10 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

by

Anda termasuk salah satu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Tetapi sudah lama dengan program penurunan berat Anda, tetap saja tak begitu terlihat hasilnya? Lebih dari sekedar gaya hidup, mempunyai berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang, jauh dari sekadar alasan penampilan, mempunyai berat badan ideal bermanfaat untuk menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena obesitas, seperti diabetes, penyakit jantung, serta penyakit-penyakit lainnya yang tak kalah mematikan.

10 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
via pixabay.com
Untuk itu, mengontrol berat badan pun sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran. Beberapa dari Anda mungkin merasa proses penurunan berat badan yang tengah dilalui lambat dan tak memberikan hasil signifikan. Jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Apa saja?

1. Ubah gaya hidup Anda
Kunci yang pertama dan paling utama adalah mengubah gaya hidup Anda. Bila Anda dulunya memiliki gaya hidup yang tidak mengedepankan pola makan yang baik, maka mulai sekarang Anda harus mengubahnya. Hitung kalori yang Anda butuhkan tiap hari. Pilih makanan yang memang bergizi. Hindari makanan-makanan yang nantinya akan membuat penumpukan lemak di tubuh Anda.

2. Pilih makanan yang tepat
Ketika Anda ingin makan di luar, jika biasanya Anda memilih makan di restoran cepat saji, kali ini cobalah untuk mengunjungi restoran yang menyajikan menu-menu sehat dan bergizi. Tak hanya menyehatkan dengan menyantap makan-makanan bergizi tersebut, niscaya, berat badan Anda akan terkontrol pada akhirnya nanti.

Baca juga: Cara Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

3. Kurangi makanan asin
Bagi Anda yang senang memakan camilan yang asin, seperti snack kentang dengan bumbu asinnya, kali ini Anda harus benar-benar menguranginya untuk mendapatkan hasil berupa penurunan berat badan menuju ke ideal.

4. Biasakan sarapan dengan makanan dengan 300 kalori
Bagi Anda yang terbiasa melewatkan sarapan, mulai sekarang ubah pola makan Anda dengan mulai membiasakan diri untuk memulai pagi dengan sarapan. Tapi tak hanya sarapan, ya. Baiknya Anda sarapan dengan makanan yang mengandung 300 kalori. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengontrol berat badan Anda tanpa merasa lemas dan kehilangan tenaga.

5. Lakukan olahraga kecil selama lima menit setiap pagi
Olah tubuh atau olahraga sangat penting bagi kebugaran dan vitalitas tubuh. Tak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi dengan pola makan yang baik, olahraga kecil setiap pagi selama 5 menit saja pun dapat membantu Anda mengontrol berat badan Anda.

6. Hindari kebiasaan buruk merokok dan minuman beralkohol
Untuk menuju gaya hidup sehat, poin penting berikutnya yang harus Anda hindari adalah memangkas kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini menjadi bagian hidup Anda, seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

7. Bersihkan isi lemari es Anda
Bila biasanya Anda mengisi lemari es Anda dengan menyimpan makanan cepat saji yang dijual di supermarket, coba ganti mengisi kulkas Anda dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut akan membantu Anda untuk memiliki gaya hidup yang sehat.

8. Perbanyak makan sayur-sayuran
Konsumsi lebih banyak sayuran ternyata tak hanya membuat tubuh Anda sehat, namun juga dapat membuat kulit Anda lebih cantik. Selain itu, Anda akan mudah mengontrol berat badan Anda, dan dengan begitu, pola hidup sehat akan Anda dapatkan.

9. Bila ingin makan camilan, jangan berlebihan
Bila di sela waktu Anda ingin menikmati camilan atau snack favorit Anda, boleh saja. Asal satu hal yang harus Anda ingat, jangan berlebihan. Konsumsi camilan tersebut secara wajar dan sesuai kebutuhan Anda. Sisanya ganti dengan buah-buahan bila Anda masih ingin tetap mengunyah makanan.

10. Beranikan diri untuk ikut kelas olahraga
Ada banyak pilihan untuk Anda bisa mengikuti kelas olahraga di luar rumah. Sebut saja, yoga, senam, zumba, dan juga aerobik. Olahraga bersama teman atau secara bersama-sama akan membuat Anda semangat dan tidak membosankan.

Simak juga: Tips Menurunkan Berat Badan bagi Orang Sibuk

Nah, itu tadi 10 cara mudah untuk menurunkan badan dengan cepat. Dengan menerapkan tips di atas, niscaya Anda akan lebih mudah mengontrol berat badan Anda, dan mengembalikan berat badan Anda ke berat badan yang ideal. Tak hanya itu, sedikit sedikit Anda akan mulai mempunyai pola dan gaya hidup yang sehat. Selamat mencoba! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *