10 Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Bagi Kesehatan

by

Manusia mungkin dapat bertahan hidup tanpa makanan selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu, tapi tidak tanpa meminum air. Kurang minum air putih juga terbukti memiliki dampak negatif terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Sayangnya, tak semua orang paham pentingnya mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Padahal, komposisi tubuh kita sekitar 66% tersusun atas air. Rasa haus yang Anda rasakan merupakan reaksi tubuh yang membutuhkan cairan tambahan. Dengan kata lain, bila permintaan tubuh tersebut tidak dipenuhi, maka timbul berbagai respons negatif yang merugikan.

10 Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Bagi Kesehatan
Air dan oksigen adalah dua hal yang takkan terpisahkan dan mampu memperpanjang atau memperpendek usia Anda. Kekurangan cairan tubuh tidak hanya membuat Anda merasa kehausan, tapi juga berbahaya bagi metabolisme tubuh, seperti pengentalan darah.

Selain itu, masih ada banyak dampak negatif lainnya yang bakal membahayakan kesehatan. Berikut 10 bahaya kurang minum air putih untuk kesehatan tubuh.

1. Penuaan dini
Kekurangan cairan tubuh berdampak buruk terhadap kesehatan kulit. Kerutan dan keriput semakin tampak dan muncul lebih cepat dari usia Anda sebenarnya. Kurang minum air putih juga membuat kulit Anda tampak kusam dan kurang cerah. Alhasil, Anda kelihatan lebih tua.

2. Merasa cepat lapar
Otak akan mengaktifkan sinyal lapar ketika tubuh mengalami dehidarasi. Makanan dengan kandungan air yang rendah akan menghambat proses metabolisme dan membuat penimbunan lemak. Inilah salah satu dampak negatif kurang mengonsumsi air putih.

3. Massa otot menurun
Karena otot mengandung banyak air, otot-otot dalam tubuh Anda tentu saja butuh pasokan air agar massanya tetap terjaga. Jika tubuh Anda kekurangan air, maka akibatnya otot pun akan ikut menyusut. Jadi, untuk menghindari hal itu, usahakan minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah olahraga.

4. Kulit kering
Inilah salah satu dampak paling berbahaya kekurangan cairan tubuh. Kulit merupakan organ paling besar dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan air yang diperlukan agar berfungsi dengan normal. Kekurangan cairan tubuh membuat kulit bekerja kurang optimal dalam membuang racun-racun dalam tubuh.

5. Nyeri persendian
Baik tulang belakang maupun tulang rawan tubuh kita tersusun dari 80% air. Jika Anda ingin terhindar dari nyeri sendi, upaya paling sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan minum cukup air putih.

6. Mata kering
Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada kesehatan mata. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, mata Anda akan kering dan menjadi kemerah-merahan karena iritasi. Terlebih lagi jika Anda memakai lensa kontak, mencukupi kebutuhan air wajib Anda lakukan.

7. Mulut kering
Tanda paling tampak dari kekurangan cairan tubuh bisa Anda amati dari kondisi mulut yang kering, termasuk bagian langit-langit, lidah atau bibir. Jika sebelum semuanya semakin memburuk, segera hidrasi tubuh Anda dengan banyak minum air putih.

8. Capek dan kelelahan
Mudah lelah adalah tanda utama dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, itu artinya jaringan dan sel dalam tubuh kekurangan cairan. Hal ini mengakibatkan seseorang merasa letih dan malas melakukan aktivitas.

Selain itu, sakit kepala dan mual-mual juga menjadi pertanda lain kekurangan cairan tubuh. Satu-satunya cara untuk mengatasinya yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih.

9. Mengantuk
Gampang mengantuk meski sudah tidur cukup? Itu tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi. Gejala mengantuk disebabkan suplai oksigen ke otak berkurang yang disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh. Imbasnya, Anda jadi tidak konsentrasi dalam berpikir atau hilang fokus.

10. Warna urin yang pekat
Saat Anda buang air kecil dan ternyata warna urin Anda berwarna kuning pekat, itu artinya tubuh Anda butuh banyak cairan. Tidak hanya itu, kekurangan air juga dapat membahayakan fungsi organ pencernaan, seperti lambung, usus, kandung kemih, dan ginjal.

Baca juga:
Nah, itulah beberapa bahaya kurang minum air putih terhadap kesehatan tubuh. Oleh karenanya, cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap harinya dengan meminum air putih sekitar 8 gelas. Di samping itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan, seperti buah dan sayuran. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *