10 Cara Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Liver Anda

by

Memiliki tubuh tetap sehat dan selalu bugar adalah dambaan setiap orang. Tak hanya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, dengan nutrisi seimbang dan selalu tercukupi saja untuk bisa selalu menjalani hidup yang sehat, melainkan juga dengan olahraga dan gaya hidup yang baik, adalah salah satu yang dapat ditempuh untuk menjalani dan mendapatkan hidup yang sehat.

Makanan yang sehat tak hanya membuat kita terhindar dari penyakit, dan membuat kita selalu bugar, tetapi makanan-makanan sehat tersebut juga menjaga fungsi organ-organ vital kita. Organ-organ vital seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan hati adalah organ-organ yang dapat berakibat fatal seperti kematian apabila terjadi kerusakan.

10 Cara Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Liver Anda
Untuk itu, gaya hidup sehat harus Anda terapkan sedari dini, untuk tetap menjaga organ-organ tersebut sehat. Salah satu organ, yakni liver atau hati, mempunyai peranan penting yang tak bisa disepelakan dalam sistem tubuh Anda. Penelitian mengungkapkan, penyakit hati sering dikenal dengan sebutan silent killer.
Baca juga: Waspada! Ini Gejala Dini Penyakit Kanker Hati

Mengapa demikian? Karena meski dilakukan tes darah pun, penyakit hati pada tahap awal biasanya tetap tidak terdeteksi. Hanya jika penyakit hati kondisinya semakin parah, baru terlihat. Berikut ini adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan hati Anda. Apa saja?

1. Jangan berlebihan mengonsumsi alkohol dalam makanan atau minuman
Jika berlebihan, telah menjadi rahasia umum bahwa makanan atau minumal beralkohol sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Yang mengejutkan terlalu banyak mengonsumsi alkohol dalam makanan dan minuman akan memperberat kerja hati, dan efek buruknya dapat merusak organ hati Anda.

2. Kendalikan berat badan Anda
Tahukah Anda bila obesitas juga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat disfungsional kerja hati Anda? Mengendalikan berat badan merupakan salah satu cara untuk menjaga agar Anda tak obesitas dan akan menjaga organ-organ vital anda seperti hati, tetap berfungsi baik.

3. Banyak minum air putih
Mengonsumsi banyak air putih akan membantu proses detoksifikasi tubuh kita. Hal tersebut sangat membantu kerja hati Anda, mengingat fungsi hati adalah juga sebagai detosifikasi racun yang ada dalam tubuh Anda.

Simak juga: 10 Cara yang Baik Minum Air Putih

4. Konsumsi banyak makanan yang mengandung probiotik
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungan yang sangat kuat dengan lemak pada hati yang berhubungan langsung dengan saluran pencernaan. Probiotik dapat membantu mengurangi masalah pencernaan Anda yang biasanya disebabkan oleh lemak pada hati. Sehingga tidak akan mengganggu kerja dan fungsi organ hati Anda.

5. Makan makanan yang mengandung banyak serat
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat tentunya akan membantu pengontrolan berat badan Anda. Selain baik untuk pencernaan, mengonsumsi makanan yang mengandung fiber ternyata sangat baik untuk kesehatan hati Anda.

6. Mengonsumsi buah yang kaya vitamin
Salah satu menu sehat yang dapat Anda jadikan acuan adalah dengan mengonsumsi buah secara rutin. Vitamin dalam buah-buahan sangat membantu menjaga kerja oragna-organ vital Anda, tak terkecuali hati.

7. Tak hanya air, konsumsi makanan yang kaya akan mineral
Mineral pun tak kalah penting dibutuhkan untuk menjaga kesehatan hati Anda. Selain baik untuk kesehatan hati, mengonsumsi mineral juga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan Anda jauh dari masalah.

8. Mengonsumsi teh Dandelion
Teh Dandelion adalah salah satu obat terbaik untuk mengatasi gangguan hati. Teh Dandelion bertindak sebagai katalis untuk memobilisasi empedu stagnan dari hati Anda dan membantu proses detoksifikasi tubuh Anda. Meminum teh Dandelion satu atau dua cangkir untuk mengurangi risiko terkena gangguan hati merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan.

9. Konsumsi makanan yang kaya protein
Protein memiliki peranan sangat penting dalam menjaga kesehatan hati atau liver Anda. Mengapa demikian? Karena protein membantu proses regenerasi sel yang ada pada organ hati. Mengonsumsi makanan yang kaya protein akan membantu menjaga kesehatan hati Anda.

10. Rajin berolahraga
Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi pun tak cukup. Anda harus rajin berolahraga. Selain menjaga agar tetap fit dan bugar, rajin berolahraga pun dapat menjaga kesehatan organ-organ vital Anda.

Beberapa cara di atas dapat Anda terapkan dalam gaya hidup sehat Anda mulai dari sekarang untuk menjaga fungsi hati Anda. Tak hanya fungsi hati saja, fungsi organ-organ vital lain pun harus Anda perhatikan untuk hidup yang sehat dan jauh dari penyakit yang mengintai. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *