

Para ahli gizi juga menyarankan ibu hamil untuk sering mengonsumsi lemak jenuh pada daging dengan lemak tak jenuh yang ada pada kacang-kacangan. Memang tidak semua kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh. Anda bisa memilih kacang polong dan kacang merah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh pengganti lemak jenuh pada daging.

Anda tidak harus dengan memakan kacang-kacangan tersebut secara utuh. Anda bisa mengganti kacang-kacangan tersebut dengan selai kacang yang dioleskan pada roti gandum dan sebagainya. Kacang-kacangan ini juga bisa dipadukan dengan sayuran seperti sayur asam misalnya. Sayur asam menggunakan kacang-kacangan berupa kacang hijau dan kacang tanah yang dimasak dengan cara direbus. Ini sangat disarankan karena kandungan gizi pada kacang-kacangan tersebut bisa diserap tubuh dengan lebih sempurna.

Satu lagi jenis kacang yang sangat bermanfaat adalah kacang lentil. Kacang lentil ini bisa memenuhi kebutuhan protein pada ibu hamil. Satu cangkir kacang lentil memiliki 15 gram protein. Jika ibu hamil membutuhkan sekitar 10 hingga 60 gram protein setiap hari, maka 1 cangkir kacang lentil dapat menjadi alternatif makanan yang sesuai.
Kacang lentil ini bisa dimasak dengan sayuran apa saja. Anda juga bisa menambahkan kacang lentil pada salat sayuran. Dengan demikian kualitas protein pada kacang lentil dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Jika pencernaan sang ibu hamil sedang terganggu, maka salah satu obatnya adalah kacang lentil. Kacang yang satu ini sangat berkhasiat untuk melancarkan pencernaan.
Sayuran dan kacang-kacangan memang merupakan makanan yang tidak terlalu difavoritkan. Namun menilik khasiat dan manfaatnya bagi tubuh, Anda memang harus segera meninggalkan makanan lain yang tidak sehat dan beralih pada makanan ini. Khususnya bagi ibu hamil yang sedang ngidam, usahakan untuk mengontrol makan dan mengalihkannya pada sayur dan kacang-kacangan yang kaya makanan. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *