Manfaat Pepaya untuk Perawatan Berbagai Jenis Kulit

by
Manfaat Pepaya untuk Perawatan Berbagai Jenis Kulit

Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat sehat dan banyak digunakan untuk menunjang kecantikan. Jadi, tidak heran apabila banyak orang yang mengatakan bahwa ini adalah salah satu “buah malaikat.” Buah pepaya banyak mengandung vitamin A, vitamin C, kalium dan juga magnesium.

Apabila dimanfaatkan untuk bahan kecantikan, pepaya bisa memberikan anda kulit yang sehat dan bercahaya. Tidak hanya itu, pepaya juga bisa membantu untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih lembut serta lebih cerah. Berikut adalah beberapa manfaat pepaya untuk berbagai jenis kulit.
A. Manfaat Pepaya untuk Kulit Kering
Bagi anda yang memiliki kulit kering, anda bisa menyiapkan 2 potong kecil pepaya yang sudah matang, lalu tambahkan satu sendok susu dan juga satu sendok madu kemudian campurkan dan haluskan.
Setelah itu, oleskan di wajah anda serta di beberapa bagian leher. Lalu, diamkan selama 20 menit. Terakhir, cuci bersih dengan air dingin. Manfaat dari penggunaan pepaya untuk kulit kering adalah sebagai pelembab.

B. Sebagai Anti Penuaan
Jika anda ingin memanfaatkan pepaya untuk melawan tanda-tanda penuaan, anda bisa menyiapkan 2 sdm (sendok makan) daging pepaya matang kemudian sediakan juga 1sdt (sendok teh) madu dan 1/2 (setengah) sdt bubuk kayu cendana.

Campurkan semua bahan tersebut, kemudian oleskan di wajah dan leher anda. Biarkan beberapa saat misalnya kurang lebih 20 hingga 30 menit, lalu bersihkan dengan air dingin. Apabila diaplikasikan secara rutin, pepaya matang bisa membantu mengurangi kerutan dan membuat wajah menjadi tampak lebih kencang serta awet muda.

C. Pepaya untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak
Manfaat pepaya sungguh luar biasa, jika sebelumnya kita mengenal pepaya yang bermanfaat untuk pemilik kulit wajah kering, kali ini, pepaya juga bisa digunakan oleh mereka yang memiliki kulit wajah berminyak.

Cara memanfaatkannya, sediakan 2 sendok pepaya matang yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan Multani Mitti, campur hingga rata, lalu oleskan di wajah anda dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin.

Sesaat setelah membilas wajah, anda akan melihat sedikit perubahan. Lakukan proses ini selama beberapa hari agar minyak di kulit wajah berkurang. Multani mitti adalah salah satu bahan yang berfungsi untuk menyerap minyak, dan pepaya akan membuat kulit wajah menjadi lebih lembut.

Paket bahan alami ini akan membantu anda yang memiliki jerawat maupun pimples agar mendapatkan wajah yang lebih cerah dan bebas masalah.

Simak juga: Penyebab & Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

D. Memanfaatkan Pepaya untuk Semua Jenis Kulit
Ambil dua potong papaya matang, kemudian tambahkan 2 sdt (sendok teh) lidah buaya. Aduk hingga rata. Lalu, oleskan di wajah anda. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. 

Metode ini akan membantu anda mengontrol kelebihan minyak di wajah serta sekaligus membantu anda melembabkan wajah apabila anda memiliki wajah kering.

E. Manfaat Pepaya untuk Mengatasi Pigmentasi
Manfaat selanjutnya adalah untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit serta menghilangkan noda noda hitam. Langkah-langkahnya:

Sediakan dua sdt (sendok teh) pepaya yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan 10 tetes air lemon, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan di wajah anda dan di beberapa bagian leher anda kemudian biarkan selama 20 menit.

Terakhir, bilas dengan air dingin. Apabila anda secara rutin mengaplikasikan metode ini, segera anda akan mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan lebih cerah. Selamat mencoba. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *