15 Daftar Makanan yang Berkhasiat Melawan Diabetes

by

Sadar atau tidak, diabetes menjadi salah satu penyakit paling umum dan paling banyak ditemui hampir di seluruh belahan dunia. Meskipun diabetes hingga kini belum ditemukan obatnya, namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat dikendalikan. Kontrol yang baik yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes yaitu dengan mengatur pola makan sehari-hari.

15 Daftar Makanan yang Berkhasiat Melawan Diabetes
via wikipedia.org

Sudah jadi rahasia umum bila obesitas merupakan salah satu keadaan yang dapat memicu terjadinya diabetes. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengontrol berat badan dengan memberikan perhatian ekstra terhadap pola dan apa yang Anda makan. Karena alasan itulah, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi lemak omega 3 yang kaya akan serat untuk menanggulangi masalah obesitas.

Sebenarnya, ada begitu banyak bahan-bahan alami dan juga makanan yang diklaim dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Jika kadar gula dapat dikontrol, maka risiko terkena penyakit diabetes juga menurun. Mengonsumsi jenis makanan ini juga berguna untuk mencegah penyakit diabetes. Berikut 15 sumber makanan yang berkhasiat melawan diabetes.

Daftar Makanan Pencegah Diabetes

1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh yang akan melambatkan proses pencernaan serta dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, lemak baik dalam alpukat akan membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

2. Jambu Biji Merah

Jambu biji yang mempunyai kulit daging berwarna merah tenyata sangat baik untuk penderita diabetes. Jambu biji atau yang sering disebut sebagai Guava ini kaya akan vitamin C serta serat yang juga dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Biji Rami

Biji rami sebetulnya adalah biji dari bunga Flax yang banyak ditemukan di Amerika dan Kanada. Biji rami ini mengandung kadar asam omega 3 yang tinggi. Memasukkan Biji rami ke dalam salah satu menu diet Anda akan membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

4. Selai Kacang

Menurut penelitian, selai kacang dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes. Selai kacang mengandung lemak tak jenuh yang juga baik untuk kesehatan jantung.

5. Apel

Siapa yang tak kenal dengan buah ini? Apel mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Antioksidan yang ada dalam buah apel pun membantu membersihkan radikal bebas yang dapat menyumbat dan mengotori pembuluh darah.

6. Telur

Menurut studi, telur juga baik untuk menekan risiko penyakit gula. Kendati memiliki kadar kolesterol yang tinggi, telur dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

7. Ikan

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi ikan bagi para penderita diabetes. Ikan merupakan salah satu bahan yang banyak mengandung asam omega 3 yang berfungsi baik untuk pencegahan diabetes.

8. Wortel

Karena kandungan betakarotin yang ada pada wortel, maka wortel dipercaya dapat membantu melawan diabetes hanya dalam 30 hari. Percaya atau tidak, wortel mengandung gula dalam jumlah yang sedikit dan dapat pula berfungsi untuk mengontrol dan menurunkan insulin dalam darah.

9. Minyak Zaitun

Baru-baru ini minyak zaitun menjadi salah satu pilihan banyak orang yang digunakan untuk memasak. Tidak hanya itu, minyak zaitun memiliki kandungan lemak baik yang dapat membantu mengatasi diabetes.

10. Roti

Dari semua jenis roti, multi-grain breads adalah salah satu roti yang baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Roti tersebut tergolong ke dalam roti yang rendah kalori, sehingga akan membantu Anda dalam pencegahan obesitas yang dapat mengakibatkan diabetes.

11. Buah yang mengandung citrus

Dari semua buah yang mengandung citrus di dunia ini, jeruk adalah salah satunya yang mudah ditemukan dan mudah didapat. Jeruk kaya akan phytonutrient yang dapat membantu mengurangi potensi diabetes dalam 30 hari.

12. Almond

Konon almond diklaim sebagai ‘sahabat’ baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, almond mengandung serat dan protein yang sangat tinggi sehingga mampu mengatasi diabetes dalam 30 hari.

13. Teh Hijau

Tentunya Anda telah familiar dengan teh yang satu ini. Phytonutrients yang ada dalam teh hijau ini, yakni katesin dan tanin, berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah.

14. Kacang

Tahukah Anda mengapa kacang baik untuk penderita diabetes? Sama seperti bahan-bahan sebelumnya, kacang pun mengandung phytonutrients yang mampu membantu mengatasi diabetes.

15. Oat

Kandungan dalam oat akan membantu menjembatani bekerjanya enzim pencernaan dalam pencernaan Anda. Selain itu, kandungan dalam oat dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula.

Itulah 15 bahan makanan yang berkhasiat melawan diabetes. Daftar makanan di atas merupakan bahan alami yang tentunya dapat Anda temukan di sekitar. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan diabetes.

Baca juga:

Selain itu, makanan tersebut dapat membantu mengontrol berat badan Anda karena mengandung serat serta lemak baik. Bagaimana, sebelum semuanya terlambat, lebih baik melakukan pencegahan, bukan? (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *