5 Manfaat Mengejutkan dari Tidur yang Tak Banyak Orang Tahu

by
Salah satu jenis istirahat yang benar-benar akan membuat tubuh Anda segar kembali setelah aktivitas yang padat dan melelahkan adalah tidur. Tak hanya itu, cukup tidur akan membuat mood Anda menjadi positif, serta, akan membantu Anda mempertahankan kecantikan, dengan menghilangkan mata panda. Ya, cukup tidur memang salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan mata panda atau kantung mata yang seringkali menjadi momok karena sangat menggangu penampilan.
5 Manfaat Mengejutkan dari Tidur yang Tak Banyak Orang Tahu
via pixabay.com
Ternyata, masih banyak manfaat dari tidur yang cukup yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Tak hanya sebagai pengembali mood, atau penghilang mata panda, tidur ternyata memiliki manfaat yang tentunya akan mengejutkan dan membuat Anda berpikir dua kali untuk menyepelekan tidur. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengejutkan dari tidur yang mungkin saja Anda dan kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Baca juga: Anda Sering Ngelindur? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Tidur dapat meningkatkan memori
Tak banyak yang tahu bahwa pikiran kita tentunya akan tetap sibuk bekerja meskipun kita sednag tidur. Selama Anda tidur, Anda dapat memperkuat memori, dan dapat mempertajam keterampilan yang sedang Anda pelajari saat Anda terjaga. Proses tersebut disebut dengan konsolidasi.

Dengan kata lain, jika Anda sedang belajar atau mencoba sesuatu yang baru, setelah mencobanya, pastikan Anda untuk tidur sebentar, maka Anda akan tampil lebih baik setelah tidur.

2. Tidur membuat hidup lebih lama
Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat dikaitkan dengan panjang atau pendeknya usia seseorang. Kok bisa? Penyakit yang menyerang tubuh kita ternyata sangat mempengaruhi pola tidur.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa wanita usia 50 hingga 79 tahun, lebih banyak kematian yang terjadi pada wanita yang mendapat tidur kurang lima jam per malam. Tak hanya itu, tidur juga mempengaruhi kualitas hidup Anda.

3. Membantu menahan terjadinya peradangan
Beberapa penyakit kita ketahui terjadi akibat adanya proses peradangan. Peradangan atau inflamasi dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan juga penuaan dini.

Penelitian menunjukkan, bahwa orang yang kurang tidur malam, lebih berisiko terkena peradangan karena aliran darah yang kurang lancar dibanding mereka yang tidur cukup. Protein C-reaktif yang berhubungan dengan risiko serangan jantung, lebih tinggi kadarnya pada orang yang memiliki lebih sedikit jam tidur malam.

4. Tidur dapat meningkatkan kreativitas
Selain meningkatkan memori, ternyata dengan tidur yang cukup Anda dapat meningkatkan kreativitas Anda. Para peneliti di Harvard University dan Boston College menyebutkan, orang yang cukup tidur mampu memperkuat komponen emosional mereka saat mereka tidur, hal tersebut ternyata dapat membantu memacu proses kreatif.

5. Mempertajam daya fokus
Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala simptomp ADHD pada anak-anak. Sebuah studi mengatakan, anak-anak usia tujuh dan delapan tahun yang mendapatkan kurang dari delapan jam tidur malam lebih mungkin untuk menjadi hiperaktif, lalai, dan impulsif.

Dari kelima manfaat tidur di atas, ternyata masih banyak manfaat tidur yang akan Anda peroleh seperti, tidur akan meningkatkan kebugaran dan vitalitas Anda, tidur dapat membantu meremajakan kulit Anda, mengatasi penuaan dini, tidur dapat menurunkan tingkat stres, serta menurut penelitian, tidur yang cukup juga dapat membantu Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Tidur yang cukup memiliki manfaat yang tak bisa Anda abaikan begitu saja. Untuk itu tak ada salahnya untuk memberikan waktu yang cukup saat tidur yakni 7 hingga 8 jam sehari. Sudah cukupkah Anda tidur hari ini? (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *