10 Jenis Sakit Kepala yang Sering Dialami Banyak Orang

by
Anda mungkin pernah merasa ‘pusing’ karena pekerjaan. Namun, kata ‘pusing’ tersebut sebenarnya hanya sebagai kiasan betapa pekerjaan Anda menjengkelkan dan membuat Anda berpikir keras. Namun, ketika Anda benar-benar merasa sakit kepala, sakit kepala yang Anda rasakan tersebut tentunya benar-benar mengganggu aktivitas Anda. 

Beberapa sakit kepala bisa disertai dengan mual. Dan parahnya lagi, terkadang, bila sedang sakit kepala lalu Anda terpapar cahaya atau bisingnya suara yang berlebihan, hal tersebut justru memperparah sakit kepala yang Anda rasakan.

10 Jenis Sakit Kepala yang Sering Dialami Banyak Orang
via pixabay.com

Tapi tidak semua sakit kepala yang Anda rasakan memiliki efek yang sama. Biasanya, langkah pertama yang akan Anda lakukan bila diserang sakit kepala, Anda akan istirahat sejenak atau berbaring. Namun apabila sakit kepala tidak kunjung sembuh, Anda mungkin akan mengonsumsi obat sakit kepala.

Obat sakit kepala yang populer adalah Aspirin. Kendati demikian, yang perlu Anda ketahui, obat sakit kepala tersebut hanya meringankan sakit kepala Anda tanpa menyelesaikan masalah penyebab sakit kepala Anda.

Untuk dapat menyelesaikan masalah penyebab sakit kepala yang Anda derita, tentunya Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kemudian setelah mengetahui penyebabnya, tentunya Anda akan lebih mudah untuk menemukan treatment yang cocok untuk mengatasi sakit kepala Anda hingga ke akarnya. Berikut ini adalah jenis-jenis sakit kepala yang mungkin bisa saja Anda derita.

1. Migrain

Wanita biasanya mengalami sakit kepala jenis ini. Migrain sendiri disebabkan karena peradangan pada arteri dan pembuluh darah di otak, sehingga Anda merasakan sakit kepala sebelah yang benar-benar sakit. Biasanya rasa sakit dimulai dari kawasan ubun-ubun. Anda akan merasa kepala Anda seperti diremas-remas, dan berdenyut.

2. Sakit kepala karena Sinus

Salah satu jenis sakit kepala berikut ini bisa dikatakan musiman. Mengapa demikian? Bila Anda memiliki masalah sinus, Anda akan mengalami sakit kepala karena sinus tersebut ketika cuaca dingin tiba. Tak hanya sakit kepala, biasanya sinus juga diikuti dengan sedikit pembengkakan di wajah, dan mata berair.

3. Sakit kepala karena darah yang tinggi

Sakit kepala berikut ini juga tergolong sakit kepala yang umum. Jika Anda memiliki hari yang padat, sibuk, dan menegangkan, sehingga membuat tekanan darah Anda meningkat, Anda akan mengalami sakit kepala yang hebat. Pada tipe ini, biasanya Anda bisa merasakan skait kepala yang terus menerus di seluruh kepala, juga pada bahu dan leher.

4. Sakit kepala klaster

Meskipun sakit kepala yang satu ini bisa dialami oleh siapapun, umumnya sakit kepala jenis ini diderita oleh kaum laki-laki. Anda akan merasakan rasa sakit di area ubun-ubun dari satu sisi kepala Anda. Sakit tersebut tak tertahankan hingga menciptakan tekanan pada mata Anda. Anda juga bisa merasakan bengkak di kelopak mata, hidung meler, dan juga wajah berkeringat berlebihan.

5. Sakit kepala karena hormon

Karena perubahan mendadak pada hormon saat masa pubertas, kehamilan, menstruasi, dan juga menopause, wanita sering menderita sakit kepala yang hebat. Tak hanya itu, obat-obatan yang dikonsumsi, seperti pil kontrasepsi juga dapat memicu perubahan hormon yang menyebabkan sakit kepala.

6. Sakit kepala karena kafein

Beberapa dari Anda mungkin pernah merasakan sakit kepala karena terlalu banyak mengonsumsi kafein dalam secangkir kopi. Untuk mengatasinya, lebih baik Anda mulai mengatur kadar asupan kafein dalam tubuh Anda untuk mengurangi dampak sakit kepala.

7. Sakit kepala karena sakit gigi

Terkadang, saat sakit gigi, rasa yang dirasakan tak hanya gigi yang sakit saja, tetapi juga merembet ke area kepala. Tak hanya sakit kepala, kondisi gigi yang buruk ternyata juga memicu nyeri wajah dan pembengkakan.

8. Sakit kepala karena mabuk alkohol

Terlalu banyak meminum minuman beralkohol juga dapat membuat Anda menderita sakit kepala yang hebat. Tak hanya sakit kepala, Anda akan merasakan mati rasa untuk beberapa waktu, mata memerah, dan juga mual.

9. Sakit kepala kronis

Jangan sepelekan sakit kepala berikut ini. Sakit kepala yang satu ini bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Jika Anda menderita sakit kepala setidaknya 15 hari dalam sebulan, dan hal tersebut berulang di bulan depan, berarti Anda menderita sakit kepala kronis.

10. Sakit kepala karena mata tegang

Terlalu banyak menonton televisi, terlalu lama bermain game, terlalu lama di depan laptop atau komputer, terlalu lama membaca buku tanpa cahaya yang baik, akan membuat mata anda tegang. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat menyebabkan sakit kepala yang hebat.

Baca juga:
Itulah 10 jenis sakit kepala yang sering dialami banyak orang. Nah, dari sekian penyebab sakit kepala, sakit kepala apa yang biasanya Anda alami? Ada baiknya bila Anda berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui lebih detail tentang penyebab sakit kepala Anda untuk mendapatkan treatment yang tepat sasaran. (mw)

Informasi Kesehatan:

  • kuping sakit merembet ke sakit kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *