10 Manfaat Ajaib Buah Lemon untuk Kesehatan Rambut

by

Siapa yang tak mengenal lemon? Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang tak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Tak bisa disangkal, lemon adalah salah satu buah terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat bugar tubuh Anda bila rutin Anda konsumsi.

Pasalnya, lemon memiliki kandungan vitamin C yang banyak yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Tak hanya itu, lemon juga baik untuk kecantikan. Buah yang kaya akan vitamin C, asam folat, vitamin B, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium ini ternyata baik juga untuk kesehatan rambut.

10 Manfaat Ajaib Buah Lemon untuk Kesehatan Rambut
Bila segala mineral yang ada dalam lemon tersebut dapat diserap oleh rambut Anda, maka pertumbuhan rambut akan lebih optimal, dan tentunya akan mengurangi masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan yang parah. Lemon juga baik untuk rambut bila dicampur dengan bahan lain, seperti air mawar, madu, atau telur. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan Anda dapatkan bila Anda mengaplikasikan buah lemon pada rambut Anda.

1. Dapat menghilangkan kulit mati di kulit kepala
Gunakan lemon atau buah lemon yang sudah di jus untuk membantu menghilangkan kulit-kulit mati yang ada di kulit kepala Anda. Gunakan irisan lemon pada kulit kepala Anda, tahan dan biarkan selama 5 menit, setelah itu cuci rambut Anda. Gatal-gatal yang disebabkan oleh kulit-kulit mati pada kulit kepala Anda niscaya akan hilang dengan sendirinya karena lemon tadi.

2. Dapat membuat rambut menjadi lurus dan berkilau
Masukkan dua sendok teh minyak kelapa dalam sebuah mangkuk. Setelah itu masukan lemon yang telah dijus ke dalam mangkok tadi. Aduk agar semua bahan tercampur sempurna.

Setelah itu, oleskan bahan tadi ke rambut Anda. Sisir rambut Anda perlahan, ulangi hal tersebut kira-kira 15 menit, setelah itu cuci rambut Anda. Lemon dan minyak kelapa tersebut akan membuat rambut Anda lurus dan berkilau.

Simak juga: Inilah 15 Mitos Menyesatkan Seputar Rambut

3. Membantu menghilangkan ketombe
Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling banyak dialami oleh masyarakat dari segala usia. Untuk menghilangkan ketombe secara alami, Anda dapat menggunakan lemon yang telah dijus atau dilembutkan.

Kemudian, oleskan ke rambut Anda menggunakan sisir secara perlahan. Asam pada lemon akan membantu menghilangkan ketombe, bahkan yang menempel pada folikel rambut.

4. Mengatasi rambut lepek dan berminyak
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut lepek dan berminyak. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan lemon. Lemon ini akan membantu menyerap kelebihan minyak pada rambut Anda.

5. Lemon berfungsi mempercepat pertumbuhan rambut
Kombinasi yang tepat dari minyak kelapa, minyak zaitun dan lemon dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Tak hanya itu, tiga bahan tersebut akan membuat rambut Anda tebal, dan berkilau. Buktikan dan rasakan perbedaannya.

6. Mengatasi rambut bercabang
Rambut bercabang memang menyebalkan, karena membuat penampilan Anda menjadi tidak maksimal. Anda dapat mengurangi rambut bercabang tersebut secara alami dengan kombinasi yang ciamik dari minyak zaitun dan lemon yang dapat Anda aplikasikan pada rambut Anda.

7. Lemon dapat digunakan untuk bleaching rambut
Anda tak punya waktu untuk pergi ke salon, tenang saja. Bleaching rambut pun dapat Anda lakukan di rumah dengan menggunakan lemon. Itulah manfaat lain buah lemon untuk perawatan rambut.

8. Mengatasi rambut rontok
Kombinasi lemon, cuka, dan garam merupakan kombinasi alami yang tak diragukan lagi khasiatnya untuk mengatasi rambut rontok. Anda dapat mengatasi rambut rontok ini dengan mengoleskan kombinasi tersebut sebelum keramas.

9. Menghilangkan kutu rambut
Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu Anda menghilangkan kutu yang bersarang di rambut. Gunakan perasan lemon yang telah dicampur dengan cuka lalu oleskan pada rambut sebelum Anda mencuci rambut.

10. Dapat digunakan sebagai conditioner
Anda dapat menmbuat conditioner versi Anda sendiri dengan menggunakan campuran lemon dan air kelapa. Mudah bukan?

Baca juga: Rambut Anda Kering dan Tipis? Mungkin Ini Penyebabnya

Nah, itulah 10 manfaat menakjubkan buah lemon untuk perawatan rambut. Tak banyak yang tahu ternyata lemon memiliki manfaat tak terduga untuk menjaga kesehatan rambut. Jika Anda bermasalah dengan rambut, namun tak punya waktu untuk ke salon, Anda dapat membuat dan mengaplikasikan bahan-bahan alami beserta lemon di atas, agar tetap mendapatkan rambut cantik dan terawat. Selamat mencoba! (mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • kasiat madu sama jeruk lemon buat rambut
  • Khasiat lemon utk rambut
  • manfaat konditioner lemon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *