10 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar

by

Salah satu tahapan penting dalam hidup wanita yang sangat ditunggu-tunggu adalah melahirkan. Melahirkan anak-anak yang lucu, dan membina keluarga yang harmonis adalah dambaan setiap pasangan di dunia ini.

Setelah proses melahirkan, kemudian Anda memeluk buah hati Anda, rasanya segala kesakitan yang Anda dapatkan saat proses melahirkan lenyap sudah. Tetapi beberapa waktu kemudian, Anda mendapatkan berat badan Anda masih sulit diajak berkompromi pasca melahirkan.

10 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar
Terutama bila Anda melahirkan dengan operasi caesar. Biasanya wanita yang melakukan operasi caesar untuk proses melahirkan tidak mendapatkan perut rata setelahnya.

Tetapi jangan khawatir, perut rata seperti sedia kala tidak mustahil untuk didapatkan kembali wanita yang melahirkan sebelumnya dengan metode operasi caesar. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah operasi caesar.

1. Menyusui
Percaya atau tidak, menyusui akan membantu menurunkan berat badan Anda setelah melahirkan dengan operasi caesar. Menyusui secara eksklusif selama 6 bulan dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan sekaligus membuang lemak yang ada di perut Anda, sehingga perut Anda perlahan akan rata sesuai dengan yang Anda idam-idamkan.

2. Enam bulan pertama yang sangat krusial
Jangan sepelekan waktu 6 bulan pertama pasca melahirkan secara operasi caesar. Setelah melahirkan, tubuh Anda masih memiliki sisa-sisa hormon kehamilan yang beredar di seluruh tubuh. Selain itu, masih terdapat lemak dalam tubuh Anda. Anda harus terus berjuang untuk menurunkan berat badan untuk mendapatkan perut yang rata.

3. Gunakan Abdominal Belt
Menggunakan Abdominal Belt memang menyakitkan dan sangat mengganggu. Tapi Anda tidak perlu setiap saat menggunakannya. Benda tersebut dapat Anda gunakan di saat-saat Anda tidak dalam kesibukan. Dan benda tersebut dapat Anda lepas saat makan, tidur, atau saat pergi ke toilet.

4. Gunakan pengikat perut
Untuk mengikat perut, Anda dapat menggunakan pengikat perut. Pasca operasi caesar Anda dapat menggunakan pengikat perut ini dengan kain muslin atau kain elastis seperti perban, atau stagen. Hal tersebut akan membantu mendorong perut Anda. Anda dapat melakukan hal tersebut 2 bukan setelah operasi caesar ketika jaringan bekas operasi Anda telah sembuh.

5. Mulailah untuk beryoga
Yoga adalah salah satu olahraga ringan, yang tidak perlu jauh-jauh meninggalkan buah hati Anda karena dapat dilakukan di rumah. Selain itu, dengan beryoga, Anda dapat melakukan gerakan-gerakan yang dapat membantu membuat perut Anda rata kembali pasca melahirkan secara operasi caesar.

6. Latihan Kegel
Latihan kegel pada dasarnya adalah latihan lantai vagina. Anda harus berlatih menarik di otot vagina Anda, memegangnya selama 30 detik dan melepaskannya lagi. Hal ini juga membantu untuk menurunkan lemak perut pasca operasi caesar.

7. Minum banyak air
Dengan meminum banyak air, dapat membantu Anda untuk menurunkan lemak perut pasca operasi caesar. Air dapat membantu mengembalikan keseimbangan cairan tubuh. Air juga dapat mendorong kelebihan lemak untuk kemudian dibuang dari sistem tubuh Anda. 


Baca juga: Tips Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

8. Pijat lemak
Jika Anda belum merasa kuat untuk melakukan latihan-latihan atau olahraga-olahraga pasca operasi caesar. Anda dapat melakukan pijat lemak. Pijat ini dapat membantu memperkuat otot-otot Anda dan juga membantu menurunkan berat badan Anda.

9. Diet Rendah Lemak
Jika Anda ibu menyusui, jangan melakukan diet karbohidrat karena Anda akan sangat membutuhkan karbohidrat untuk energi selama Anda menyusui. Tetapi selain karbohidrat, Anda juga membutuhkan protein, sayuran segarm dan buah-buahan. Diet rendah lemak ini dapat Anda aplikasikan dengan menghindari makanan-makanan yang berlemak seperti mentega, permen, dan lain sebagainya.

10. Berjalan-jalan
Jika Anda belum kuat untuk jogging, atau latihan treadmill, atau latihan kardio, Anda dapat menggantinya dengan berjalan kaki santai di pagi hari. Mulailah laju jalan cepat dan perlahan percepat lajunya sehingga Anda bisa berlari lagi.

Dari beberapa tips di atas, yang perlu Anda perhatikan adalah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut tentunya setelah segala jaringan luka bekas operasi caesar Anda sembuh. Agar tak mengganggu penyembuhan dan luka cepat mengering, kegiatan-kegiatan yang membutuhkan gerak terlalu banyak, hendaknya Anda hindari terlebih dahulu. Selamat mencoba! 

Untuk informasi lengkap seputar diet, silahkan baca Panduan Diet Cerdas DI SINI

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • jamu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar
  • melangsingkan tubuh setelah secar
  • 10 cara mengecilkan perut setelah melahirkan cesar
  • cara menghilangkan lemak di perut pasca sc
  • mengatasi perut melar pasca secar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *