Ini 8 Manfaat Super Semut Jepang Bagi Kesehatan

by

Siapa yang tak mengenal hewan bernama semut? Anda tentu telah familiar dengan salah satu serangga yang senang mendatangi gula ini. Peribahasa ‘ada gula, ada semut’ pun sering dipakai di kehidupan sehari-hari. Namun faktanya, semut sendiri hampir mendatangi semua makanan baik yang menggunakan bahan gula ataupun tidak.

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, semut merupakan hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali berat badannya. Tak hanya itu, bila anda sering pula mendengar senyawa yang disebut dengan asam format, senyawa tersebut juga sering disebut sebagai ‘asam semut’, karena semut menghasilkan asam tersebut sebagai alat pertahanan diri.
Manfaat Semut Jepang
Tak hanya hal-hal tersebut di atas yang membuat semut menarik. Beberapa jenis semut yang ada di dunia ternyata memiliki khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan. Salah satunya adalah Semut Jepang.

Semut Jepang yang punya sebutan ‘Ari’ oleh masyarakat Jepang ini konon dipercaya memberi khasiat kesehatan bagi tubuh manusia. Semut Jepnag sendiri memiliki jenis sebanyak 150. Dan dari semua jenis tersebut ciri-ciri mereka pun sangatlah mirip. Lalu, apa saja manfaat Semut Jepang untuk kesehatan?

8 Manfaat Ampuh Semut Jepang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Semut Jepang berkhasiat untuk mengatur kadar kolesterol
Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Perlu anda ketahui, kolesterol memang diperlukan untuk tubuh kita, tetapi, terkadang kita mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih.

Ketika anda mengonsumsi kolesterol yang biasanya terdapat dalam makanan bersantan, secara berlebihan, maka akan ada penumpukan kolesterol yang dapat mengakibatkan Hiperkoleterolemia, yang berarti kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Untuk mengaturnya, mengonsumsi Semut Jepang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, baik bagi penderita kolesterol tinggi maupun normal.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Penurun Kolesterol

2. Semut Jepang berkhasiat untuk meringankan diabetes
Semut memang senang sekali dengan gula, namun, Semut Jepang ini diyakini dapat dapat membantu mengatur jumlah gula dalam tubuh kita, terutama untuk penderita penyakit gula, atau yang sering disebut dengan diabetes.

3. Semut Jepang berkhasiat meringankan penyakit jantung
Bagi anda yang menderita penyakit jantung, atau memiliki riwayat sakit jantung dapat mencoba mengonsumsi Semut Jepang ini. Penyakit jantung sendiri telah kita ketahui merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan dengan gejala yang tiba-tiba

4. Semut Jepang berkhasiat memberi vitalitas bagi tubuh
Bagi anda yang memiliki kegiatan dan aktifitas padat sehari-hari, sehingga membutuhkan tenaga ekstra setiap harinya, Semut Jepang dapat anda konsumsi sebagai suplemen untuk menambah vitalitas. Tak hanya untuk pria, Semut Jepang pun dapat membantu menambah vitalitas untuk wanita. Semut Jepang sendiri dipercaya dapat mengembalikan kebugaran tubuh yang sebelumnya kelelahan akibat aktivitas yang berlebih.

5. Semut Jepang berkhasiat meringankan penyakit hati/ liver
Para penderita penyakit hati atau liver sering mengonsumsi Semut jepang ini untuk meringankan penyakit mereka, atau untuk menjaga agar penyakit hati yang diderita tidak kambuh lagi.

6. Semut Jepang berkhasiat mengatur tekanan darah
Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, jangan khawatir, mengonsumsi Semut Jepang ternyata dapat membantu untuk mengatur tekanan darah anda menjadi normal. Zat enzim dalam Semut Jepang ini berkhasiat membantu mengatur tekanan darah sehingga tidak membuat tekanan darah menjadi tinggi yang akan merembet ke penyakit berbahaya lainnya.

7. Semut Jepang membantu mengobati penyakit Stroke
Semut Jepang pun dipercaya untuk mengobati Penyakit Stroke. Anda dapat mengonsumsi Semut Jepang tersebut sebagai treatment penyakit stroke yang anda derita.

Simak juga: Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Hati

8. Semut Jepang berkhasiat mengatasi asam urat
Seiring bertambahnya usia, orang dewasa sering menderita penyakit asam urat. Asam urat memiliki banyak faktor dan yang paling dominan tentunya adalah faktor pola dan gaya hidup. Mengonsumsi Semut Jepang dipercaya dapat mengatasi asam urat dan dapat mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat

Dari delapan manfaat semut Jepang di atas, yang paling utama adalah anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Selain tidak mengandung bahan kimia, mengonsumsi Semut Jepang dianggap tidak memiliki efek samping sejauh ini karena yang digunakan adalah zat enzim yang berasal dari semut itu sendiri. Selamat mencoba. (mw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *