10 Buah yang Baik Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan

by

Ketika sedang hamil, biasanya Anda akan selektif dalam memilih makanan. Bukan karena apa-apa, semua upaya tersebut adalah demi untuk melindungi diri sendiri dan tumbuh kembang si jabang bayi yang ada di dalam rahim.

Apalagi jika kehamilan Anda adalah kehamilan yang pertama. Anda akan berpikir dua kali untuk makan makanan sembarangan, dan tentunya Anda akan bertindak lebih protektif terhadap kandungan Anda. Anda akan lebih selektif terhadap makanan-makanan yang akan Anda konsumsi.

10 Buah yang Baik Dikonsumsi Selama Masa Kehamilan
Anda pun akan mulai melihat menu makanan sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, kebutuhannya tidak mencakup kebutuhan Anda sendiri, melainkan kebutuhan si janin juga.

Makanan sehat seperti bayam, brokoli, yoghurt, paprika merah, kedelai, kacang, oatmeal, telur, wortel, dan sebagainya tentu telah masuk dalah daftar Anda. Lalu bagaimana dengan buah-buahan? Di bawah ini adalah daftar buah-buahan yang dapat dan baik Anda konsumsi selama masa kehamilan. Apa saja?

1. Alpukat

Mengapa alpukat baik? Sebab, alpukat adalah salah satu buah yang mengandung asam folat. Tentunya Anda telah mengetahui bahwa wanita membutuhkan asam folat selama kehamilan untuk tumbuh kembang si buah hati.

2. Mangga

Buah tropis ini tak hanya segar tapi juga kaya manfaat. Selain baik untuk pencernaan, mangga pun mengandung banyak vitamin A dan C yang baik untuk Anda konsumsi saat sedang mengandung.

3. Anggur

Beberapa wanita menganggap anggur berbahaya bila dikonsumsi saat kehamilan. Namun, anggur justru baik dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin A yang dapat membantu menyetabilkan metabolisme tubuh. Selain itu anggur juga mengandung folat, potassium, fosfor, magnesium, dan juga sodium, serta beberapa mineral lain yang baik untuk kehamilan.

4. Lemon manis

Buah yang satu ini dapat menghindarkan gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Selain itu, buah ini dapat menjadi sahabat baik baik para ibu yang mengalami morning sickness saat kehamilan mereka. Lemon manis juga mengandung antioksidan yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

5. Lemon

Berbeda dengan lemon manis, lemon biasa ini sangat mudah Anda jumpai di pasar atau di swalayan. Seperti lemon manis, lemon ini juga dapat membantu mengatasi mual dan muntah pada ibu hami. Selain itu, lemon ini juga sangat baik digunakan untuk detoksifikasi.

6. Pisang

Konstipasi adalah salah satu masalah yang akan ditemukan oleh para wanita di kehamilannya. Salah satu buah yang dapat mengatasi hal tersebut adalah pisang. Pisang akan membantu Anda melancarkan pencernaan.

7. Stroberi

Stroberi kaya akan antioksiodan. Antioksidan ssangat untuk kehamilan dan ibu hamil. Anda dapat menikmati stroberi ini dengan langsung dikonsumsi atau diolah menjadi jus atau sari buah.

8. Jeruk

Jeruk yang segar dan manis sangat baik untuk ibu hami karena dapat mengatasi mual dan muntah. Selain itu jeruk mengandung banyak vitamin C sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

9. Apel

Apel adalah salah satu buah yang kaya antioksidan. Tak hanya antioksidan, apel pun kaya akan vitamin C, selain itu juga kaya akan mineral. Apel sangat cocok untuk dikonsumsi ibu hamil.

10. Leci

Selain kaya manfaat, leci masuk dalam daftar buah yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tak hanya itu, leci mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentunya sangat baik pula untuk tumbuh kembang buah hati.

Baca juga:
Kini, Anda tak perlu ragu dan memilah-milah lagi mana yang harus dikonsumsi mana yang tidak saat dalam masa kehamilan. Anda dapat menjadi buah-buah di atas menjadi buah-buah yang selalu ada di lemari es atau di meja makan. Selain baik untuk tubuh Anda, buah-buahan tersebut tentunya baik untuk pertumbuhan si jabang bayi. Setuju? Selamat mencoba! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *