10 Cara Jitu Memutihkan Gigi Secara Alami

by

Mempunyai gigi putih berkilau tentu menjadi dambaan setiap orang. Terlihat sehat dan mampu membuat senyum lebih cemerlang merupakan salah satu manfaat dari gigi putih. Tak hanya itu, memiliki gigi putih pun akan meningkatkan rasa percaya diri.

Tren masa kini adalah memutihkan gigi di dokter-gigi atau klinik-klinik kecantikan gigi. Untuk itu tentunya Anda akan mengeluarkan biaya yang tak murah. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk proses pemutihan gigi di dokter-dokter gigi atau di klinik-klinik kecantikan gigi pun menggunakan bahan-bahan kimia.

10 Cara Jitu Memutihkan Gigi Secara Alami
Nah, kini dengan bahan-bahan alami dan cara-cara sederhana yang ada di pasaran, Anda dapat memutihkan gigi Anda sendiri di rumah. Bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan di pasar, atau swalayan. Sembari berbelanja, Anda bisa sekaligus belanja bahan tersebut, lalu setelah sampai di rumah, Anda bisa langsung mencobanya.

Berikut adalah bahan-bahan dan cara-cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

1. Stroberi

Stroberi kaya akan asam malat dan Vitamin C. Kedua bahan ini memainkan peran penting dalam membersihkan gigi Anda. Zat yang ditemukan dalam stroberi membantu menghilangkan noda di permukaan gigi dan membantu menyingkirkan plak membandel. Anda dapat menghaluskan stroberi secukupnya, kemudian dapat Anda gunakan sebagai scrub dalam bentuk pasta.

2. Flossing

Dokter gigi umumnya merekomendasikan flossing lebih dari proses menyikat biasa. Hal ini membantu pembentukan plak lebih rendah antara gigi. Flossing dua kali sehari dianjurkan untuk gigi lebih putih. Ini salah satu cara yang bisa Anda praktekkan untuk memutihkan gigi.

3. Makan buah dan sayuran yang renyah

Makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran yang renyah dapat menjadi salah satu cara memutihkan gigi, karena mereka bertindak seperti sikat gigi alami. Cukup mengunyah akan menghilangkan kelebihan makanan dan bakteri dari mulut Anda. Hal ini juga membantu dalam menyingkirkan noda pada permukaan gigi.

4. Gunakan sedotan

Umumnya, minuman soda dapat mengakibatkan kerusakan serius pada enamel gigi Anda. Jadi, gunakan sedotan untuk minum minuman ini karena akan membantu menghindari perubahan warna gigi Anda. Pastikan Anda menyikat gigi atau berkumur setelah Anda minum minuman tersebut.

5. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida memiliki efek pemutihan ringan. Hal ini membantu mencerahkan senyum Anda. Caranya, siapkan campuran hidrogen peroksida dan air dalam jumlah yang sama dan kumur. Pastikan Anda tidak meminum cairan tersebut karena cukup berbahaya. Anda harus tetap berhati-hati menggunakan bahan ini.

6. Lemon

Sifat lemon yang mampu memutihkan membantu menyingkirkan perubahan warna kuning yang terbentuk pada gigi Anda. Berkumur dengan jus lemon atau menggunakan kulit lemon dapat membantu Anda mendapatkan senyum berkilau dalam waktu singkat.

7. Garam

Ini adalah salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi yang paling umum digunakan oleh banyak orang. Ini membantu mengisi kandungan mineral yang hilang pada gigi dan membantu Anda mengembalikan kembali senyum cerah Anda. Anda dapat pula membuat campuran baking soda dan garam.

8. Air Putih

Kadang-kadang setelah makan atau setelah mengunyah sesuatu, Anda sering merasa Anda penumpukan kotoran di gigi Anda. Cara satu-satunya adalah memang menyikat gigi setelah makan. Namun terkadang karena suatu hal yang mendesak, Anda tak sempat untuk menyikat gigi. Anda dapat menggunakan air putih untuk berkumur. Dan membantu melarutkan kotoran-kotoran yang ada di gigi Anda.

9. Cuka Apel

Sifat abrasif dari cuka sari apel dapat memberikan manfaat yang efektif untuk membantu memutihkan gigi Anda. Celupkan sikat gigi Anda ke dalam cuka dan sikat secara teratur. Lalu bilas mulut Anda dengan baik. Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan bahan ini karena cuka sari apel sangat asam.

10. Baking Soda

Baking soda memiliki efek untuk memutihan gigi. Kebanyakan pasta gigi menggabungkan baking soda ke dalam formulasi mereka, tetapi juga dapat digunakan sendiri dalam bentuk yang lebih terkonsentrasi. Anda dapat mencampurnya dengan air dan mencelupkan sikat gigi Anda ke dalam campuran, atau Anda dapat menempatkan baking soda langsung ke sikat gigi Anda.

Baca juga:
Tak perlu lagi mengeluarkan biaya yang mahal untuk ke dokter gigi guna memutihkan gigi Anda. Anda dapat menggunakan dan mencari bahan-bahan tersebut lalu rutin mengaplikasikannya untuk mendapatkan gigi putih yang mampu membuat Anda percaya diri kembali, dan membantu mencerahkan senyum Anda. Selamat mencoba! (mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara jitu memutihkan gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *