10 Cara dan Waktu yang Tepat Saat Meminum Air Putih

by

Dari ketika Anda masih duduk di Taman Kanak-Kanak, tentunya Anda sering sekali mendengar ungkapan ‘minumlah air paling tidak 8 gelas sehari’. Meskipun demikian, sebagian besar dari Anda pasti tidak menuruti ungkapan tersebut.

Kebanyakan dari Anda akan meminum air putih saat Anda mulai merasa haus atau kepanasan. Suka tidak suka, hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang harusnya diubah. Sebab, bagaimanapun juga, kebutuhan air dalam tubuh kita sangat terpengaruh dari berapa asupan air yang kita minum setiap harinya.

10 Cara dan Waktu yang Tepat Saat Meminum Air Putih
via pixabay.com
Percaya atau tidak, fungsi air dalam tubuh adalah membuat rambut tetap berkilau, menjaga kelembaban kulit, membantu menurunkan berat badan bagi Anda yang obesitas, membantu proses pencernaan, dan juga air sangat diperlukan oleh otak, dan masih banyak lagi.

Kendati demikian, tak selamanya air selalu bermanfaat bagi tubuh Anda. Bila salah dalam cara mengonsumsinya, Anda pun akan kehilangan khasiat dari air itu sendiri. Berikut adalah 10 cara dan waktu yang tepat dalam mengonsumsi air putih yang wajib Anda ketahui.

1. Meminum air putih satu hingga dua gelas setiap hari setelah bangun tidur akan membantu sistem metabolisme Anda.
Mengapa demikian? Sebab, meminum air putih satu hingga dua gelas setiap hari setelah bangun tidur akan membantu membersihkan racun yang ada dalam tubuh Anda, serta yang ada dalam sistem organ Anda.

Bila Anda ingin menambahkan sesuatu ke dalam air putih Anda untuk mendapatkan hasil optimal bagi kesehatan, Anda dapat menggunakan madu, irisan lemon, dan juga kayu manis ke dalam gelas air putih Anda.

2. Meminum satu gelas air setengah jam sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.
Cara tersebut akan membantu Anda untuk mengesampingkan rasa lapar yang sebelumnya terasa. Sehingga, Anda menjadi tidak begitu lapar dan akan memakan makanan Anda tidak terlalu banyak. Selain itu, meminum air putih sebelum makan dapat membantu mempersiapkan lambung Anda sebelum dimasuki makanan.

Baca juga: 11 Tips Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

3. Jangan meminum air putih di tengah-tengah Anda makan, sebab akan mencairkan enzim pencernaan.
Hindari untuk meminum air putih di tengah-tengah Anda makan. Pasalnya, kebiasaan tersebut akan mencairkan enzim pencernaan Anda, sehingga enzim pencernaan akan menjadi tidak efektif pada saat bekerja membantu proses pencernaan.

4. Ganti air putih dengan yoghurt, atau mentega susu.
Bila Anda merasa kehausan saat di tengah-tengah menyantap makanan, Anda dapat mengganti air dengan yoghurt atau mentega susu yang telah dicairkan. Yoghurt dan mentega susu tidak akan mengganggu proses pencernaan Anda.

5. Meminum air putih saat merasa lapar guna mencegah kebiasan ngemil.
Sinyal dari tubuh saat Anda lapar sama dengan sinyal yang dikirim tubuh saat Anda merasa haus. Untuk mengganti kebiasan buruk ngemil bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, meminum air putih saat lapar dapat menjadi salah satu pilihan.

6. Minum segelas air saat Anda lelah, untuk menjaga otak agar tetap segar.
Sekitar 75% dari otak kita tersusun dari air. Meminum air dapat membantu menyegarkan otak anda, bahkan di saat Anda sedang kelelahan. Meminum air putih saat Anda kelelahan di tempat kerja dapat membantu menyegarkan otak Anda dan menjaga Anda tetap fokus pada pekerjaan.

7. Minum air putih saat pagi hingga siang hari menjaga Anda agar tak melulu buang air kecil di kamar mandi saat malam hari.
Minumlah air putih banyak saat pagi hingga siang hari, dan kurangi jumlahnya saat menjelang malam hingga malam hari. Hal tersebut akan menjaga Anda tidak terbangun malam hari hanya untuk buang air kecil.

8. Minum air putih yang lebih saat pagi dan siang hari agar mendapatkan tidur berkualitas di malam hari.
Tubuh Anda melakukan segala perbaikan saat Anda sedang tidur. Dan tubuh Anda akan mengangkut nutrisi jauh lebih baik dan lebih cepat jika Anda terhidrasi dengan baik pula. Oleh karena itu, jika saat malam nanti Anda merasa akan kurang tidur karena pekerjaan atau hal lain, pagi hingga siangnya Anda dapat meminum air putih lebih agar tetap segar keesokan harinya.

9. Minum banyak air putih sebelum dan sesudah berolahraga dapat membantu menjaga daya tahan otot Anda.
Sangat penting bagi tubuh Anda untuk mendapaat asupan air saat Anda berolahraga. Sebab, tubuh Anda membutuhkan zat yang dapat mengangkut nutrisi-nutrisi yang diperlukan otot Anda selama Anda berolahraga.

10. Minum lebih banyak air putih saat Anda sakit, atau saat Anda hamil dan juga menyusui.
Minum banyak air saat Anda sakit dapat membantu tubuh Anda dalam proses penyembuhan lebih cepat. Hal tersebut juga baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Simak juga: 12 Manfaat Sehat Mengosumsi Banyak Air Putih

Nah, beberapa hal di atas tentunya akan membantu Anda untuk lebih mengetahui tentang waktu-waktu kapan saja yang baik untuk meminum air putih. Tapi lebih dari itu semua, perlu diketahui bahwa meminum air putih setiap harinya hingga 8 gelas bukanlah ungkapan kosong belaka. Meminum air hingga 8 gelas sehari dapat membantu Anda tetap bugar dan fit, serta tidak mudah sakit. Selamat mencoba! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *