10 Manfaat Minyak Rosemary untuk Kecantikan & Kesehatan

by

Rosemary adalah salah satu jenis minyak esensial yang sering digunakan untuk aroma terapi. Minyak esensial ini tentu saja diekstrak daru bunganya langsung. Minyak rosemary juga kaya akan antioksidan dan berbagai asam esensial.

Jenis minyak ini sendiri digunakan sejak zaman dahulu kala untuk berbagai macam pengobatan. Konon, minyak rosemary ini bila digunakan akan dapat merangsang otak dan meningkatkan memori. Dan pada zaman dahulu kala minyak rosemary ini juga digunakan untuk pengobatan pernapasan dan ginjal.

10 Manfaat Minyak Rosemary untuk Kecantikan & Kesehatan
Rosemary sendiri juga memiliki manfaat kecantikan. Rosemary bekerja pada kulit dan rambut. Bahan ini juga mengandung kalsium, vitamin, dan antioksidan yang membuat kulit sempurna. Minyak rosemary juga sering digunakan dalam banyak produk-produk kecantikan. Sebut saja, sabun, parfum, toner, masker wajah, hingga krim.
Baca juga: 10 Jenis Minyak Esensial untuk Kesehatan Tubuh

Cara terbaik untuk menggunakan minyak rosemary ini adalah dengan memijat melingkar di area wajah, lalu bilas dnegan air bersih setelah 20 menit. Tak hanya untuk wajah, minyak rosemary juga baik untuk pertumbuhan rambut dan ketebalan rambut. Berikut ini adalah manfaat dari minyak rosemary yang Anda perlu ketahui.

1. Meremajakan kulit
Caranya dengan memijat wajah Anda dengan minyak rosemary. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menghilangkan garis-garis halus dan kerutan secara alami bila Anda rutin menggunakannya.

Selain itu, minyak rosemary juga dapat membantu Anda untuk meregenerasi sel dan menggantikan kulit yang rusak. Dengan kata laini bekas luka dan bintik-bintik gelap pada kulit dapat diatasi dengan mengoleskan minyak rosemary secara rutin.

2. Membantu menyembuhkan jerawat
Antiseptik yang ada pada minyak rosemary akan membantu menyembuhkan jerawat Anda. Selain itu, minyak rosemary akan membantu mengurangi kelebihan minyak, serta menghilangkan bekas jerawat dan bintik-bintik hitam bila digunakan secara rutin. Bahkan, minyak rosemary juga dapat membantu mencerahkan wajah.

3. Membantu mencegah penuaan dini
Antioksidan yang ada di minyak rosemary akan membantu mencegah penuaan dini. Hal tersebut akan membantu memerangi segala tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Minyak rosemary membantu mengencangkan kulit wajah dan membantu meremajakan sel-sel kulit wajah Anda.

4. Membantu menghitamkan rambut
Minyak rosemary ternyata juga dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Marker rambut Anda dengan menggunakan minyak rosemary adalah salah satu cara terbaik membuat rambut Anda lebih hitam tanpa merusak folikel rambut. Tak hanya itu, minyak rosemary pun akan membuat rambut Anda lembut dan bersinar.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut
Selain berkhasiat menghitamkan rambut, minyak rosemary membantu mempercepat pertumbuhan folikel rambut, sehingga membuat rambut Anda semakin cepat tumbuh panjang dan semakin kuat.

Simak juga: Ini Dia 15 Mitor Menyesatkan Seputar Rambut

6. Sebagai kondisioner
Minyak rosemary juga dapat digunakan untuk kondisioner alami. Gunakan setelah keramas, maka Anda akan mendapatkan rambut yang halus dan tentunya rambut yang mudah diatur.

7. Mengatasi ketombe
Minyak rosemary sangat bermanfaat untuk kulit kepala kering dan bersisik. Selain itu, minyak rosemary dapat membantu Anda mengatasi kebotakan dini, memelihara kulit kepala, dan menghilangkan ketombe. Untuk hasil terbaik, disarankan untuk menggunakan minyak rosemary dikombinasikan dengan minyak dari pohon teh.

8. Membantu mencegah infeksi kulit
Minyak rosemary membantu mengobati kondisi kulit kronis seperti eksim, psoriasis, dan dermatitis. Anti inflamasi yang ada pada minyak rosemary ini mengurangi pembengkakkan dan mengurangi kantung mata. Minyak rosemary juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar ringan.

9. Membantu mengobati masalah pencernaan
Selain bermanfaat untuk kecantikan, minyak rosemary sering digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, menghilangkan perut kembung, kram perut, sembelit, dan lain sebagainya.

10. Sebagai obat kumur
Minyak rosemary dapat pula digunakan sebagi desinfektan sebagai pencuci mulut. Bahan ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Karena dipercaya dapat menghilangkan bakteri jahat di mulut, minyak rosemary dapat mencegah radang gusi, gigi berlubang, plak, dan hal lain yang merusak kondisi gigi.

Minyak rosemary sangat memiliki banyak manfaat dan ada baiknya ada menyimpan minyak rosemary di rumah jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Tak hanya untuk masalah-masalah kecantikan saja, ternyata minyak rosemary pun dapat digunakan untuk pencegahan penyakit-penyakit berbahaya. Coba dan buktikan sendiri. (mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • bunga rosemary
  • kegunaan minyak rose mary
  • manfaat essential oil rosemary buat wajah
  • manfaat rosemary untuk kecantikan
  • manfaatrosemary untuk kulit
  • rosemary untuk kulit muka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *