10 Manfaat Ajaib Buah Markisa untuk Kesehatan & Kecantikan

by

Buah markisa mungkin cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Buah asal Berastagi, Medan ini memang memiliki karakteristik yang unik. Bila buah-buah lainnya sering dinikmati di bagian daging buahnya, lain halnya dengan markisa. Buah yang satu ini justru memiliki selaput biji yang mengumpul di tengahnya. Tetapi jangan salah. Meskipun memiliki kumpulan biji yang tebal di tengahnya, markisa justru terasa manis dan menyegarkan.

10 Manfaat Ajaib Buah Markisa untuk Kesehatan & Kecantikan
via pixabay.com
Markisa sendiri berasal dari salah satu daerah di Amerika yang beriklim tropis, dulunya sebelum pada akhirnya dibawa ke Berastagi. Karena kesegaran dan kenikmatan markisa itulah, buah yang satu ini dijadikan sirup dan diekspor hingga mancanegara dalam bentuk olahan.

Tak hanya unik karena rasanya yang manis dan segar saja, buah markisa ternyata memiliki beragam khasiat yang belum banyak diketahui masyarakat. Buah markisa konon tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, tetapi juga dipercaya berkhasiat pula untuk kecantikan, terutama kulit.

Lalu apa saja manfaat yang dapat Anda ambil dari buah yang punya sebutan Dewi Berastagi ini? Berikut 10 manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Markisa memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Berbicara soal vitamin C, Anda mungkin akan membayangkan buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga, serta buah segar lainnya. Tapi, tahukah Anda markisa ternyata juga masuk dalam daftar buah yang memiliki kandungan atau kadar vitamin C yang cukup tinggi, lho.

Mengonsumsi markisa sebagai pengganti jeruk atau buah segar lainnya patut Anda coba, karena buah tersebut membantu kebutuhan vitamin C dalam takaran harian di tubuh Anda bahkan hingga 50%.

Baca juga: Ini Daftar Makanan Sumber Vitamin C Terbaik

2. Markisa dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Pernahkah Anda merasakan susah buang air besar atau sembelit? Tenang, Anda dapat mengonsumsi buah yang satu ini untuk meredakannya. Selain sembelit, markisa juga bermanfaat untuk mengontrol asam lambung yang meninggi, serta penyakit pada lambung dan pada usus lainnya.

3. Markisa dapat membantu menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tetapi tak cocok dengan teknik diet yang justru malah menyiksa, Anda mungkin dapat menggunakan pola diet dengan mengonsumsi markisa. Menurut penelitian, markisa mengandung kalori dalam kadar yang sangat rendah, mengandung sedikit mineral sodium, serta mengandung sedikit lemak yang sangat cocok guna program penurunan berat badan yang sedang Anda lakukan.

Tak hanya rendah kandungan-kandungan tersebut, Markisa justru kaya karbohidrat dan juga memiliki kandungan gula alami yang tidak akan membuat Anda kehabisan tenaga ketika menggunakan buah markisa ini dalam program diet Anda.

4. Markisa kaya akan antioksidan.

Mungkin Anda sudah tahu jika antioksidan merupakan salah satu zat yang sangat berperan penting dalam melawan dan menanggulangi penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker. Tak hanya itu, antioksidan di dalam markisa pun berperan penting dalam penyembuhan peradangan yang ada dalam tubuh.

5. Markisa memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Selain banyak zat yang telah diungkapkan di atas, kandungan lainnya yang juga menjadi penyusun dalam buah markisa adalah zat besi. Zat besi berfungsi dan berperan penting dalam pembentukan energi. Menurut penelitian, Anda akan menemukan kira-kira 4 mg kandungan zat besi dalam 1 genggam markisa.

6. Markisa kaya akan folat.

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang sangat dianjurkan dan dibutuhkan oleh ibu hamil sebab sangat berperan penting dalam proses pembentukan dan perkembangan otak pada janin. Tak hanya itu, folat pun dipercaya sebagai salah satu asam yang juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol serta dapat melancarkan sirkulasi dan aliran darah.

7. Markisa surganya betakaroten.

Betakaroten umumnya ditemukan pada wortel. Tetapi kini, tak hanya wortel saja yang mengandung betakaroten. Markisa ternyata memiliki kandungan yang cukup kaya akan betakaroten.

Betakaroten sendiri berfungsi untuk pencegahan dan penanggulangan banyak penyakit. Seperti, dapat membantu tulang dan gigi untuk berkembang, dapat membantu proses peremajaan jaringan tubuh, dapat membantu dalam pengobatan penyakit Parkinson dan depresi tentunya.

8. Markisa merupakan buah yang memiliki kandungan serat tinggi.

Inilah mengapa markisa sangat ampuh untuk sebagai obat sembelit. Markisa memiliki kadar serat yang tinggi. Selain untuk diet, tentunya Anda telah ketahui sebelumnya, bahwa serat pun sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

9. Markisa kaya akan kalium.

Selain serat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol darah, markisa juga kaya akan kalium yang sangat baik untuk membantu menyetabilkan tekanan darah dalam tubuh Anda.

10. Markisa sangat dianjurkan untuk penderita asma.

Mengapa? Sebab, tak hanya kaya akan banyak kandungan yang telah disebabkan di atas, markisa rupanya memiliki kemampuan untuk memblokir zat histamin yang menyebabkan kambuhnya gejala asma. Sehingga dapat digunakan untuk meringankan apabila gejala asma terjadi.

Nah, itulah 10 manfaat buah markisa untuk kesehatan dan kecantikan. Dari serangkaian manfaat markisa di atas, tentunya kini lebih membuat Anda tahu, bahwa markisa tak sebatas dijadikan sirup lalu diekspor ke luar negeri, kan? Ternyata markisa sangat kaya akan zat-zat baik dan vitamin yang sangat diperlukan tubuh. Selamat menikmati markisa ya! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *