14 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah

by

Memiliki kebiasaan buruk tentunya dapat berimbas negatif bagi tubuh maupun lingkungan sekitar. Dampak tersebut bisa berupa dampak jangka pendek dan dampak jangaka panjang. Sebaiknya, sebelum kebiasaan-kebiasaan tersebut berujung pada hal-hal yang tidak Anda inginkan, alangkah bijaknya bila Anda mulai dari sekarang meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut.

14 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah

Contohnya saja, Anda gemar mengonsumsi gorengan, padahal dampaknya adalah kadar kolesterol dalam tubuh Anda juga akan meningkat. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai dari sekarang, kurangi makan gorengan dan ganti dengan menu sehat seperti sayur dan buah.

Tak berbeda halnya dengan masalah kulit. Beberapa kebiasaan buruk yang tidak disadari memberikan efek buruk pada kulit, terutama kulit wajah. Lalu apa saja kebiasaan tersebut? Berikut daftar kebiasaan-kebiasaan buruk yang tanpa Anda sadari dapat merusak kulit wajah Anda.

1. Mengabaikan penggunaan sunblock

Beberapa dari Anda mungkin tak rajin atau ogah-ogahan saat harus menggunakan sunblock ketika akan keluar rumah. Padahal, penggunaan sunblock sangat penting untuk mencegah UV-A dan UV-B dari sinar matahari yang dapat membakar kulit, dan parahnya, dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Sering menyentuh jerawat

Bagi Anda yang berjerawat, sering sekali memiliki kebiasaan untuk menyentuh jerawat tanpa disadari. Biasanya karena terasa gatal dan mengganggu. Hindari kebiasaan buruk tersebut. Sering menyentuh jerawat akan memperparah keadaan jerawat tersebut. Tangan Anda membawa bakteri yang dapat membuat jerawat Anda semakin terinfeksi.

3. Menggunakan riasan yang terlalu berat

Riasan yang terlalu berat, seperti penggunakan foundation yang berat atau terlalu berlebihan, akan membuat pori-pori pada kulit Anda tertutup dan tak dapat bernafas. Parahnya, hal tersebut justru menjadi pemicu timbulnya jerawat.

4. Menggunakan moisturiser yang tepat

Salam memilih dan menggunakan moisturizer akan membuat kondisi kulit Anda terancam. Kenali kulit Anda, dan gunakan moisturizer yang tepat untuk jenis kulit Anda agar tak bermasalah ke depannya.

5. Bereksperimen dengan produk baru

Sebaiknya, bila kulit Anda telah cocok dan tak bermasalah dengan salah satu jenis produk, Anda tak perlu berganti-ganti produk yang membuat kulit Anda beradaptasi kembali dari awal. Sebab, bila kulit wajah Anda tak dapat beradaptasi dengan baik, hal tersebut justru akan menimbulkan masalah. Masalah-masalah yang akan Anda hadapi adalah jerawat, kulit kering, atau kulit mengelupas.

6. Merokok

Tak banyak dari Anda tahu bahwa merokok dapat merusak kulit Anda. Rokok akan menyumbat dan memperlambat aliran darah, selain itu, kolagen tak akan terdistribusikan dengan baik ke wajah Anda. Padahal kolagen sangat dibutuhkan oleh wajah Anda.

7. Terlalu banyak minum minuman beralkohol

Semua jenis alkohol yang Anda minum tak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda. Alkohol akan membuat kulit Anda kering, dan Anda akan terlihat lebih tua dari usia Anda sebenarnya.

8. Kurang minum air putih

Baiknya minum air putih 6 hingga 8 gelas sehari. Air putih dapat membantu melancarkan peredaran darah di wajah. Dapat mengatasi jerawat secara alami, dan dapat membuat wajah Anda terlihat selalu segar.

9. Tidak cukup tidur

Tidur membantu mengembalikan kebugaran tubuh. Tidur yang cukup selama 6 hingga 8 jam sehari akan membantu mengistirahatkan kulit wajah Anda. Anda pun akan terhindar dari masalah mata panda karena kurang tidur.

10. Kurangi makanan manis

Penelitian membuktikan bahwa makanan yang manis dan berminyak dapat menyebabkan jerawat. Jadi jika Anda tak ingin kulit wajah Anda bermasalah, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut.

11. Lupa membersihkan riasan sebelum tidur

Produk-produk kecantikan yang biasa Anda gunakan tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang berat dan menyumbat pori-pori kulit wajah. Sebelum tidur, Anda wajib membersihkan riasan tersebut agar tak menimbulkan masalah, seperti jerawat di masa yang akan datang.

12. Tidak rajin berolahraga

Rajin berolahraga akan membantu membuat tubuh Anda bugar dan tentu saja diikuti oleh wajah yang sehat. Sel-sel kulit Anda akan teregenerasi dengan baik jika aktivitas fisik Anda tinggi.

13. Tidak rajin mencuci wajah

Rutin dan rajin mencuci wajah akan membantu mengangkat sisa riasan yang telah Anda bersihkan sebelumnya, dan membantu menganggkat sel-sel kulit mati. Wajah pun akan terlihat lebih cerah dan berseri bila Anda rajin mencuci wajah Anda.

14. Tidak mengonsumsi buah dan sayur

Ganti pola makan Anda dengan menu buah dan sayur. Selain baik untuk tubuh, buah dan sayur memiliki banyak vitamin, minera serta zat antioksidan yang baik untuk kulit wajah Anda, dan mencegah penuaan dini.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Itu tadi daftar kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit wajah Anda. Sebenarnya, masih banyak kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya yang akan membuat Anda menyesal karena dapat merusak kulit wajah Anda. Mulai sekarang, ganti pola dan gaya hidup Anda dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, dan menggantinya dnegan kebiasaan-kebiasaan baik. Selamat mencoba! (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *