Awas! Ini Dampak Berbahaya Akibat Olahraga Secara Berlebihan

by

Untuk menjadi sehat, tentunya tak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan memiliki pola makan empat sehat lima sempurna setiap harinya. Anda perlu mengolah tubuh Anda untuk pembakaran lemak, dan menjaga agar tubuh Anda tetap bugar dan fit sepanjang harinya.

Selain makanan bergizi, olahraga sangat dibutuhkan untuk membantu menyegarkan tubuh Anda, sehingga Anda tidak mudah lesu, tidak mudah sakit, dan selalu bersemangat. Namun, beberapa tidak menyadari, bahwa tidak selalu kegiatan mengolah tubuh atau yang disebut juga dengan olahraga memiliki dampak yang baik. Olahraga bila dilakukan dengan berlebihan ternyata memiliki dampak yang buruk dan justru dapat membahayakan Anda.

Dampak Negatif Akibat Olahraga Berlebihan
via pixabay.com
Olahraga akan dikatakan berlebihan bila Anda melakukannya terlalu sering. Misalnya saja, Anda melakukan olahraga tersebut hingga berkali-kali dalam sehari. Meski baik untuk kesehatan, melakukan olahraga yang terlalu sering dengan rentang waktu pendek akan terlalu memforsir badan Anda dan justru akan memberikan efek jauh dari yang diharapkan.

Tentunya Anda tak ingin membahayakan kesehatan Anda karena olahraga berlebihan, bukan? Nah, di bawah ini ada beberapa dampak tentang betapa berbahayanya akibat olahraga apabila terlalu berlebihan dilakukan. Apa saja? Berikut 5 dampak negatif olahraga berlebihan yang patut Anda waspadai.

1. Risiko mengalami cedera semakin tinggi
Terang saja, olahraga yang secara berlebihan tentunya sepadan dengan hasil yang nantinya akan didapat. Bila Anda melakukan olahraga berlebihan, kelelahan yang berlebihan pun akan Anda alami. Alhasil, Anda akan tidak fokus dan akan peluang untuk mengalami cedera justru semakin tinggi.

2. Risiko mengalami gagal jantung juga semakin tinggi.
Poin berikut terlalu berlebihan? Tidak. Risiko gagal jantung memang akan mudah menghinggapi hidup Anda bila Anda terlalu sering berolahraga secara berlebihan. Berawal dari kelelahan yang diderita karena olahraga berlebihan, akan membuat jantung Anda mengalami kelemahan. Lemahnya jantung akan membuat fungsi jantung berkurang dan memicu kerusakan-kerusakan kecil pada jantung Anda.

3. Adanya dampak penurunan sistem kekebalan tubuh.
Masuk akal sekali bila olahraga yang Anda lakukan justru membuat Anda berisiko untuk mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh atau penunrunan sistem imun. Logikanya, dengan terlalu banyak berolahraga, Anda akan kehabisan waktu untuk sekadar istirahat atau tidur.

Padahal, yang sering Anda lupa, beristirahat atau tidur adalah salah satu cara yang tepat untuk memulihkan kondisi tubuh. Bila kondisi tubuh tidak dipulihkan seperti semula dengan tidur, hal tersebut akan berakibat tubuh mengalami penurunan daya tahan tubuh yang akan membuat penyakit mudah masuk ke dalam tubuh.

4. Risiko mengalami depresi.
Dampak berbahaya lainnya dari olahraga yang berlebihan adalah Anda akan mudah terkena depresi. Olahraga yang normal saja dilakukan memiliki tujuan untuk membuat Anda bugar, sehingga mengembalikan percaya diri Anda secara psikologis.

Namun, jika Anda kelelahan, kondisi psikologis Anda pun akan juga kelelahan, mengikuti kondisi fisik Anda. Hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat marah, tergesa-gesa, hingga fatalnya Anda akan mengalami depresi.

5. Risiko terlepasnya zat radikal bebas yang masih dibutuhkan oleh tubuh.
Dengan seringnya berolahraga, akan membuat terlepasnya zat radikal bebas, atau yang juga disebut zat anti radikal secara berlebihan pula. Jangan menyepelekan hal tersebut, karena dengan terlepasnya zat radikal bebas secara berlebihan, akan meningkatkan risiko gen Anda untuk bermutasi, dan dampak yang lebih buruknya, akan meningkatkan Anda terkena penyakit kanker.

Nah itulah 5 dampak negatif olahraga secara berlebihan. Dari dampak di atas, masih banyak sekali dampak berbahaya yang tentunya akan Anda dapatkan bila Anda terlalu memforsir olahraga secara berlebihan.

Baca juga:

Olahraga tentu menjadi penunjang untuk kebugaran dan vitalitas tubuh, selain dengan mengonsumsi makan yang bergizi, tetapi apabila dilakukan dengan lebih dari kadarnya, hal tersebut justru akan menjadi bumerang dan membahayakan diri Anda. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *