10 Cara Mencuci Wajah yang Baik dan Benar

by

Salah satu langkah penting dalam perawatan wajah agar tetap sehat dan cerah tentunya adalah mencuci wajah. Hal tersebut sangat penting. Mengapa demikian? Karena dengan mencuci wajah, akan membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang masih tertinggal di wajah Anda meski sebelumnya Anda telah membersihkannya dengan susu pembersih dan penyegar. Tak hanya itu, mencuci wajah juga dapat membantu menghindari masalah wajah seperti timbulnya jerawat.

10 Cara Mencuci Wajah yang Tepat
via beautywomen.co
Pentingnya mencuci wajah pun juga untuk menjaga kulit wajah agar tetap lembab. Dan tak membuat kering. Juga menghindarkan dari bakteri penyebab masalah wajah. Namun, ada trik-trik yang harus Anda perhatikan saat mencuci wajah. Di bawah ini beberapa tips dalam mencuci wajah yang baik dan benar.

1. Sebelumnya cuci tangan Anda
Sebelum mencuci wajah, cuci tangan Anda dengan benar terlebih dahulu. Sebab, bila sebelumnya Anda tidak mencuci tangan dengan baik, kotoran dan kuman yang ada di tangan Anda akan kontak dengan kulit Anda dan meninggalkan bakteri yang akan menyebabkan masalah pada wajah Anda, seperti jerawat.

2. Jangan gunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin
Pastikan saat mencuci wajah, Anda menggunakan air yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Mengapa demikian? Pembuluh darah dan kapiler darah Anda bisa pecah ketika Anda mencuci wajah menggunakan air panas. Bila Anda menggunakan air yang terlalu dingin, kulit Anda pun akan kaget.

3. Mencuci wajah dua kali sehari
Untuk menjaga kulit Anda dari bahaya jerawat dan menjaga kelembaban kulit, baiknya, Anda harus mencuci wajah kira-kira dua kali sehari untuk mencegah merebaknya jerawat. Sebab, mencuci wajah dua kali sehari dapat membantu mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab utama timbulnya jerawat.

4. Jangan terlalu keras menggosok wajah
Jika Anda berencana untuk menyingkirkan kulit mati sepenunhnya, cukup dengan gosok perlahan kulit Anda. Sebab menggosok dengan terlalu keras pada kulit wajah Anda saat mencuci wajah dapat melukai wajah Anda.

5. Bersihkan riasan Anda sebelum mencuci wajah
Jika Anda berpikir bahwa mencuci wajah akan menghapus riasan Anda dengan sekali bilas, Anda salah. Sebelum mencuci wajah, gunakan make up remover untuk mebersihkan riasan di wajah Anda. Ini juga akan membantu Anda untuk tidak menggosok terlalu keras saat mencuci wajah nanti.

6. Mencuci wajah setelah mencuci rambut
Setelah Anda keramas atau mencuci rambut, pastikan Anda mencuci wajah setidaknya dengan air. Karena hal tersebut akan membantu menghilangkan ketombe atau folikel rambut yang terjebak di wajah Anda. Hal tersebut akan membatu membersihkan wajah Anda dari salah satu penyebab jerawat.

7. Jangan menggunakan pelembab pada kulit kering sebelum mencuci wajah
Menggunakan pelembab pada kulit kering sebenarnya tidak akan bekerja baik. Pelembab akan menahan air yang tidak akan maksimal dalam proses pencucian wajah Anda.

8. Jangan terlalu sering mencuci wajah
Terlalu sering mencuci wajah karena akan membuat kulit Anda kering, dan kelembaban kulit Anda menjadi hilang. Kulit kering dapat membuat fungsi kulit Anda juga menjadi tidak optimal.

9. Bila kulit Anda berjerawat, jangan gunakan scrub saat mencuci wajah
Scrub akan melukai jerawat Anda bila Anda mencuci wajah dengan busa yang mengandung Scrub. Gunakan busa sabun yang halus dan lebut untuk mencuci wajah pada kulit yang berjerawat.

10. Gunakan air bersih untuk mencuci wajah
Jangan menggunakan air yang tercemar. Pastikan air yang Anda gunakan merupakan air bersih untuk mencuci wajah Anda. Hal tersebut akan membantu Anda untuk menjaga agar kulit wajah Anda terhindar dari kuman dan bakteri penyebab masalah wajah.

Simak juga:
Demikian 10 tips dalam mencuci wajah secara tepat. Tips di atas dapat Anda aplikasikan sehari-hari untuk menjaga agar kulit Anda tetap sehat dan tetap terjaga kelembabannya. Lebih dari itu semua, kebersihan yang terjaga saat Anda mencuci wajah merupakan poin penting yang tak bisa Anda abaikan begitu saja. Selamat merawat kulit wajah Anda agar tetap cantik dan menawan! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *